Sebastien Vettel memulai musim Formula 1 yang baru dengan gemilang. Tak terbendung sejak awal balapan GP Australia, dia finis pertama dengan menaklukkan perlawanan Lewis Hamilton dan Vitali Petrov.

Balapan yang digelar di sirkuit Albert Park, Minggu (27/3/2/2011) siang WIB, Vettel start di posisi terdepan hasil dari kualifikasi kemarin, diikuti oleh Hamilton, Mark Webber, Jenson Button dan Fernando Alonso.

Nyaris posisi Vettel di urutan pertama tak terganggu oleh rivalnya dan ia pun sempat mencatatkan selisih waktu dengan Hamilton di posisi kedua hingga 13,6 detik. Ia pun berhasil mempertahankan posisinya dan jadi pembalap pertama yang melihat cheqeured flag.

Hamilton masuk di posisi kedua dan Petrov melengkapi podium. Bagi Petrov ini adalah raihan terbaiknya sejak mengikuti F1 musim lalu sekaligus jadi podium pertama pembalap asal Rusia itu.

Dalam balapan ini sempat terjadi insiden antara Felipe Massa dan Button terkena penalti di lap ke-15. Alonso dan Webber finis berurutan untk melengkapi lima besar.

Jalannya balapan

Balapan dimulai! Vettel langsung melesat di urutan pertama diikuti Hamilton dan Webber. Kejutan dibuat Petrov yang menyodok ke urutan keempat. Sementara Alonso melakukan kesalahan saat start yang membuatnya melorot ke posisi ke-9. Massa ke posisi kelima dan bersaing ketat dengan Button.

GB

Lima lap berlalu Alonso akhirnya mampu naik dua strip ke urutan ke-7 setelah menyalip Nico Rosberg dan Kamui Kobayashi. Sementara enam posisi teratas masih sama dengan Massa dan Button masih beradu cepat di posisi ke-5 dan ke-6.

Di lap ke-12 Massa yang terlalu lebar saat di tikungan membuat Button berhasil menyalipnya di posisi ke-5. Kemudian Alonso menyalip rekannya tersebut untuk masuk di posisi ke-6 dan Massa melorot ke urutan ke-7.

Namun overtake yang dilakukan Button itu kemudian dikabarkan akan mendapat investigasi dari steward karena dinilai ilegal. Yang memang akhirnya terbukti mendapat penalti di lap ke-15 karena insidennya dengan Massa.

Di lap ke-18 Vettel kembali merebut posisi terdepan setelah sempat turun akibat masuk pit stop. Ia dikuntit Hamilton, Webber, Petrov, Alonso, Button, Massa, Perez, Rosberg dan Kobayashi. Satu lap kemudian Vettel melajukan gasnya dan membuat jarak 6,5 detik dengan Hamilton.

Pada lap ke-21 posisi berubah terkait penalti yang didapatkan Button di mana Vettel masih memimpin lomba diikuti Hamilto, Webber, Petrov, Alonso, Massa, Perez, Rosberg, Barrichello, Kobayashi. Button di urutan ke-12.

Di lap ke-24 Barrichello dan Rosberg kehilangan posisinya di 10 besar karena saling bersenggolan. Michael Schumacher harus out dari balapan karena masalah mesin pada mobilnya dan Mercedes GP harus menghentikan balapannya setelah Rosberg ikut keluar.

Masuk di lap ke-28 Vettel masih memimpin lomba dengan diikuti Hamilton, Petrov, Alonso, Massa, Webber dan Button. Selang satu lap posisi Alonso melorot ke urutan ke-6 setelah pembalap Spanyol itu masuk ke pit stop.

Masuk di lap ke-35 Vettel makin menjauhkan diri dari kejaran Hamilton dengan selisih mencapai 13,6 detik. Hamilton beberapa lap sebelumnya sempat mengalami masalah pada ban. Petrov, Webber dan Alonso melengkapi posisi lima besar.

Di lap ke-40 Vettel masih memimpin lomba dengan selisih 9,5 detik dari Hamilton. Webber kini menempati posisi ketiga dan setia dikuntit oleh Alonso. Tiga lap kemudian Petrov menyalip Alonso dan Webber di posisi ketiga setelah keduanya masuk pit stop.

Tersisa 10 lap pertarungan antara Alonso dan Webber semakin ketat untuk memperebutkan posisi ke-4 dengan Vettel masih memimpin lomba. Sementara Button berhasil menyalip Massa di tikungan untuk duduk di posisi ke-6.

Masuk di lap terakhir Vettel pun tak tertahankan untuk memenangi seri pertama musim ini. Hamilton masuk di posisi kedua dan Petrov membuat kejutan dengan menempati podium terakhir. Usaha keras Alonso hanya berbuah posisi keempat dan Webber menguntit di posisi kelima.

KLASEMEN PEMBALAP

Nama Tim Poin
Sebastian Vettel Red Bull 25
Lewis Hamilton McLaren 18
Vitali Petrov Renault 15
Fernando Alonso Ferrari 12
Mark Webber

Jenson Button

Sergio perez

Kamui Kobayashi

Felipe Massa

Sebastian Buemi

Red Bull

Mclaren

Sauber

Sauber

Ferrari

Toro Rosso

10

8

6

4

2

1

KLASEMEN KONSTRUKTOR

Tim Poin
Red Bull 35
McLaren 26
Renault 15
Ferrari 14
Sauber

Toro Rosso

10

1

 

Iklan