AC Milan dipaksa harus mengakui keunggulan tim tamu yang juga tim asal sekotanya, Inter Milan dalam lanjutan Serie A Italia yang bertajuk Derby Della Madoninna. Menguasai jalannya pertandingan dan terus menekan sepanjang 90 menit waktu normal, Rosonerri harus kalah dengan skor 0-1 dari tangan Inter Milan. Gol semata wayang Inter lahir lewat sepakan Diego Milito pada menit ke 54. Gol Inter lahir akibat salah antisipasi Abate dalam memotong laju bola. Bola digiring Milito ke kotak penalti Milan dengan ditempel Abate, namun Milito berhasil menyepak kulit bundar ke arah kiri tiang jauh Abbiati.

Dengan kekalahan tersebut, Milan harus puas melorot ke posisi kedua klasemen yang kembali digeser Juventus di puncak. Sebelum partai AC Milan – Inter Milan di gelar, rival terdekat Milan sebenarnya sudah terjungkal terlebih dahulu oleh lawan-lawannya. Juventus hanya bermain imbang 1-1 dengan cagliari, sedangkan Udinese kalah 2-3 dari Genoa. Momen tepat untuk memperlebar jarak dari para pesaingnya, justru Milan harus keok di tangan Inter. Kini selisih AC Milan dengan Juventus terpaut 1 angka. Sebaliknya, Inter yang dalam 6 pertandingan terakhir tidak pernah kalah, terus merangsek ke atas untuk memberikan sinyal kepada tim-tim yang berada di atasnya untuk berhati-hati, karena semenjak di tangani Ranieri, permainan Inter semakin membaik.

AC Milan yang menurunkan duet Ibrahimovic – Pato tidak dapat menembus pertahanan ketat Inter yang di kawal oleh Samuel dan  Lucio. Second striker Milan yang diisi Emanuelsen, Boateng, Nocerino pun tidak mampu menampilkan kreasi serangan yang lebih atraktif ke jantung pertahanan Inter. Banyak peluang AC Milan yang terbuang percuma akibat permainan Milan yang terburu-buru. Peluang emas terbaik justru malah diciptakan oleh  Van Bommel di menit-menit terakhir babak pertama. mendapat umpan dari Pato, sepakan first time pemain Belanda tersebut membentur tiang gawang atas Inter yang dijaga Julio Cesar.

Sepanjang pertandingan, penguasaan bola berada di bawah kendali permainan anak-anak asuh Allegri, namun keberuntungan memang bukan berada di pihak Milan. Justru, Inter yang hanya sesekali melakukan serangan berhasil menciptkan beberapa peluang. Salah satu peluang yang menjadi gol, adalah sebuah skema serangan balik yang diperagakan anak-anak Inter.

Walaupun Allegri sudah menambah daya gedor dengan memasukkan Seedorf, El Shaarawy serta Robinho di babak kedua, namun tetap saja, gol-gol yang ditunggu tidak kunjung hadir.

Statistik Pertandingan

AC Milan                                Inter Milan

16 (3) Shots (on Goal) 12 (4)
16 Pelanggaran 10
10 Sepak Pojok 2
2 Offsides 1
67%  Time of Possession 33%
3 Kartu Kuning 1
0 Kartu Merah 0
3 Penyelamatan 3

Hasil Selengkapnya

SUNDAY, JANUARY 15, 2012
Status Home Score Away Venue
FT Lazio 2 – 0 Atalanta Stadio Olimpico (18,000)
FT Cesena 3 – 1 Novara Stadio D. Manuzzi (22,413)
FT Chievo Verona  1 – 0 Palermo Stadio Marc`Antonio Bentegodi (6,000)
FT Fiorentina 0 – 1 Lecce Stadio Artemio Franchi (24,000)
FT Genoa 3 – 2 Udinese Comunale Luigi Ferraris (22,000)
FT Juventus 1 – 1 Cagliari (30,870)
FT Parma 3 – 1 Siena Stadio Ennio Tardini (13,000)
FT AC Milan 0 – 1 Inter Milan Stadio Giuseppe Meazza (80,000)