Dua hasil seri dan sekali kalah dalam mengawali musim 2011-2012, AC Milan harus lebih meningkatkan performa permainannya, terutama di barisan belakangnya yang sudah kebobolan 7 gol dalam tiga pertandingan agar di akhir musim bisa memperoleh hasil yang lebih baik di bandingkan pada musim kemarin. Padahal pada musim kemarin, pertahanan AC Milan adalah tim terbaik di serie A yang hanya sedikit kemasukan gol. Dua hasil seri di terima pasukan hitam merah pada saat menjamu Lazio di giornata pertama serie A dengan skor 2-2 dan saat di jamu Barcelona di Liga Champions dengan skor 2-2 pula. Yang terakhir adalah kekalahan yang diderita Milan saat bertandang ke kandang Napoli dalam duel giornata kedua, Milan hancur dengan skor 1-3.

Sebenarnya Milan mengawali pertandingan dengan sangat meyakinkan, terus mengurung pertahanan Napoli, tapi kalah oleh counter attack. Menit ke 11, AC Milan sudah unggul 1-0 lewat aksi Alberto Aquilani lewat diving headernya yang memanfaatkan assist dari Antonio Cassano. Keunggulan Milan tidak bertahan lama, selang satu menit Napoli membalasnya lewat aksi Cavani yang pada pertandingan ini mencetak hattrick ke gawang Abbiati.

Gol kedua Cavani tercipta dari counter attack yang dilakukan para pemain Napoli. Gargano yang mendapat bola dari lapangan tengah sempat melewati Van Bommel, kemudian menggiring bola mendekati kotak penalti Milan lalu memberikan umpan ke Cavani yang berdiri bebas. Kemana Abate? Abate telat dalam transisi bertahan. Tanpa pengawalan, Cavani melepas tendangan ke tiang dekat Abbiati, yang tidak dapat diantisipasi dengan baik olehnya.

Tertinggal 1-2 Milan berupaya keras untuk menyamakan kedudukan, namun miskinnya kreasi serangan yang diperagakan anak asuh Allegri ini tidak dapat membongkar pertahanan Napoli yang sangat disiplin menjaga daerah terlarangnya. Hingga babak pertama usai, skor tetap 2-1 untuk Napoli.

Di awal babak kedua, bukannya permainan Milan semakin meningkat, malah kecolongan lagi di menit ke 51 yang dicetak lagi-lagi oleh Cavani. Umpan silang yang dilakukan Lazetti di mulut gawang Milan, sempat di mentahkan oleh Nesta, namun halauan pemain berusia 35 tahun ini malah jatuh di kaki Cavani, dengan sekali sentuh bola dengan deras menghujam gawang Abbiati.

1-3 Milan tertinggal oleh tuan rumah. Untuk menambah serangan, Allegri mengganti Bonera dengan Antonini dan Van Bommel dengan Emanuelsen serta Allegri merubah skema menjadi 4-3-3, setelah EL Shahrawy dimasukkan menggantikan Aquilani.

Dengan tiga striket, permainan Milan tidak banyak berubah, hanya unggul ball possesion namun peluang untuk mencetak gol nyaris tidak ada. Kurangnya koordinasi, salah passing maupun umpan sering diperagakan oleh para pemain Milan, sehingga Napoli dapat dengan mudah membaca permainan Rossonerri.

Hingga babak pertama usai, kedudukan tetap 3-1 untuk keunggulan Napoli.

Susunan Pemain

Napoli: De Sanctis; Campagnaro, Cannavaro, Aronica; Maggio, Inler, Gargano, Dossena (Zuniga 78); Hamsik (Dzemaili 65), Lavezzi (Pandev 81); Cavani

AC Milan: Abbiati; Abate, Nesta, Thiago Silva, Bonera (Antonini 65); Nocerino, Van Bommel (Emanuelson 65), Aquilani (El Shaarawy 77); Seedorf; Pato, Cassano.

Hasil Selengkapnya

Cagliari (2) – Novara (1)

37′ R. Cardoso Thiago 1 – 0
85′ Joaquin L. 2 – 0
88′ 2 – 1 Takayuki Marimoto

Inter Milan (0) – AS Roma (0)

Atalanta (1) – Palermo (0)

34′ Germain Denis 1 – 0
Bologna (0) – Lecce (2)
37′ 0 – 1 Guilermo Giacomazzi
59′ 0 – 2 Carlos Grossmuller
Catania (1) – Cesena (0)
45′ +2′ Gastpm Maxi Lopez (pen) 1 – 0
Lazio (1) – Genoa (2)
10′ Giuseppe Sculli 1 – 0
54′ 1 – 1 Rodrigo Palacio
70′ 1 – 2 Juraz Kucka
Parma (2) – Chievo (1)
24′ Sebastian Giovinco 1 – 0
79′ 1 – 1 Alberto Paloschi
90′ +1′ Sebastian Giovinco 2 – 1
KM Sebastian Giovinco
Siena (0) – Juventus (1)
54′ 0 – 1  Alesandro Matri
Napoli (3) – AC Milan (1)
10′ 0 – 1 Alberto Aquilani
12′ Edinson Cavani 1 – 1
35′ Edinson Cavani 2 – 1
52′ Edinson Cavani 3 – 1

Top Skorer

Gol Nama Tim
3 Edinson Cavani Napoli
2 Antonio Di Natale Udinese
2 Fabrizio Miccoli Palermo
2 Maximiliano Moralez Atalanta
2 Diego Milito Inter
Iklan