Lewis Hamilton berhasil memelihara kansnya jadi juara Formula 1 musim ini. Kombinasi apiknya dengan McLaren menghasilkan kemenangan kedua buat pembalap Inggris ini.

Memulai balapan di Sirkuit Nurburgring, Minggu (24/7/2011), dari posisi kedua, Hamilton langsung berhasil mencuri posisi terdepan. Dia mampu menggusur Webber.

Balapan di Nurburgring kental aroma adu strategi antara McLaren, Ferrari, dan Red Bull. Penentuan waktu pitstop benar-benar memegang peranan penting dalam jalannya lomba.

Meski banyak ditekan Fernando Alonso dan Webber, Hamilton tetap tak tergoyahkan. Ini jadi kemenangan keduanya musim ini setelah sebelumnya dia juga menang di China. Bagi McLaren, ini adalah kemenangan ketiga mereka musim ini.

Dalam balapan ini, Sebastian Vettel untuk pertama kalinya tidak naik podium pada musim ini karena cuma finis di posisi keempat. Sebelumnya, andalan Red Bull ini selalu menang atau menempati posisi kedua.

Hasil balapan tak menggoyahkan posisi Vettel di puncak klasemen pambalap. Dia mengumpulkan 216 poin, unggul 77 poin atas Webber di posisi kedua. Hamilton naik ke peringkat ketiga dengan 134 poin, menggeser Alonso yang punya empat poin lebih sedikit.

Jalannya balapan

Webber sudah harus kehilangan posisinya sesaat setelah start. Hamilton sukses melewatinya. Alonso juga sukses menggeser Vettel dari posisi ketiga.

Pada lap kedua, Alonso membuat kesalahan di sebuah tikungan. Hal ini dimanfaatkan oleh Vettel yang kembali menguasai posisi ketiga.

Hingga lap kelima, Hamilton masih cukup aman di posisi terdepan. Dia tercatat unggul 1,6 detik atas Webber.

Duel cukup seru terjadi antara Nico Rosberg dan Felipe Massa. Massa berulang kali mencoba merebut posisi kelima milik Rosberg, tapi belum berhasil.

Alonso kembali ke posisi ketiga pada lap kedelapan. Di sebuah tikungan, dia menyalip Vettel dari dalam. Selanjutnya, dia membidik Webber yang ada di depannya.

Vettel kehilangan banyak waktu setelah dia tergelincir di sebuah tikungan. Meski bisa kembali ke trek dan tak disalip pembalap lain, kini dia harus menghadapi tekanan dari Rosberg dan Massa.

Nick Heidfeld keluar dari balapan pada lap ke-12. Mobilnya ringsek setelah bersenggolan dengan Sebastien Buemi. Pada lap yang sama, Massa berhasil merebut posisi kelima dari tangan Rosberg.

Duel seru Webber dan Hamilton terjadi pada lap berikutnya. Webber sempat menyalip Hamilton di tikungan, tapi kehilangan posisi lagi setelah Hamilton melesat di lintasan lurus.

Saat ini, Hamilton, Webber, dan Alonso bersaing ketat. Jarak di antara ketiganya kurang dari satu detik.

Webber melakukan pitstop pada lap ke-15. Rombongan pembalap terdepan menyisakan Hamilton dan Alonso.

Hamilton, Alonso, dan Vettel masuk pit pada lap ke-17. Saat Hamilton dan Alonso keluar, Massa dan Webber melewati mereka. Dengan demikian, posisi terdepan kini dikuasai Massa, disusul Webber, Hamilton, dan Alonso.

Kondisi tersebut tak berlangsung lama. Massa masuk pit pada lap berikutnya dan membuat Webber jadi pemimpin balapan.

Hingga lap ke-28, posisi tiga besar tak berubah. Webber masih di depan, disusul Hamilton dan Alonso. Di belakang mereka ada Massa dan Vettel.

