Klasifikasi Tanaman

Kingdom: Plantae

Divisio : Magnoliophyta

Class: Magnoliopsida

Ordo: Oxalidales

Familia: Oxalidaceae

Genus: Averrhoa

Species: Averrhoa bilimbi

Daerah Penyebaran

Belimbing wuluh dapat ditemui di daerah yang banyak terkena sinar matahari langsung tetapi cukup lembab. Belimbing wuluh tumbuh baik di daerah dengan ketinggian hingga 500 m di atas permukaan laut.

Uraian Tanaman

Belimbing wuluh merupakan tumbuhan berbatang keras yang dapat mencapai ketinggian 11 meter. Untuk pertumbuhannya belimbing wuluh memerlukan sinar matahari yang cukup. Batangnya keras dan tidak bercabang banyak. Buahnya berwarna hijau muda, berbentuk lonjong sebesar ibu jari, dan berasa asam. Buahnya sering dipakai ibu-ibu untuk memasak sehingga sering disebut juga belimbing sayur ataupun untuk membersihkan noda kain, kuningan, dan tembaga. Daunnya yang kecil berhadap-hadapan. Bunganya berbentuk bintang dan berwarna merah muda keunguan.

Kandungan dan Manfaat

Belimbing wuluh bermanfaat sebagai anti radang karena mengandung flavon. Kandungan kaliumnya melancarkan air seni (diuretik) sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Belimbing wuluh juga mampu mengeluarkan dahak dan menurunkan panas. Buahnya mengandung zat asam kalium-akolat. Belimbing wuluh dapat mengobati beberapa penyakit, antara lain:

1.  Hipertensi

2.  Diabetes

3.  Gondongan

4.  Jerawat

5.  Rematik

6.  Sariawan (bunganya)

7.  Gusi berdarah

8.  Sakit gigi

9.  Batuk rejan

10.  Demam (daunnya)

11.  Kelumpuhan (buahnya)

Beberapa Ramuan Belimbing Wuluh Untuk Berbagai Penyakit:

1.  Hipertensi

Tiga buah belimbing diparut, diperas, ambil airnya dan diminum sekali sehari.

2.  Jerawat

Tiga belimbing wuluh diparut, diremas dan ditambahkan garam secukupnya. Digosokkan ke bagian yang berjerawat.

3.  Gusi berdarah

Dua buah belimbing wuluh dimakan setiap hari.

4.  Gondongan

Daun belimbing wuluh ditumbuk bersama bawang putih kemudian dibalurkan pada bagian yang sakit.

5.  Batuk

Daun, bunga, buah dengan perbandingan yang sama direbus dalam air mendidih selama 1/2 jam kemudian airnya diminum.

6.  Diabetes

Enam buah belimbing wuluh ditumbuk, direbus dengan 1 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Setelah disaring di minum airnya 2 kali sehari.

7.  Rematik

Segenggam daun belimbing wuluh dicuci, kemudian ditumbuk sampai halus. Tambahkan kapur sirih dan digosokkan ke bagian yang sakit.

8.  Sariawan

Sepuluh kuntum bunga belimbing wuluh, asam jawa, gula aren direbus dengan 3 gelas air hingga airnya tinggal 3/4. Disaring kemudian diminum 2 kali sehari.

9.  Sakit gigi

Lima buah belimbing wuluh dicuci bersih kemudian dikunyah dengan garam. Diulang beberapa kali sampai hilang rasa sakitnya.