AC Milan berhasil merengkuh Trofeo Berlusconi, dinihari tadi setelah menang atas rival utamanya , Juventus dengan skor  tipis 2-1.

AC Milan unggul terlebih dahulu di babak pertama lewat Kevin-Prince Boateng dan Clarence Seedorf, sebelum Juve memperkecilnya di babak kedua melalui sontekan kaki kanan mantan pemain AS Roma, Mirko Vucinic.

Di babak pertama, Milan tampil sangat atraktif dan lebih baik dari Juventus, Mendominasi laga ini hingga akhirnya sukses merengkuh Trofeo Berlusconi mereka yang ke-12. Namun, kemenangan ini harus disertai dengan cederanya tiga pemain mereka, yakni Boateng, Taye Taiwo, dan Alessandro Nesta. Prince Boateng dan Taiwo  cedera pergelangan kaki, Nesta mengalami cedera kepala, setelah beradu kepala dengan Chielini.

Pada laga yang berlangsung di San Siro ini, Milan unggul ketika pertandingan baru berjalan sembilan menit. Umpan silang Ignazio Abate dari sisi kanan, diselesaikan dengan sangat cantik oleh Boateng.

Boateng yang berdiri di sisi kiri dan tidak terkawal, menyambut umpan Abate dengan tendangan voli kaki kanan. Bola meluncur deras ke tiang jauh dan tak mampu dijangkau oleh Gianluigi Buffon.

Gol kedua kemudian lahir pada menit 22, menyusul sebuah pelanggaran di depan kotak penalti Juventus. Seedorf maju menjadi eksekutornya.

Lewat sebuah sepakan kaki kanan, bola melewati pagar betis, melengkung, sebelum akhirnya mengenai tiang dan masuk ke dalam gawang Juventus. Buffon kembali terdiam melihat bola masuk ke dalam jalanya.

Juventus punya kans bagus di menit ke 28 untuk memperkecil ketertinggalan. Sial bagi mereka, tendangan keras Claudio Marchisio dari luar kotak penalti masih membentur mistar gawang.

Sedikit petaka datang untuk Milan ketika Boateng, yang tampil impresif di babak pertama, tampak mengalami cedera di bagian lututnya. Ia pun ditarik keluar pada menit 30 dan digantikan oleh Mathieu Flamini.

Sepuluh menit sebelum babak pertama selesai, Antonio Cassano mendapatkan kesempatan bagus melalui sebuah tendangan bebas. Namun, eksekusinya melambung di atas mistar gawang Juve.

Babak pertama akhirnya berakhir dengan keunggulan dua gol tanpa balas untuk Milan.

Di awal babak kedua, Andrea Pirlo melepaskan tendangan keras terarah ke gawang Milan. Usahanya ini kemudian gagal setelah tendangannya diblok oleh Christian Abbiati.

Barulah di menit 56 Juve mempertipis kedudukan menjadi 1-2. Operan Pirlo kepada Alessandro Del Piero diteruskan nama terakhir kepada Mirko Vucinic melalui umpan terobosan.

Vucinic yang dikawal oleh Rodrigo Ely berhasil melepaskan sontekan kaki kanan ke tiang jauh. Bola pun melewati Abbiati dan akhirnya masuk ke dalam gawang Milan.

Gol Juventus yang dilesakkan Vucinic terjadi setelah palang pintu tangguh Milan, Alessandro Nesta out setelah kepalanya berdarah kena tandukan Chielini saat duel udara di dalam kotak penalti Milan.

Berhasil memperkecil skor, Juve terus menekan. Pada menit 67, Del Piero memiliki kesempatan untuk menyamakan kedudukan. Tapi, sepakan kaki kanannya dari dalam kotak penalti masih bisa digagalkan oleh Abbiati.

Kerjasama antara Cassano dan Gianluca Zambrotta di menit 79 diteruskan Zambrotta dengan operan kepada Flamini. Namun, sepakan Flamini masih mengenai De Ceglie dan hanya menghasilkan sepak pojok. Para pemain Milan melakukan protes dan mengklaim bahwa bola mengenai lengan De Ceglie sebelum meninggalkan lapangan–wasit mengatakan tidak.

Dua menit berselang, Krasic lolos dari jebakan offside para pemain Milan, namun usahanya yang tinggal berhadapan dengan Abbiati masih dapat di antisipasi oleh kiper berkepala Plontos tersebut.

Milan mendapatkan peluang lagi di menit 86. Kali ini tendangan kaki kiri Kingsley Boateng melengkung ke arah gawang Juve, namun usahanya masih membentur tiang gawang Buffon.

Hingga laga berakhir, skor 2-1 tetap tak berubah.

Susunan Pemain

AC Milan: Abbiati; Abate (Oddo 89), Nesta (Rodrigo 57), Bonera, Taiwo (Zambrotta 48); Gattuso (K Boateng 66), Ambrosini, Seedorf (Antonini 85); Emanuelson, K-P Boateng (Flamini 30); Cassano.

Juventus: Buffon; Lichtsteiner, Barzagli, Chiellini, De Ceglie (Ziegler 85); Pirlo, Marchisio (Pazienza 73); Krasic (Quagliarella 85), Vucinic, Matri (Del Piero 43), Vidal (Pasquato 54).