Stoner powers to Valencia victory

Balapan terakhir Moto GP musim 2011 di Valencia kemarin berlangsung seru dan ketat. Setiap pembalap memberikan kemampuan maksimal di setiap trek baik yang lurus maupun yang tikungan. Saling salip menyalip mewarnai balapan pamungkas Moto GP 2011 ini.

Balapan yang menarik ini tidak disertai oleh dua pembalap Ducati, Valentino Rossi dan Nicky Hayden. Bukannya absen lantaran cedera, namun kedua pembalap Ducati ini mengalami kecelakaan saat tikungan pertama dari garis start. Motor Bautista jatuh lalu menabrak Rossi yang berada tepat di samping pembalap Rizla Suzuki itu, kemudian karena ditabrak, motor Ducati Rossi menabrak Hayden dan Randy de Puniet. Keempat pembalap tersebut langsung terjatuh ke luar sirkuit dan tidak dapat melanjutkan lomba.

Juara GP Valencia adalah Stoner. Pembalap Repsol Honda ini meraih kemenangan dengan selisih waktu yang teramat amat tipis. Dia menyalip Pembalap Yamaha Tech, Ben Spies hanya beberapa meter menjelang garis finish dan memastikan juara dengan keunggulan hanya 0,015 detik.

Langkah motor Hondanya saat tikungan terakhir lebih dahsyat dibanding motor Yamaha Spies. Inilah gelar kesepuluh yang diraih Stoner musim ini. Dia sudah mengunci  gelar juara dunia pada balapan di Sirkuit Philip Island, Australia 16 Oktober yang lalu.

Meski tidak lagi menentukan, balapan di Valencia kemarin tetap berjalan sengit. Cuaca gerimis menjelang akhir lomba meningkatkan tensi balapan. Stoner yang sebelumnya memimpin dengan keunggulan 11 detik tidak mampu mempertahankan psosisi tersebut. Di sisi lain, Spies seperti makin lekat dengan lintasan. Setelah melewati dua pembalap Repsol Honda lainnya, Dani Pedrosa dan Andrea Dovizioso, dia sedikit demi sedikit mendekati Stoner.

Tiga lap menjelang finis, Spies mengambil alih lomba. Stoner lantas meningkatkan agresivitas. Menjelang garis finis, kru Honda, termasuk istri Stoner, Adriana, sudah siap dengan kekalahan Stoner.

Namun, keunggulan motor Honda RC212V milik Stoner sangat membantu performa Stoner. Menjelang tikungan terakhir, dia masih tertinggal lebih dari 1 detik. Namun, keluar dari tikungan tersebut, Stoner terus mendekati Spies dan akhirnya berhasil menyentuh garis finis dengan keunggulan tipis. Kru Honda tadinya sudah siap kalah, namun tidak jadi, mereka kemudian bersorak senang karena pembalapnya bisa juara dengan dramatis.

Tempat ketiga ditempati Andrea Dovizioso yang tahun depan akan hijrah ke Yamaha Tech 3. Dia juga memastikan peringkat ketiga klasemen akhir pembalap di bawah Jorge Lorenzo. Posisi keempat balapan diraih oleh pembalap Yamaha Tech 3, Cal Crutchlow. Hasil tersebut memberikan gelar Rookie of the Year pada pembalap asal Inggris itu.

Balapan kemarin juga menjadi ajang perpisahan bagi pembalap Italia, Loris Capirossi. Pembalap Pramac Ducati itu mengakhiri 22 tahun karirnya di grand prix balap motor dengan finis diurutan kesembilan. Itu adalah akhir dari era Moto Gp 800 cc. Musim depan, kelas tertinggi balap motor itu akan menggunakan mesin 1.000 cc.

GP Prix Valencia kemarin juga menjadi ajang penghormatan untuk mendiang Marco Simoncelli. Setelah sesi pemanasan, seluruh pembalap dari kelas 125 cc, Moto 2 dan Moto GP meninggalkan pit lane bersama-sama. Rombongan sekitar 90 pembalap itu mengitari Sirkuit Ricardo Tormo satu putaran.

Prosesi tersebut dipimpin oleh juara dunia musim 1993, Kevin Schwantz. Prosesi terakhir adalah menyalakan mascleta, petasan tradisional Valencia selama dua menit penuh.

Hasil balapan MotoGP Valencia:
1. Casey Stoner AUS Repsol Honda 48m 18.645s
2. Ben Spies USA Yamaha Factory Racing 48m 18.660s
3. Andrea Dovizioso ITA Repsol Honda 48m 24.581s
4. Cal Crutchlow GBR Monster Yamaha Tech 3 48m 27.363s
5. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda 48m 27.966s
6. Katsuyuki Nakasuga JPN Yamaha Factory Racing 48m 42.463s
7. Josh Hayes USA Monster Yamaha Tech 3 48m 51.763s
8. Karel Abraham CZE Cardion AB Motoracing 48m 56.597s
9. Loris Capirossi ITA Pramac Racing 49m 7.598s
10. Toni Elias ESP LCR Honda 49m 11.146s
11. Hector Barbera ESP Mapfre Aspar 49m 25.164s
12. Hiroshi Aoyama JPN San Carlo Honda Gresini 49m 27.405s

Tidak finis:
Randy de Puniet FRA Pramac Racing
Nicky Hayden USA Ducati Marlboro
Valentino Rossi ITA Ducati Marlboro
Alvaro Bautista ESP Rizla Suzuki

Klasemen Akhir Pembalap

Kelas MotoGP
Nama Tim Poin
Casey Stoner Honda 350
Jorge Lorenzo Yamaha 260
Andrea Dovizioso  Honda 228
Dani Pedrosa Honda 219
Ben SpiesValentino Rossi

Marco Simoncelli

Nicky Hayden

Colin Edwards

Hiroshi Aoyama

Hector Barbera

Cal Crutchlow

Alvaro Bautista

Karel Abraham

Tony Elias

Randy de Puniet

Loris Capirossi

Katsuyuki Nakasuga

Josh Hayes

YamahaDucati

Honda

Ducati

Suzuki

Honda

Aspar

Yamaha

Suzuki

Cardion

Honda

Pramac

Pramac

Yamaha

Yamaha

176139

139

132

109

98

82

70

67

64

61

49

43

10

9