Webber melakukan pitstop kedua pada lap ke-30. Hamilton mengambil alih posisi pemimpin balapan. Pada lap berikutnya, giliran Alonso yang memimpin balapan karena Hamilton masuk pit.

Alonso juga masuk pit beberapa saat kemudian. Setelah keluar dari pit lane, dia gagal mempertahankan posisinya dari tekanan Hamilton. Posisi 1-3 kini diisi Hamilton, Alonso, dan Webber.

Jenson Button keluar dari lomba pada lap ke-36. Dia langsung masuk pit setelah mengalami masalah hidrolik.

Hamilton tampaknya makin nyaman di posisi terdepan. Hingga lap ke-38, dia unggul 3,1 detik atas Alonso yang duduk di posisi kedua.

Di luar posisi tiga besar, terjadi pertarungan sengit antara Massa dan Vettel. Mereka memperebutkan posisi keempat. Hingga lap ke-46, Massa masih mengungguli Vettel.

Memasuki sepuluh lap pamungkas, posisi Hamilton belum tergoyahkan. Dia unggul sekitar dua detik atas Alonso. Di belakang mereka ada Webber, Massa, dan Vettel.

Hamilton masuk pit untuk terakhir kalinya pada lap ke-52. Saat keluar, dia tergeser ke posisi ketiga. Alonso gantian memimpin lomba.

Alonso juga masuk pit pada lap berikutnya. Hal ini membuatnya melorot ke posisi ketiga di belakang Webber dan Hamilton.

Tiga lap jelang finis, giliran Webber yang masuk pit. Hamilton kembali ke posisi terdepan, disusul Alonso dan Webber.

Kejadian seru terjadi jelang lap terakhir saat Massa dan Vettel sama-sama masuk pit. Karena mekanik Red Bull bekerja lebih cepat, Vettel sukses menyalip Massa di pit. Duel memperebutkan posisi keempat akhirnya dimenangi sang juara bertahan.

Posisi tiga besar akhirnya tidak berubah. Hamilton finis paling cepat, disusul Alonso dan Webber. (detiksport)

Hasil balapan GP Jerman:
 1. Lewis Hamilton McLaren-Mercedes 1h37:30.334
2. Fernando Alonso Ferrari + 3.980
3. Mark Webber Red Bull-Renault + 9.788
4. Sebastian Vettel Red Bull-Renault + 47.921
5. Felipe Massa Ferrari + 52.252
6. Adrian Sutil Force India-Mercedes + 1:26.208
7. Nico Rosberg Mercedes + 1 lap
8. Michael Schumacher Mercedes + 1 lap
9. Kamui Kobayashi Sauber-Ferrari + 1 lap
10. Vitaly Petrov Renault + 1 lap
11. Sergio Perez Sauber-Ferrari + 1 lap
12. Jaime Alguersuari Toro Rosso-Ferrari + 1 lap
13. Paul Di Resta Force India-Mercedes + 1 lap
14. Pastor Maldonado Williams-Cosworth + 1 lap
15. Sebastien Buemi Toro Rosso-Ferrari + 1 lap
16. Heikki Kovalainen Lotus-Renault + 2 laps
17. Timo Glock Virgin-Cosworth + 3 laps
18. Jerome D’Ambrosio Virgin-Cosworth + 3 laps
19. Daniel Ricciardo HRT-Cosworth + 3 laps
20. Karun Chandhok Lotus-Renault + 4 laps

Tidak finis:
Vitantonio Liuzzi HRT-Cosworth
Jenson Button McLaren-Mercedes
Rubens Barrichello Williams-Cosworth
Nick Heidfeld Renault

Klasemen Pembalap

Nama Tim Poin
Sebastian Vettel Red Bull 216
Mark Webber Red Bull 139
Lewis Hamilton McLaren 134
Fernando Alonso Ferrari 130
Jenson Button McLaren 109

Klasemen Konstruktor

Tim Poin
 Red Bull 355
 McLaren 243
 Ferrari 192
 Mercedes 78
Renault 66
Iklan