Alexandre Pato jadi bintang kemenangan AC Milan saat melawat ke Sampdoria di babak perempatfinal Coppa Italia. Dua gol yang dia ciptakan mengantar Rossonerimemetik kemenangan 2-1.

Dalam pertandingan yang dilangsungkan di Stadio Luigi Ferraris, Kamis (27/1/2011) dinihari WIB, tim tamu unggul dua gol lebih dulu melalui aksi Pato di menit 17 dan 21. Gol balasan Il Samp datang dari Stefano Guberti di menit 51.

Kemenangan ini mengantar Milan masuk babak semifinal dan akan menghadapi Palermo, yang pada laga sehari sebelumnya menang adu penalti atas Parma dengan 5-4.

Laga ini juga menjadi debut buat dua pemain baru Milan. Seperti janjinya, Allegri memainkan Mark Van Bommel dan Urby Emanuelson sebagai starter dalam laga tersebut.

Jalannya Pertandingan

Milan langsung menggebrak dengan gol yang dilesakkan Robinho di menit tujuh saat dia meneruskan umpan yang dilepas Emanuelson. Namun wasit langsung membatalkannya lantaran pesepakbola asal Brasil itu berada dalam posisi offside.

Tak lama berselang gantian Robinho yang mengreasikan peluang buat Alexander Merkel, sepakan first time pemain muda Jerman itu dengan sigap masih bisa diblok Angelo Palombo. Di menit 17 Milan akhirnya bisa membuka keunggulan melalui Pato.

Bermula dari tendangan sudut pendek dari Robinho pada Merkel, bola kemudian di-crossing oleh nama yang disebut belakangan. Si kulit bundar sempat menyentuh kepala Thiago Silva untuk kemudian disambar oleh Pato ke dalam gawang.


Pato hanya butuh empat menit untuk mencetak gol keduanya. Bermula dari keberhasilan Emanuelson mencuri bola dari kaki pemain lawan, bola kemudian disodorkan pemain Belanda itu pada Pato, yang dengan tenang memperdaya kiper Il Samp dan mengubah kedudukan jadi 2-0.

Sampdoria baru bisa mengancam gawang Milan di menit 27 saat umpan satu-dua Federico Macheda dengan Reto Ziegler berujung tendangan yang bisa ditepis kiper Roma. Peluang lain Macheda datang di menit 32 saat dia lolos dari jepitan dua pemain Milan namun tendangannya melebar dari sasaran.

Babak kedua baru berjalan enam menit saat Sampdoria bisa memperkecil ketinggalan. Umpan diagonal yang dilepaskan Massimo Maccarone tepat mengarah ke kepala Guberti, yang berhasil membelokkan bola ke arah tiang jauh dan melesak ke dalam gawang Milan.

Berhasil memperkecil ketinggalam kubu Sampdoria makin gencar membangun serangan. Di menit 62 tuan rumah punya dua peluang beruntun saat sepakan Macheda masih terhalang Roma, upaya rebound yang dilakukan Maccarone juga tak membuahkan hasil.

Milan sendiri bukannya tanpa peluang, lewat serangan balik Robinho nyaris mencetak gol ketiga Diavolo Rosso, Andai sepakannya tidak dihadang kiper Junior Costa.

Tak mau terus ditekan di sisa pertandingan, Milan bahkan melakukan pergantian di lini depannya. Pato keluar dan digantikan Zlatan Ibrahimovic, sementara Antonio Cassano juga diberi kesempatan melakukan reuni setelah dipasang menggantikan Robinho.

Cassano, yang banyak mendapat sorakan saat masuk lapangan, nyaris menjebol gawang mantan timnya. Sepakan yang dia lakukan dari luar lapangan di masa injury time melenceng tipis dari sasaran.


Skor 2-1 tak berubah hingga wasit meniup peluit panjang. Milan menang dan melangkah ke babak semifinal.

Susunan Pemain

Sampdoria: Da Costa; Volta, Accardi, Zauri, Ziegler; Palombo, Poli (Tissone 65), Mannini (Koman 72), Guberti; Maccarone, Macheda

Milan: Roma; Yepes, Sokratis, Oddo, Antonini (Jankulovski 80); Van Bommel, Emanuelson, Thiago Silva; Merkel; Pato (Ibrahimovic 87), Robinho (Cassano 78).  (detiksport.com)

Video