Alexis Sanchez goes down under the challenge of Christian AbbiatiBarcelona memang baik dalam penguasaan bola. Saat tampil melawan Milan di San Siro di leg pertama perempatfinal Liga Champions, klub Catalan tersebut mampu menguasai setengah lapangan di daerah Milan. Namun, mereka tak bisa membongkar pertahanan Rossoneri yang sangat disiplin dan rapat sepanjang 93 menit di lapangan.

Dalam pertandingan di San Siro, Kamis (29/3/2012) dinihari WIB, Barca mendominasi penguasaan bola hingga 65 persen. Mereka juga melepaskan 18 tembakan, tapi cuma tiga yang mengarah ke gawang.

Sementara itu, Milan menyadari kondisi jika melawan klub terbaik di dunia tersebut, maka Milan lebih banyak bertahan dan menunggu para pemain Barca hingga memasuki daerah 16 meter, begitu mulai merangsek mendekati gawang Abbiati, para pemain Milan langsung mengintersep dan menahan gerak setiap para pemain Barca yang ingin melepas tembakan, alhasil gawang Abbiati dapat lolos dari kebobolan. Walau para pemain Milan hanya mengandalkan serangan balik, namun beberapa peluang emas dapat mereka ciptakan namun sayang, penyelesaian yang tidak maksimal gagal dimanfaatkan menjadi gol baik oleh Ibra, Seedorf maupun Robinho.

Hasil ini membuat kans kedua tim lolos ke semifinal masih cukup terbuka. Di leg kedua yang akan digelar di Camp Nou pada pekan depan, Barca memang wajib menang, namun tidaklah mudah menaklukan raksasa Eropa tahun 90-an tersebut. Adapun Milan juga butuh kemenangan atau hasil imbang selain 0-0 untuk lolos ke babak semifinal.

Jalannya pertandingan 

AC Milan mencoba mengambil inisiatif serangan pada menit-menit awal. Sebuah tembakan Kevin-Prince Boateng masih bisa diamankan Victor Valdes, sementara tendangan voli Robinho tak mengarah ke sasaran, padaha Robinho sudah bebas berdiri tanpa pengawalan bek-bek Barca saat menerima umpan sundulan dari Ibra, bola sepakan Robinho mengarah ke atas gawang Valdes.

Barca balik menekan lewat percobaan Lionel Messi pada menit kesembilan. Namun, sepakan Messi terlalu lemah dan tak menyulitkan Christian Abbiati.

Memasuki menit ke-16, para pemain Barca mengajukan klaim penalti setelah Alexis Sanchez terjatuh dalam perebutan bola dengan Abbiati. Namun, wasit Jonas Eriksson tak mengabulkannya.

Berselang empat menit, Zlatan Ibrahimovic membuang peluang emas membawa Milan unggul. Usai mendapatkan umpan terobosan dari Clarence Seedorf, Ibra di kawal dua pemain Barca, Ibra berhasil menyepak bola dengan kaki kirinya namun, tendangannya masih lemah dan Valdes tidak kesulitan dalam mengantisipasinya.

Abbiati membuat penyelamatan bagus pada menit ke-26. Dia menepis tembakan jarak dekat yang dilepaskan oleh Xavi.

Percobaan yang dilakukan Seedorf pada menit ke-38 juga belum membahayakan gawang Barca. Tembakan first time-nya masih terlalu mudah diamankan Valdes.

Hingga babak pertama berakhir, belum ada gol yang tercipta. Skor masih 0-0.

Barca masih dominan di awal babak kedua. Tendangan Andres Iniesta pada menit ke-48 masih melenceng tipis di samping gawang Milan.

Lewat tendangan bebasnya, Messi mencoba memecahkan kebuntuan pada menit ke-59. Namun, bola melayang di atas mistar.

Pemain pengganti Cristian Tello ikut mengancam gawang Milan pada menit ke-73. Tapi, tendangan kaki kirinya cuma menerpa sisi luar jala gawang.

Dua menit sebelum waktu normal berakhir, Messi nyaris membawa Barca unggul. Tapi, lagi-lagi tendangannya digagalkan oleh Abbiati.

Peluang terakhir dari Xavi juga tak membuahkan hasil. Tendangannya dari luar kotak penalti masih melebar.

Susunan pemain:
AC Milan: Abbiati, Bonera, Mexes, Nesta (Mesbah 75′), Antonini, Ambrosini, Seedorf, Nocerino, Boateng (Emanuelson 67′), Robinho (El Shaarawy 52′), Ibrahimovic

Barcelona: Valdes, Alves, Pique, Puyol, Keita, Busquets, Mascherano, Xavi, Iniesta (Tello 65′), Sanchez (Pedro 76′), Messi.

Statistik Pertandingan:

AC Milan                                    Barcelona

6 (3)  Shots (on Goal) 18 (3)
14 Pelanggaran 9
0 Sepak Pojok 2
5 Offsides 3
35%  Time of Possession 65%
3 Kartu Kuning 1
0 Kartu Merah 0
3 Penyelamatan 3

 Hasil Selengkapnya:

Status Home Score Away Stage Venue
FT AC Milan  0-0  Barcelona Quarter-finals Stadio Giuseppe Meazza
FT Marseille  0-2  Bayer Munich Quarter-finals Stade Vélodrome
Status Home Score Away Stage Venue
FT Apoel Nicosia  0-3  Real Madrid Quarter-finals Neo GSP Stadium
FT Benfica  0-1  Chelsea Quarter-finals Estadio da Lu