Stephan El ShaarawyAC Milan berhasil membungkan Udinese di kandangnya denan skor 2-1. Meski sempat tertinggal 0-1 dari awal babak pertama, namun Rossonerri berhasil membawa 3 poin lewat gol Maxi Lopez dan Striker muda El Shaarawy di babak kedua. AC Milan juga juga sukses menjadi tim pertama Serie A yang berhasil mengalahkan Udinese di kandangnya.

AC Milan juga berhasil mengkudeta sementara Juventus dari puncak klasemen dengan selisih 2 poin. Juve masih menyisakan dua pertandingan tunda melawan Parma dan Bologna yang ditunda akibat stadion tertutup salju tebal dan udara yang dingin minus 0 derajat. Bertanding di Friuli, Minggu, 12 Februari 2012, dnihari WIB, Udinese mampu mengambil inisiatif penyerangan dan sempat merepotkan pertahanan AC Milan sepanjang babak pertama dan membuat sejumlah peluang emas menjadi gol di kotak penalti Milan. Milan yang tanpa diperkuat bombernya Zlatan Ibrahimovic harus kebobolan terlebih dahulu pada menit ke-19 lewat gol Bomber gaek yang dimiliki Udinese, Antonio Di Natale.

Aksi menawan Antonio Di Natale menerobos masuk barisan pertahanan Milan diteruskan tendangan yang tak mampu diselamatkan kiper Marco Amelia. Amelia sendiri terkecoh akibat tendangan Di Natale sempat mengenai kaki Thiago Silva.

Lima menit berselang, Udinese kembali mengancam gawang Marco Amelia. Namun sepakan Mauricio Isla usai menerima umpan Michele Pazienza masih terlalu lemah dan bisa diamankan Amelia.

Peluang pertama Milan baru tercipta pada menit ke-43. Sayangnya, tembakan Philippe Mexes masih bisa dihalau dengan baik oleh Samir Handanovic. Skor 1-0 bertahan untuk keunggulan Udinese pada babak pertama.

Memasuki babak kedua, AC Milan mencoba tampil lebih menyerang. Pada pertengahan babak kedua, Allegri memasukkan penyerang anyar Maxi Lopez. Keputusan Allegri terbukti jitu. Dari sebuah tendangan keras El Shaarawy diluar kotak penalti Udinese yang masih dimentahkan Handanovic, bola muntah yang mengarah ke Maxi tak disia-siakannya untuk membuat skor menjadi imbang 1-1 pada menit ke-77.

Delepan menit berselang, AC Milan kembali membuat publik Friuli terdiam. Kali ini, gantian, umpan matang Maxi Lopez di sisi kiri pertahanan Udinese yang lepas dari jebakan offside berhasil dimaksimalkan dengan sempurna oleh El Shaarawy untuk membobol jala Handanovic kedua kalinya. Hingga peluit panjang dibunyikan, Milan sukses menang 2-1 atas Udinese.

Susunan pemain:

UdineseHandanovic; Benatia, Danilo, Domizzi; Basta, Isla (Pasquale 61′), Pazienza (Torje 88′), Fernandes, Armero; Abdi; Di Natale (Floro Flores 75′).

AC MilanAmelia; Abate, Mexes, Thiago Silva, Mesbah; Emanuelson, Ambrosini, Nocerino (Lopez 66′); Seedorf; El Shaarawy, Robinho (Bonera 88′).

Statistik Pertandingan

Udinese                                     AC Milan

16 (6) Shots (on Goal) 15 (6)
19 Fouls 15
11 Corner Kicks 3
5 Offsides 0
39% Time of Possession 61%
2 Yellow Cards 2
0 Red Cards 0
4 Saves 5