JALANNYA PERTANDINGAN

Babak Pertama

Selepas sepakan mulai dilakukan, Juventus yang bertindak sebagai tuan rumah langsung menguasai jalannya pertandingan. Pusat serangan mereka berada di tengah, dengan Hernanes yang berperan sebagai trequarista sebagai inspirasinya.

Peluang pertama pertandingan pun didapat oleh pemain asal Brasil tersebut di menit keempat. Namun tembakan bebas eksekusinya masih melambung jauh di atas mistar AC Milan. Sang tamu kemudian membalasnya sesaat berselang lewat aksi Juraj Kucka dan Carlos Bacca. Namun tak ada yang benar-benar membahayakan jala Gianluigi Buffon.

Di menit 18, percobaan dilakukan Juraj Kucka lewat tembakan jarak jauh, namun dengan mudah diamankan Buffon. Claudio Marchisio kemudian membalasnya dengan cara serupa di menit 25, yang mampu ditangkap Donnarumma juga tanpa kesulitan.

Kans terbaik mencetak gol dimiliki Juve pada menit 40. Trequartista mereka, Hernanes, melepaskan tembakan jarak jauh yang terdefleksi kepala Alessandro Romagnoli. Secara ajaib Donnarumma mampu menghalau bola hingga hanya menghasilkan sepak pojok. Tak ada peluang berarti lainnya yang hadir, babak pertama pun berakhir 0-0.

Babak Kedua

Paruh kedua pelatih Juve, Massimiliano Allegri, melakukan perubahan krusial dengan menerapkan formasi 3-5-2. Hernanes yang tampil cukup gemilang di paruh pertama ditarik keluar, untuk digantikan bek tengah, Leonardo Bonucci. Hasilnya pun efektif.

Serangan Si Nyonya Tua jadi jauh lebih greget, dengan permainan melebar yang mengedepankan para sayapnya, yakni Alex Sandro dan Stephan Lichtsteiner. Namun segala percobaan Juve terbentur kiper muda fantastis, Antonio Donnarumma, yang melanjutkan kegemilangannya di babak pertama.

Aksi brilian kiper berusia 16 tahun itu tampak di menit ke-60. Tembakan spekulasi Paul Pogba dari jarak 35 yard, meluncur deras ke gawang Milan. Namun dengan sigap Donnarumma sukses menangkisnya. Meski begitu, pada akhirnya benteng kokoh penggemar Gigi Buffon tersebut runtuh juga.

Berawal dari penetrasi Alex Sandro di sisi kanan pertahanan Milan, pemain yang diboyong Juve dari FC Porto tersebut kemudian mengirimkan umpan manis pada Paulo Dybala, yang beridiri kosong di depan gawang Milan. Didahului kontrol dada, pemain internasional ini kemudian melepaskan tembakan keras yang menjebol jala Donnarumma! Juve pun unggul 1-0.

Tertinggal, Milan kemudian bangkit dengan mengurung pertahanan tuan rumah. Peluang terbaik dimiliki Alessio Cerci lewat tembakan terukurnya di masa injury time, yang sayangnya masih mampu dihalau Buffon. Tak ada gol tambahan tercipta, skor 1-0 untuk Juve pun bertahan hingga usai. (sumber: goal.com)

Iklan