Casey Stoner akhirnya menuntaskan impiannya untuk menjadi juara dunia MotoGP musim ini. Memenangi balapan di rumah sendiri, Stoner pun merengkuh titel juara kedua dalam kariernya.

Dalam balapan yang dihelat di Sirkuit Phillip Island, Minggu (16/10/2011) siang WIB, Stoner yang memegang pole position tak mampu dibendung lawan-lawannya hingga 27 lap berlalu.

Sampai akhirnya ia menjadi pembalap pertama yang menyentuh finis dan 25 poin cukup menghantarkannya jadi juara dunia dengan 325 poin di klasemen pembalap. dan tak bisa terkejar lagi oleh Jorge Lorenzo (260 poin) di dua seri tersisa, Sepang dan Valencia.

Keberhasilan Stoner ini sedikit terbantu dengan absennya Lorenzo di balapan hari ini, karena kecelakaan saat sesi pemanasan beberapa jam lalu.

Casey Stoner disesaki luapan perasaan di Phillip Island, tempatnya meneruskan dominasi, memastikan gelar juara dunia nomor dua untuknya, serta merayakan ulang tahun dengan manisnya.

Dominasi. Untuk rider Repsol Honda asal Australia tersebut, kemenangannya di Phillip Island, Minggu (16/10/2011), menjadikan dirinya kian mengukuhkan predikat jawara dalam seri yang juga menjadi “balapan kandang” untuknya tersebut. Semenjak era 800cc, Stoner mendominasi podium teratas Phillip Island: Kemenangannya musim ini membuat dirinya selalu memenangi balapan selama lima musim terakhir.

Dominasi di kandang sendiri itu turut melengkapi dominasi Stoner musim ini. Sampai dengan 16 seri, rider yang sedang menjalani musim debutnya bersama Honda itu sudah mengoleksi sembilan kemenangan. Di tujuh seri lain, ia bahkan hanya satu kali hampa poin dan tak naik podium–satu kali finis kedua, lima kali finis ketiga dan satu kali gagal finis.

Hanya ada tiga pembalap yang bisa mencuri kemenangan dari Stoner musim ini: Jorge Lorenzo (Yamaha/tiga kemenangan), Dani Pedrosa (Repsol Honda/tiga kemenangan) dan Ben Spies (Yamaha/satu kemenangan).

Berkat kemenangan teranyarnya Stoner juga memastikan diri menjadi juara dunia musim 2011, merebut gelar yang sebelumnya disandang Lorenzo, dengan dua seri tersisa. Inilah gelar juara dunia nomor dua untuk Stoner, setelah sebelumnya di musim 2007 bersama Ducati.

Menegaskan dominasi di “balapan kandang” seraya memastikan gelar juara dunia, hati Stoner niscaya kian berbunga-bunga karena bisa melakukannya tepat di hari ulang tahun. Pada 16 Oktober 2011 ini, ia genap berusia 26 tahun.

“Aku pikir aku tidak bisa membuat hari ini jadi lebih lengkap lagi. Ini adalah titel kedua, kemenangan kelima (di Phillip Island) dan juga ultahku. Balapan kandang… semuanya,” tutur Stoner di Autosport.

“Bisa menang seperti ini sangatlah spesial. Aku pikir orang tidak bisa membuat keadaan sesempurna itu,” lugas Stoner.

Bisa langsung menjadi kampiun di musim pertamanya bersama tim baru, Stoner pun tak lupa berterima kasih kepada Repsol Honda yang sudah memberinya satu gelar juara dunia tambahan.

“Ini benar-benar sudah jadi sebuah musim impian. Kami mendapatkan masa turun-naik, tapi turunnya tidak terlalu curam dan naiknya benar-benar tinggi, jadi terima kasih banyak untuk tim dan semuanya yang sudah melakukan pekerjaan luar biasa,” pungkasnya. (detiksport)

Hasil balapan MotoGP Australia

1. Casey Stoner Repsol Honda Team 42m02.425s
2. Marco Simoncelli San Carlo Honda Gresini + 2.210
3. Andrea Dovizioso Repsol Honda Team + 2.454
4. Dani Pedrosa Repsol Honda Team + 13.160
5. Colin Edwards Monster Yamaha Tech 3 + 30.886
6. Randy De Puniet Pramac Racing Team + 48.800
7. Nicky Hayden Ducati Team + 16.314
8. Toni Elias LCR Honda MotoGP + 1 lap
9. Loris Capirossi Pramac Racing Team + 1 lap
10. Karel Abraham Cardion AB Motoracing + 2 laps

Retirements:

Alvaro Bautista Rizla Suzuki MotoGP 4 laps
Hiroshi Aoyama San Carlo Honda Gresini 4 laps
Cal Crutchlow Monster Yamaha Tech 3 4 laps
Valentino Rossi Ducati Team 14 laps

Klasemen Pembalap

Kelas MotoGP
Nama Tim Poin
Casey Stoner Honda 325
Jorge Lorenzo Yamaha 260
Andrea Dovizioso  Honda 212
Dani Pedrosa Honda 208
Ben Spies Yamaha 156