Brno – Jorge Lorenzo terus menjaga performa bagusnya musim ini. Dia kembali hadir di podium juara usai finis paling pertama di Brno. Ini adalah podium pertama ketujuhnya musim ini.

Laju Lorenzo menuju takhta juara dunia MotoGP masih oke seiring dengan kemenangan teranyar untuknya di MotoGP Republik Ceko, Minggu (15/8/2010) malam WIB.

Untuk Lorenzo, kemenangan di seri ke-10 itu membuatnya belum pernah absen dari podium musim ini. Raihan terburuknya untuk sementara bahkan adalah finis di posisi dua, karena dia selalu finis di posisi pertama dan kedua.

Dengan kemenangan tersebut, Lorenzo kokoh di pucuk klasemen MotoGP dengan poin 235. Dia diikuti oleh Dani Pedrosa di posisi dua dengan 158 poin, setelah si pembalap Honda sukses finis kedua di Brno.

Podium terakhir di Brno dikuasai oleh Casey Stoner yang berhasil finis di posisi tiga. Sementara itu juara bertahan Valentino Rossi hanya finis di posisi lima.

Jalannya Balapan

Pedrosa start dengan baik dan masih memimpin dari Ben Spies dan Jorge Lorenzo. Tapi Pedrosa kemudian lengah dan membuat posisi terdepan balapan dikuasai Lorenzo, diikuti Spies dan Pedrosa.

Di akhir putaran pertama, tiga pembalap terdepan itu diikuti oleh Casey Stoner, Andrea Dovizioso, Nicky Hayden. Sementara itu Valentino Rossi yang start dengan buruk dan kini ada di posisi delapan setelah mengawali balapan dari posisi lima.

Di awal lap 2, Loris Capirossi sudah harus out dari balapan setelah berakhir di gravel. Pedrosa sementara itu berhasil naik ke posisi dua.

Pedrosa terus mengancam Lorenzo dengan diikuti Spies tak jauh di belakangnya. Memasuki lap ketiga, perubahan terjadi di belakang tiga pembalap terdepan dengan Dovizioso ada di posisi empat usai melewati Stoner yang kini ada di tempat lima.

Dovizioso jatuh di lintasan! Dovizioso pun harus berlari ke tepi lintasan untuk menghindari laju empat pembalap yang tepat ada di belakangnya. Untungnya dia tak apa-apa. Stoner kini naik ke posisi empat, sementara Rossi sudah ada di posisi enam.

Di lap lima, Lorenzo dan Pedrosa berjarak tak jauh untuk berebut posisi pertama. Spies mengintai di belakang keduanya. Stoner membuntuti tiga pembalap terdepan itu dan keempat pembalap ini memiliki jarak cukup jauh dari para pembalap lainnya.

Memasuki lap tujuh, belum ada perubahan berarti. Lorenzo masih memimpin dengan ditempel Pedrosa, dan mereka diikuti Spies dan Stoner. Rossi masih berjuang di posisi lima, di depan Hayden dan Colin Edwards.

Stoner mulai mengancam posisi Spies pada lap delapan. Dia berhasil melewati Spies usai memanfaatkan bagian dalam tikungan ke kanan. Stoner kini menempati posisi tiga.

Lorenzo kian menjauh dari Pedrosa pada lap 11, dan keduanya pun kian meninggalkan para pesaingnya. Pedrosa kini bahkan berjarak nyaris enam detik dari Stoner yang ada di posisi tiga.

Tak banyak kejutan dan manuver terjadi lagi, saat balapan tinggal menyisakan tujuh lap. Lorenzo melaju dengan meyakinkan menuju podium pertama nomor tujuhnya musim ini. Lorenzo pun akhirnya finis paling depan dengan jarak cukup jauh dari Pedrosa yang ada di posisi dua.

Hasil GP Ceko

1. Jorge Lorenzo ESP Fiat Yamaha Team 43m 22.638s
2. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team 43m 28.132s
3. Casey Stoner AUS Ducati Marlboro Team 43m 34.064s
4. Ben Spies USA Monster Yamaha Tech 3 43m 36.361s
5. Valentino Rossi ITA Fiat Yamaha Team 43m 40.568s
6. Nicky Hayden USA Ducati Marlboro Team 43m 49.453s
7. Colin Edwards USA Monster Yamaha Tech 3 43m 56.034s
8. Marco Melandri ITA San Carlo Honda Gresini 44m 2.044s
9. Hector Barbera ESP Paginas Amarillas Aspar 44m 2.277s
10. Randy de Puniet FRA LCR Honda MotoGP 44m 3.531s
11. Marco Simoncelli ITA San Carlo Honda Gresini 44m 4.670s
12. Aleix Espargaro ESP Pramac Racing 44m 9.729s
13. Alex de Angelis RSM Interwetten Honda MotoGP 44m 14.006s

Tidak Finis:
Alvaro Bautista ESP Rizla Suzuki MotoGP
Mika Kallio FIN Pramac Racing
Andrea Dovizioso ITA Repsol Honda Team
Loris Capirossi ITA Rizla Suzuki MotoGP