Balapan MotoGP Malaysia akhirnya harus dihentikan. Keputusan tersebut diambil setelah terjadi kecelakaan di lap kedua yang melibatkan Marco Simoncelli, Colin Edwards dan Valentino Rossi.

Start dari posisi kelima, pembalap berusia 24 tahun [Simoncelli] tersebut sedang berada di urutan keempat saat memasuki lap kedua tikungan kesebelas. Ditikungan yang belok ke kanan itu, Simoncelli kehilangan kontrol bagian depan motornya dan terjatuh.

Nahas bagi Simoncelli, dia terjatuh justru malah terhimpit dan terseret motornya sendiri, saat itu dibelakangnya, Colin Edward [Tech 3 Yamaha] dan Valentino Rossi [Ducati] sedang melaju kencang untuk merebut posisi terbaik.

GB

Tragedi pun tidak terelakan, Edward dan Rossi serta merta menghantam badan serta leher Simoncelli secara tragis dan menyeramkan. Helm Simoncelli pun sampai terlepas dari kepalanya. Edwards sendiri ikut terpental, sementara itu, Rossi masih mampu menyelamatkan motornya tidak sampai terjatuh ke luar lintasan di rumput sisi kanan.

Setelah tragedi tabrakan tersebut, Simoncelli tergeletak beberapa menit dan tidak ada gerakan sama sekali, sementara itu, Edward mampu berdiri dan sempat menggerak-gerakkan badan serta kakinya. Kemudian, ambulans segera membawa kedua pembalap tersebut ke Medical Center di Sirkuit Sepang yang terletak tidak jauh dari Paddock dan Pit Lane. Tim medis pun berkerja keras, mencoba menyelamatkan Simoncelli. Namun pada akhirnya Simoncelli tidak terselamatkan [meninggal dunia] pada pukul 15.56 waktu setempat.

Simoncelli mengalami trauma serius di leher, kepala dan dada. Saat tim medis menghampirinya dia sudah tidak sadarkan diri. Di dalam ambulans, tim medis sudah memulai CPR [cardiac pulmonary resuscitation]. Setiba di Medical Center, CPR dilakukan lagi selama 45 menit. Namun usaha keras tim medis untuk menyelamatkan nyawanya sudah tidak dapat lakukan lagi.

Kronologi Insiden Simoncelli

15.45     pembalap bersiap di lintasan

15.55     pembalap menjalani warming up lap

16.00     start Moto GP, Simoncelli start dari posisi kelima

16.05     terjadi kecelakaan, ambulan masuk untuk membawa tubuh Simoncelli ke Clinica Mobile

16.20     penyelenggara mengumumkan balapan dilanjutkan pukul 16.45

16.40     penyelenggara mengumumkan balapan di batalkan [canceled race]

16.56     Simoncelli dinyatakan meninggal

17.10     jenazah Simoncelli diterbangkan ke rumah sakit dengan helikopter