Kali ini keberuntungan (dewi fortuna) kurang berpihak kepada Sebastian Vettel. Pembalap Red Bull tersebut harus merelakan gelar juara GP Kanada di Sirkuit Gilles Villeneuve kepada pembalap Mclaren, Jenson Button. Vettel sendiri harus puas berada di posisi runner-up.

GP Kanada berlangsung sangat dramatis, dari balapan yang diguyur hujan deras sehingga race sempat dihentikan hingga 2 jam lebih sampai terjadinya insiden melintirnya mobil Red Bull yang dikendarai Vettel di lap terakhir hingga dapat diselip oleh Button.

Button yang sukses keluar sebagai juara, tidak kalah dramatisnya. Memulai lomba di urutan keenam, dua kali mobilnya bersenggolan dengan Hamilton dan Alonso hingga mendapat penalti oleh pengawas lomba, Button tetap superior untuk melaju menuju kemenangan.

Ini merupakan kemenangan pertama Button musim ini, atau yang kedua buat Mclaren Mercedes. Tambahan 25 poin membuat Button melonjak ke posisi kedua dengan poin 101 di atas Webber dan di bawah Vettel.

Balapan di GP Kanada kemarin berlangsung dalam guyuran hujan yang deras. Fernando Alonso langsung mencoba menyalip Sebastian Vettel sesaat setelah race dimulai. Usaha tersebut gagal karena Vettel bisa mempertahankan posisinya. Di belakangnya terjadi insiden yang melibatkan Mark Webber dengan Lewis Hamilton. Keduanya bersenggolan dan membuat Red Bull milik Webber melintir berbalik arah, namun Webber tetap dapat melanjutkan lomba.

Nasib buruk dialami oleh Hamilton, sebelum out dari lomba, mobil Mclarennya sempat melebar dari lintasan saat ingin menyalip Michael Schumacher. Namun sesaat setelah itu, Hamilton benar-benar out dari lomba. Kerusakan suspensi serta ban belakangnya yang mengalami kerusakan parah akibat menyentuh bagian belakang mobil Button dan lalu menyerempet pembatas lintasan, pembalap Inggris tersebut harus bersabar untuk meraih gelar juara keduanya musim ini.

Hasil GP Kanada

Pembalap Team
Jenson Button Mclaren Mercedes
Sebastian Vettel Red Bull
Mark Webber Red Bull
Michael Schumacher Mercedes GP
Vitaly PetrovFelipe Massa

Kamui Kobayashi

Jaime Alguersuari

Rubens Barrichello

Sebastian Buemi

Lotus RenaultFerrari

Sauber – Ferrari

Toro Rosso

Williams Cosworth

Toro Rosso

Klasemen Pembalap

Tim Poin
Sebastian Vettel 161
Jenson Button 101
Mark Webber 94
Lewis Hamilton 85
Fernando AlonsoFelipe Massa

Vitaly Petrov

Nick Heidfeld

Michael Schumacher

Nico Rosberg

6932

31

29

26

26

Klasemen Konstruktor

Tim Poin
Red Bull 225
McLaren 186
Ferrari 101
Lotus – Renault 60
Mercedes GPSauber Ferrari

Toro Rosso – Ferrari

Force India – Mercedes

Williams Cosworth

5227

12

10

4

Iklan