Inter Milan menutup musimnya dengan sebuah trofi Coppa Italia. Pada partai final kontra Palermo, La Beneamata menang 3-1.

Dalam laga yang dihelat di Olimpico Stadium, Senin (30/5/2011) dinihari WIB, Inter memperoleh gol-golnya lewat dua gol Samuel Eto’o dan Diego Milito.

Satu gol hiburan Palermo dicetak Ezequiel Munoz dan sialnya ia harus menerima kartu merah semenit setelah mencetak gol.

Bagi Inter, gelar Coppa Italia ini adalah hiburan bagi mereka setelah gagal mempertahankan Scudetto dan Liga Champions. Sedangkan untuk Leonardo ini adalah gelar pertama dalam karier kepelatihannya.

Jalannya pertandingan

Palermo mengancam lebih dulu di menit ke-2 saat tembakan Abel Hernandez hanya menyamping di sisi gawang Julio Cesar.

Inter masih dalam tekanan ketika di menit ke-20 Javier Pastore dari sayap kanan menusuk ke kotak penalti dan melepaskan tembakan kaki kiri yang masih melayang di atas mistar gawang.

Peluang bersih pertama Inter langsun berbuah gol lewat Eto’o di menit ke-27. Memanfaatkan kerja sama antara Thiago Motta dan Wesley Sneijder di mana nama terakhir memberikan umpan terukur pada Eto’o.

Sambil dibayangi Matteo Cassani, Eto’o melepaskan tembakan terukur ke gawang Salvatore Sirigu.

Empat menit sebelum babak pertama usai kemelut di depan gawang Inter dan bola liar mengarah ke Hernandez, yang langsung menyepak bola dan tepat mengarah ke pelukan Cesar.

Skor 1-0 bertahan hingga turun minum untuk keunggulan Inter.

Pada menit ke-59 sundulan dari Fabrizio Miccoli memaksimalkan crossing dengan susah payah ditepis Cesar.

Palermo di babak kedua masih memegang kendali permainan dan banyak memberi tekanan ke gawang Inter.

Eto’o! Inter menggandakan keunggulan di menit ke-77. Lagi-lagi kombinasi Sneijder dan Eto’o memberikan duka untuk Palermo. Kali ini Eto’o yang lolos dari jebakan offside setelah menerima umpan rekannya itu, dengan mudah mengirimkan bola ke tiang jauh gawang Sirigu.

Tembakan melengkung Sneijder dari luar kotak penalti pada menit ke-86 masih bisa dijinakkan Sirigu.

Pada menit ke-88 Palermo berhasil mencetak gol melalui Munoz. Dari sebuah sepak pojok, Munoz yang tak terkawal dengan mudah menanduk bola ke jala Cesar.

Semenit setelahnya Munoz harus diusir keluar wasit karena menerima kartu kuning kedua, usai melanggar McDonald Mariga.

Di masa injury time, Milito yang masuk sebagai pemain pengganti berhasil menjebol gawang Sirigu. Umpan silang datar Pandev dari sayap kiri berhasil diceploskan Milito ke jala Palermo.

Skor 3-1 pun membuat Inter meraih trofi Coppa Italia.

Susunan pemain

Inter: Julio Cesar; Nagatomo, Lucio, Ranocchia, Chivu; Zanetti, Thiago Motta (Mariga 82′), Stankovic; Sneijder (Milito 87′); Pazzini (Pandev 61′), Eto’o

Palermo: Sirigu; Cassani, Munoz, Goian (Carrozzieri 24), Balzaretti; Migliaccio, Acquah (Miccoli 55′), Nocerino; Pastore, Ilicic; Hernandez (Pinilla 79′)

Iklan