Peluang Fernando Alonso untuk mencuri gelar juara dunia 2010 semakin terbuka saat pembalap asal Spanyol itu menjuarai di sirkuit jalanan Singapura setelah berhasil membendung tekanan dari Sebastian Vettel (Red Bull) dari awal sampai akhir putaran ke-61

Dengan kemenangan itu Alonso pun berhasil menyalip Hamilton ke posisi dua klasemen pembalap sementara, karena Hamilton gagal finish setelah mobil Mclarennya bersenggolan dengan Mark Webber saat berusaha menyalipnya. Dari rekaman video jelas menunjukkan bahwa posisi Hamilton sedikit di depan Webber saat keduanya bersentuhan. Jadi sebenarnya, Webber bisa mendapatkan hukuman, namun pada akhirnya tidak ada hukuman apa-apa yang didapatkan Webber meskipun pengawas perlombaan sempat membicarakan insiden tersebut.

Tanpa sanksi yang diberikan kepada Webber membuat pembalap Red Bull tersebut sedikit bisa bernafas lega karena poinnya tidak terlalu beresiko kehilangan banyak sehingga bisa didekati Alonso, karena Webber berhasil finis ketiga di belakang rekan setimnya (Vettel).

Memasuki lomba ini, sebenarnya Hamilton-lah pesaing utama Webber di klasemen pembalap. Kini, Hamilton melorot ke posisi tiga tertinggal 20 poin dari Webber. Namun, persaingan gelar juara dunia masih terbuka bagi Hamilton, masih ada 4 lomba tersisa dan 100 poin maksimal yg ada. Bukan hanya Hamilton yang masih punya peluang untuk menjadi juara dunia, Vettel dan Button pun masih punya kans untuk memperbutkannya.

Memulai lomba dari pole position, Alonso memang harus bekerja keras untuk bertahan di posisi terdepan. Vettel yang start dari posisi kedua, terus memberi tekanan sampai akhir lomba. Keduanya terus bergantian mencatat fastest lap, memaksakan diri tanpa sekalipun membuat kesalahan.

Di akhir lomba, Vettel berupaya keras mengganggu konsentrasi pembalap Spanyol tersebut, namun akhirnya Vettel harus puas finis di tempat kedua, meski perbedaan waktu hanya terpaut 0,2 detik di belakang Alonso.

Hasil GP Singapura

  1. Fernando Alonso, Ferrari
  2. Sebastian Vettel, Red Bull-Renault
  3. Mark Webber, Red Bull-Renault
  4. Jenson Button, Mclaren-Mercedes
  5. Nico Rosberg, Mercedes GP
  6. Rubens Barrichello, Williams-Cosworth
  7. Robert Kubica, Renault
  8. Nico Hulkenberg, Williams Cosworth
  9. Felipe Massa, Ferrari
  10. Adrian Suttil, Force India-Mercedes*

Fastest Lap: Alonso (1 Menit 47,976 Detik)

Catatan: * Suttil seharusnya finis kedelapan, karena kena penalti 20 detik akibat memotong tikungan pada lap pertama, ia melorot ke posisi sepuluh)

Klasemen pembalap

  1. Mark Webber, 202 poin
  2. Fernando Alonso, 191 poin
  3. Lewis Hamilton, 182 poin
  4. Sebastian Vettel, 181 poin
  5. Jenson Button, 177 poin
  6. Felipe Massa, 126 poin
  7. Nico Rosberg, 122 poin
  8. Robert Kubica, 114 poin
  9. Adrian Suttil, 46 poin
  10. Michael Schumacher, 46 poin

Klasemen Konstruktor

  1. Red Bull-Renault, 383 poin
  2. Mclaren-Mercedes, 359 poin
  3. Ferrari, 317 poin
  4. Mercedes GP, 168 poin
  5. Renault, 133 poin
  6. Force India-Mercedes, 59 poin
  7. Williams-Cosworth, 59 poin
  8. Sauber-Ferrari, 27 poin
  9. Toro Rosso-Ferrari, 10 poin