Kemenangan AC Milan di ajang Piala Super Italia tak hanya berarti mereka berhasil membawa pulang trofi. Karena yang dikalahkan adalah Inter Milan, kemenanganIl Diavolo Rosso pun bermakna ganda.

Milan tampil sebagai juara Piala Super Italia tahun ini usai menaklukkan Inter dengan skor 2-1 dalam laga di Beijing National Stadium, Sabtu (6/8/2011).

Ini adalah trofi keenam Rossoneri di ajang Piala Super Italia. Artinya, mereka adalah peraih trofi terbanyak dia ajang ini. Mereka jadi juara pada tahun 1988, 1992, 1993, 1994, 2004, dan 2011.

Jalannya pertandingan

Inter lebih dulu mengancam pada menit kelima. Umpan Samuel Eto’o diteruskan oleh Sneijder dengan sepakan yang masih belum menemui sasaran.

Semenit kemudian, Milan gantian menekan. Menerima umpan dari Zlatan Ibrahimovic, Robinho melepaskan tembakan yang masih melenceng dari gawang Julio Cesar.

Kebuntuan pecah pada menit ke-22. Tendangan bebas Sneijder melengkung melewati pagar betis dan masuk ke gawang Christian Abbiati. Milan 0, Inter 1.

Gawang Abbiati kembali terancam pada menit ke-35. Namun, sepakan Ricky Alvarez dari dalam kotak penalti masih melambung.

Milan nyaris menyamakan skor beberapa saat kemudian. Sial buat Ibrahimovic, sundulannya masih menerpa mistar. Hingga turun minum, Inter tetap unggul 1-0.

Kedudukan sama kuat pada menit ke-58 setelah Milan menyamakan kedudukan. Gol ini diawali penetrasi Clarence Seedorf di kotak penalti usai menerima umpan Robinho. Seedorf kemudian melepas umpan silang ke mulut gawang. Sambil menjatuhkan diri, Ibrahimovic menyundul bola ke gawang kosong karena Cesar sudah meninggalkan sarangnya.

Milan berbalik unggul 11 menit kemudian. Dari sebuah proses serangan balik, Pato melepaskan tembakan yang tak bisa dijangkau Cesar, tapi masih mengenai mistar. Kevin-Prince Boateng datang dan menyambar bola rebound. Milan memimpin 2-1.

Inter sempat mencetak gol pada masa injury time lewat Eto’o. Namun, wasit menganulirnya karena pemain Kamerun itu sudah terjebak offside.

Hingga laga berakhir, skor 2-1 untuk Milan tetap awet. Piala Super Italia tahun ini pun jadi milik mereka.

Susunan pemain:
AC Milan: Abbiati, Abate, Nesta, Thiago Silva, Zambrotta, Gattuso (Ambrosini 75′), Van Bommel, Seedorf, Boateng (Emanuelson 81′), Robinho (Pato 61′), Ibrahomivic

Inter Milan: Julio Cesar; Ranocchia, Samuel, Chivu; Zanetti, Thiago Motta, Stankovic (Pazzini 74′), Obi (Castaignos 81′); Alvarez (Faraoni 63′), Sneijder, Eto’o. (detiksport)