Casey Stoner tak tertahankan di Moto GP Inggris. Setelah mendominasi sesi latihan dan kualifikasi, pembalap Repsol Honda itu menjadi yang tercepat pada lomba di Sirkuit Silverstone kemarin (12/6). Andalan Repsol Honda ini unggul cukup jauh atas Andrea Dovizioso dan Colin Edwards yang masing-masing menempati posisi kedua dan ketiga. Stoner finish terdepan dengan catatan waktu 47 menit 53,459 detik.

Sukses tersebut membuat Stoner berhasil Lorenzo di puncak klasemen sementara pembalap hingga balapan keenam dari 18 lomba di musim ini. Stoner mengoleksi 116 poin, unggul18 poin dari andalan Yamaha, Jorge Lorenzo di posisi kedua. Kemenangan di Silverstone adalah kemenang ketiga Stoner secara beruntun (hattrick) yang sebelumnya menang di Catalunya dan Prancis.

Memulai lomba di pole, Stoner sempat tertinggal di belakang Lorenzo dan rekan setimnya Dovizioso. Namun pergantian posisi pemimpin balapan terjadi beberapa saat kemudian. Dovizioso berhasil menyalip Lorenzo dan melesat di depan. Lorenzo pun sempat tercecer di posisi keempat pada lap kedua.

Di lap keempat Stoner sukses menyalip Dovizioso, disusul dibelakangnya Lorenzo, Simoncelli, Spies, Edwards, dan Hayden. Lorenzo berhasil menyalip kembali Simoncelli, namun Dovizioso yang berada di depannya selalu sukses menutup pergerakan Lorenzo untuk mendahuluinya, sehingga Stoner tenang untuk melesat sendirian di depan.

Saking ngototnya Lorenzo ingin mendahului Dovizioso, di lap kedelapan pembalap muda Spanyol itu tergelincir di lintasan yang basah di karenakan oleh hujan yang turun. Dan sebelumnya, rekan setimnya Ben Spies juga out dari lomba karena jatuh.

Di mana Valentino Rossi? The Doctor ada di posisi ketujuh, tertinggal cukup jauh dari pemimpin balapan.

Gb

Simoncelli menggusur Dovizioso dari posisi kedua. Tapi, hal ini tak berlangsung lama karena beberapa saat kemudian pembalap kribo ini juga jadi korban licinnya Sirkuit Silverstone. Dia tergelincir dan tak bisa melanjutkan balapan.

Dengan keluarnya Simoncelli, Edwards menyodok ke posisi ketiga. Dia disusul Hayden, Bautista, Rossi, dan Abraham. Stoner akhirnya menyelesaikan balapan paling awal. Kejayaan Honda dilengkapi dengan keberhasilan Dovizioso finish kedua.

Edwards mencatat hasil luar biasa di Silverstone. Dia bisa naik podium meski baru pekan lalu mengalami patah tulang di Catalunya.

Hasil Lomba Sirkuit Silverstone

Pembalap Team
Casey Stoner Repsol Honda
Andrea Dovizioso Repsol Honda
Colin Edwards  Yamaha Tech 3
Nicky Hayden Ducati
Alvaro Bautista

Valentino Rossi

Karel Abraham

Toni Elias

Hiroshi Aoyama

Loris Capirossi

Hector Barbera

Randy de Puniet

Rizla Suzuki

Ducati

Cardion Ducati

LCR Honda

Honda Gresini

Pramac Ducati

Aspar Ducati

Pramac Ducati

Klasemen Pembalap

Nama Team Poin
Casey Stoner Honda 116
Jorge Lorenzo Yamaha 98
Andrea Dovizioso  Honda 83
Dani Pedrosa Honda 61
Valentino Rossi

Daniel Pedrosa

Nicky Hayden

Hiroshi Aoyama

Colin Edward

Ben Spies

Karel Abraham

 Ducati

Repsol Hond

Ducati

Honda Gresini

Yamaha Tech 3

Yamaha

Cardion Ducati

68

61

60

43

37

36

33