Casey Stoner meraih kemenangan nomor lima musim ini. Hasil itu dicapai usai berturut-turut melewati Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo di MotoGP AS.

Di awal balapan, Senin (25/7/2011) dinihari WIB, Stoner yang start kedua dengan cepat sudah dilewati oleh rekannya di Repsol Honda, Pedrosa. Walhasil untuk sementar waktu, Stoner pun harus membayangi Pedrosa yang sedang mengejar pembalap Yamaha, Lorenzo.

Setelah lebih dari setengah balapan berjalan, Stoner akhirnya berhasil melewati Pedrosa untuk mengisi posisi dua. Dengan agresif, ia terus tancap gas memburu Lorenzo.

Setelah beberapa kali usahanya menemui kegagalan, Stoner akhirnya berhasil melewati Lorenzo dengan manuver mulus saat balapan menyisakan enam lap lagi. Posisi itu sukses ia jaga sampai garis finis.

Dengan hasil ini maka Stoner mempertahankan pemuncak klasemen dengan raihan 193 poin. Stoner pun sukses menambah jarak menjadi 20 poin dari Lorenzo yang berada di tangga kedua.

Hasil di Laguna Seca merupakan kemenangan nomor lima untuk Stoner musim ini. Sebelumnya ia menang di Qatar, Prancis, Catalunya dan Inggris Raya. Artinya, Stoner sukses memenangi separuh dari balapan yang sudah berjalan sejauh ini.

Jalannya Balapan

Jorge Lorenzo melakukan start dengan baik. Namun, Casey Stoner dan Dani Pedrosa menguntitnya dengan baik.

Setelah itu, Pedrosa dengan apik berhasil melewati Stoner untuk mengambil alih posisi dua balapan di tikungan pertama.

Dengan balapan masih menyisakan 29 lap, Lorenzo masih memimpin di depan dengan Pedrosa membayangi dengan ketat. Stoner sementara itu masih di posisi tiga.

Di lap empat ini, Cal Crutchlow juga harus out dari balapan usai terlempar dari motor saat menikung.

Valentino Rossi sejauh ini masih mampu mempertahankan posisi startnya di peringkat tujuh. Dengan 27 lap tersisa, ia dibayangi oleh Nicky Hayden.

Marco Simoncelli terjatuh! Pembalap yang start di posisi lima tersebut harus out dengan 25 lap tersisa. Sementara itu tiga pembalap terdepan masih diisi oleh Lorenzo, Pedrosa dan Stoner.

Lorenzo, Pedrosa dan Stoner kian menjauh dari para pembalap lain. Ketiganya saling berjarak tak jauh, dengan 23 lap tersisa. Sementara Andrea Dovizioso, rekan Pedrosa dan Stoner di Repsol Honda, ada di posisi empat diikuti Ben Spies dari Yamaha dan Rossi.

Di lap sembilan ini, pembalap wild card Ben Bostrom juga harus menelan kekecewaan karena harus “mampir” ke gravel dan out dari balapan.

Alvaro Bautista out dari balapan dengan 19 lap tersisa. Usai berakhir di gravel, ia pun berjalan dengan gontai.

Dengan 17 lap tersisa, Lorenzo masih terus dikejar oleh duo Repsol Honda, dengan Pedrosa berjarak paling dekat dengannya. Stoner sementara itu, yang ada di posisi tiga, bahkan sudah berjarak cukup jauh dari Dovizioso yang ada di posisi empat.

Gb

Stoner melewati Pedrosa dari bagian dalam tikungan corkscrew, dengan 14 lap tersisa! Stoner kini gantian memburu Lorenzo yang ada di depannya.

Dengan balapan menyisakan 12 lap lagi, Stoner tampak sangat agresif dalam mengejar Lorenzo. Pedrosa sementara itu terlihat mulai berjarak dari dua pembalap di depannya.

Memasuki delapan lap terakhir, Stoner masih terus mengancam Lorenzo. Sementara sedikit ke bagian belakang, Spies di posisi lima berusaha terus mengejar Dovizioso yang ada di depannya.

Stoner melewati Lorenzo! Tinggal enam lap tersisa dan Lorenzo kini gantian membayangi Stoner yang baru saja melewatinya dengan manuver luar biasa.

Pada akhirnya, manuver apik itu pun mengantar Stoner menjadi pemenang di Laguna Seca dengan Lorenzo berada di posisi dua. (detiksport)

Hasil Balapan MotoGP AS:
1. Casey Stoner AUS Repsol Honda 43m 52.145s
2. Jorge Lorenzo ESP Yamaha Factory Racing 43m 57.779s
3. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda 44m 1.612s
4. Ben Spies USA Yamaha Factory Racing 44m 12.707s
5. Andrea Dovizioso ITA Repsol Honda 44m 13.030s
6. Valentino Rossi ITA Ducati Marlboro 44m 22.496s
7. Nicky Hayden USA Ducati Marlboro 44m 23.176s
8. Colin Edwards USA Monster Yamaha Tech 3 44m 37.647s
9. Hector Barbera ESP Mapfre Aspar 44m 43.694s
10. Hiroshi Aoyama JPN San Carlo Honda Gresini 45m 0.995s
11. Karel Abraham CZE Cardion AB Motoracing 45m 1.277s
12. Loris Capirossi ITA Pramac Racing 45m 5.129s
13. Toni Elias ESP LCR Honda 44m 29.962s

Tidak Finish:
Alvaro Bautista ESP Rizla Suzuki
Ben Bostrom USA LCR Honda
Marco Simoncelli ITA San Carlo Honda Gresini
Cal Crutchlow GBR Monster Yamaha Tech 3

Klasemen Pembalap

Nama Tim Poin
Casey Stoner Honda 193
Jorge Lorenzo Yamaha 173
Andrea Dovizioso  Honda 143
Dani Pedrosa Honda 110
Valentino Rossi Ducati 108

Klasemen Konstruktor

Tim Motor Poin
Honda RC212V 145
Yamaha YZR_M1 114
Ducati GP11 76
Suzuki GSV-R 28