gambar Buah MelonBuah Melon merupakan buah yang sangat mudah ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket. Rasanya segar dan tidak terlalu manis, warnanya kuning dan kebanyakan putih, harganya pun murah meriah. Tapi yang lebih penting, selain nikmat disantap, buah melon banyak mengandung air (sekitar 95% dari daging buah) juga kaya akan vitamin dan mineral, sehingga manfaatnya bagitubuh berlimpah. Dari sisi kandungan airnya buah melon mampu memberikan rasa dingin dan efek yang menyejukkan, sehingga dapat meredakan rasa panas dalam perut dan membersihkan ginjal dari sisa-sisa metabolisme.

Kandungan Buah Melon

Buah Melon adalah termasuk buah yang mengandung banyak air. Di dalamnya terdapat kandungan vitamin A, B dan C yang lumayan tinggi. Demikian pula dengan karbohidrat dan  mineral serta proteinnya. Selain itu juga terdapat nutrisi yang terdiri dari zat besi, kalsium, fosfor maupun zat besi yang jumlah kandungannya juga cukup banyak.

Nilai Gizi yang terkandung dalam buah melon 15,00 mg kalsium, 25,00 mg fosfor, 0,5 mg zat besi, 34 mg vitamin C, 640 mg lu vitamin A, dan 0,03 mg vitamin B1. Buah melon mengandung antikoagulan yang disebut andenosin, yang dapat menghentikan penggumpalan sel darah yang dapat menyebabkan penyakit stroke atau jantung.

1. Anti kanker
Buah melon mengandung karotenoid yang tinggi sehingga buah ini dapat mencegah kanker dan juga menurunkan resiko serangan kanker paru-paru. Buah melon dapat mencegah serta membunuh bibit-bibit kanker yang akan menyerang tubuh kita. Jadi usahakan mengkonsumsi melon agar terhindar dari penyakit kanker. 

2. Anti stroke/jantung
Melon mengandung antikoagulan yang disebut adenosine mampu menghentikan penggumpalan sel darah yang dapat memicu timbulnya penyakit stroke atau jantung. Jadi buah melon akan membantu melancarkan darah dalam tubuh sehingga beresiko kecil timbulnya penyakit stroke atau jantung.

3. Melancarkan BAB
Buah melon dapat melancarkan BAB (baung air besar) bila kita mengalami masalah pencernaan maka makanlah melon agar dapat mudah dan lancar buang air besar. Kandungan air yang ada dalam buah melon sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Kandungan mineral ini mampu menghilangkan keasaman tubuh yang perlu dihilangkan karena dapat mengganggu pencernaan, khususnya pada organ lambung.

4. Menjaga kesehatan kulit
Buah melon mengandung kolagen yakni senyawa protein yg mempengaruhi integritas struktur sel di semua jaringan ikat seperti kulit.Kolagen juga berfungsi utk mempercepat penyembuhan luka dan menjaga kekencangan kulit.Jika anda sering makan buah melon berarti kulit tidak akan kasar dan kering.

5. Membantu menyembuhkan penyakit ginjal dan eksim.
Buah melon mempunyai daya diuretik yg sangat baik sehingga bisa membantu menyembuhkan penyakit ginjal dan penyakit eksim yang parah dan akut.Jika dikombinasikan dengan lemon,maka buah melon dapat menumpas penyakit asam urat.Jadi ada baiknya anda mengkonsumsi buah melon sehari sekali secara rutin pada pagi hari.

6. Meredakan panas dalam.
Kadar air pada buah melon mencapai 95%,sehingga memberi efek menyejukkan.Karena itu,buah melon dapat bermanfaat untuk meredakan panas dalam. 
Buah melon banyak mengandung Vitamin A, B dan C serta mengandung protein, kalsium dan fosfor. Kandungan nutrisi buah melon adalah 15,00 mg kalsium; 25,00 mg fosfor; 0,5 mg besi; 34 mg Vitamin C; 640 mg I.U Vitamin A; dan 0,03 mg Vitamin B1.  Jadi ada baiknya Anda mengkonsumsi buah melon sehari sekali secara rutin pada pagi hari.

(dari berbagai sumber)

Iklan