Klasifikasi Tanaman

Kingdom : Plantae

Divisio: Magnoliophyta

Class: Magnoliopsida

Ordo: Laurales

Pamilia: Lauraceae

Genus: Cinnamomum

Species: Cinnamomum verum

Daerah Penyebaran

Asal usul kayu manis tidak jelas, kemungkinan berasal dari China, Vietnam, Korea dan Jepang. Kayu manis dapat tumbuh secara baik di tanah subur, drainasenya baik, liat berpasir, curah hujan lebih dari 1.000 m, penyebaran hujan merata dengan suhu tahunan di atas 16 derajat celcius dan cahaya yang cukup. Setelah melewati masa anakan, dapat bertahan pada suhu di bawah -9 derajat celcius.

Kandungan dan Khasiat

Kayu manis banyak mengandung senyawa kimia bermanfaat, seperti zat aktif N-terpinena, 1,8-sineol, terpineol, Z-sitral, geranial, minyak atsiri berupa trans-kariofilena, eugenol, miristin, 3-karena, N-pinena dan 1-limonena. Kandungan kimia yang terdapat pada kayu manis mempunyai khasiat yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh. Diantaranya dapat meringankan dan menyembuhkan penyakit:

1.  Radang lambung

2.  Tekanan darah tinggi

3.  Vertigo

4.  Liver

5.  Sariawan

6.  Asam urat

7.  Rhematik

8.  Asma

9.  Kram waktu haid

10.  Influenza

11.  Masuk angin

12.  Muntah-Muntah

13.  Mual

14.  Memperlancar pencernaan

15.  Anti diare

16.  Mengurangi keletihan tubuh.

Kayu manis juga berpotensi besar sebagai antioksidan alami untuk menangkal radikal bebas sehingga melindungi tubuh dari penyakit degeneratif seperti kanker, diabetes dan penyakit jantung koroner. Pada kulit batang kayu manis terkandung zat yang merangsang insulin. Aktivitas insulin akan memperlancar proses metabolisme glukosa, sehingga kadar gula di dalam darah bisa ditekan mendekati normal.

Ramuan Kayu Manis Untuk Beberapa Penyakit

1.  Asam urat

Ambil 1 jari kulit kayu manis, 15 gr jahe merah, 5 butir cengkeh, 5 butir kapulaga, 5 gr biji pala dan 4 gr daun cocor bebek. Rebus semua bahan dengan menggunakan 600 cc air sampai tersisa 300 cc, saring dan diminum.

2.  Hipertensi

Ambil 1 jari kulit kayu manis, 10 gr asam trenggalis, 60 gr rambut jagung, 30 gr daun seledri. Rebus semua bahan dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Saring dan minum airnya ketika masih hangat.

3.  Sariawan

Sediakan 2 jari kulit kayu manis, cuci kemudian potong-potong. Rebus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc. Saring dan minum airnya ketika masih hangat 2 sendok makan 3 kali sehari.

(Sumber: Sehat dg Obat Alami – M. A. Laksita)