Laguna Seca – Jorge Lorenzo kian dekat ke takhta juara dunia usai memenangi balapan di MotoGP AS. Valentino Rossi hanya finis di posisi tiga, tapi tetap istimewa karena inilah podium pertamanya pasca cedera.

Dua pembalap Yamaha itu sama-sama meraih hasil yang pantas diacungi jempol di Laguna Seca, Senin (26/7/2010) dinihari WIB. Lorenzo sebenarnya mengawali balapan dengan kurang oke setelah langsung kehilangan posisi terdepan dari Dani Pedrosa.

Sempat terlempar beberapa tempat ke belakang, Lorenzo kemudian terus menyalip para pembalap yang ada di depannya, termasuk Casey Stoner, untuk memberikan tekanan buat Pedrosa.

Tekanan itu berbuah setelah pada lap 11 Pedrosa membuat kesalahan dalam menikung. Si pembalap Honda terlempar dari motornya, berakhir di tepi lintasan dan out dari balapan.

Ini dimanfaatkan sepenuhnya oleh Lorenzo. Bukan hanya memimpin balapan, dia juga berhasil melebarkan jarak dari para rivalnya dan finis dengan nyaman di posisi terdepan, dengan Stoner finis kedua.

Ini adalah kemenangan keenam Lorenzo musim ini, membuatnya kian berpeluang menjadi juara dunia. Lorenzo kini memimpin klasemen dengan 210 poin, memimpin 72 angka dari Pedrosa yang ada di posisi dua.

Rossi melengkapi kebahagiaan Fiat Yamaha setelah finis di posisi tiga usai melewati Andrea Dovizioso beberapa lap sebelum garis finis. Capaian ini terbilang luar biasa mengingat baru tujuh pekan lalu dia mengalami cedera parah di kakinya.

Untuk Rossi, finis ketiga di Laguna Seca ini juga merupakan podium yang pertama untuknya setelah kembali ke lintasan pasca cedera. Sebelum ini dia hanya finis keempat di MotoGP Jerman –yang dimenangi Pedrosa.

Jalannya Balapan

Dani Pedrosa langsung memimpin balapan selepas start. Sekali lagi start bagus dari Pedrosa. Stoner sementara itu sukses mempertahankan posisi dua, dengan Ben Spies sukses menyodok ke posisi tiga.

Jorge Lorenzo berhasil memperbaiki posisi dengan menempati posisi tiga, menggeser Spies ke posisi empat, di akhir lap pertama. Andrea Dovizioso melengkapi lima pembalap tercepat di lap awal.

Alvaro Bautista tampak sudah terlempar dari motornya di akhir lap kedua. Valentino Rossi kemudian memperbaiki posisi dengan menempati posisi lima di lap ketiga. Dovizioso ada di depannya sementara Spies mulai tercecer.

Hector Barbera menyusul Bautista untuk out dari balapan pada lap keempat. Lima posisi terdepan sementara belum berubah, Pedrosa diikuti Stoner, Lorenzo, Dovizioso dan Rossi.

Lorenzo akhirnya mengambil alih posisi dua dari Stoner. Saat menikung ke kanan, Stoner meluncur terlalu keluar membuat Lorenzo berhasil melewatinya dari posisi dalam.

Sepuluh lap sudah terlewati, tiga pembalap terdepan, Pedrosa, Lorenzo dan Stoner mulai menambah rentang jarak dari para rivalnya. Dovizioso sementara itu masih ada di posisi empat diikuti Rossi yang terus berusaha memangkas selisih.

Pedrosa terlempar dari motornya! Di tikungan ke kiri saat lap 11, si pembalap Spanyol keluar dari lintasan sangat mungkin akibat salah kalkulasi ketika membelok. Lorenzo kini memimpin balapan.

Akibat keluarnya Pedrosa, Lorenzo ada di depan diikuti Stoner, Dovizioso dan Rossi yang sedang dibuntuti oleh Nicky Hayden si pembalap tuan rumah.

Tinggal 15 lap lagi yang tersisa, belum ada perubahan pada posisi terdepan. Lorenzo masih memimpin dengan rentang cukup nyaman dari Stoner. Rossi masih mengejar Dovizioso sementara Hayden dan Spies berusaha menyalip Rossi.

Giliran Marco Simoncelli yang out dari balapan. Dia harus menyudahinya di lap 19. Di lintasan, Spies lantas melewati Hayden dengan 12 lap tersisa. Dia kini membuntuti Rossi dari posisi lima.

Lima lap tersisa, Rossi berhasil melewati Dovizioso! Rossi kini ada di posisi ketiga dan di jalur menaiki podium pertamanya usai kembali dari cedera.

Hasil Moto GP AS:
1.  Jorge Lorenzo     Yamaha              43m54.873s
2.  Casey Stoner      Ducati                + 3.517s
3.  Valentino Rossi   Yamaha               + 13.420s
4.  Andrea Dovizioso  Honda                + 14.188s
5.  Nicky Hayden      Ducati               + 14.601s
6.  Ben Spies         Tech 3 Yamaha        + 19.037s
7.  Colin Edwards     Tech 3 Yamaha        + 40.721s
8.  Marco Melandri    Gresini Honda        + 47.219s
9.  Loris Capirossi   Suzuki               + 52.812s
10.  Mika Kallio       Pramac Ducati        + 52.814s
11.  Alex de Angelis   Interwetten Honda  + 1m14.089s
12.  Roger Lee Hayden  LCR Honda          + 1m14.666s

Tidak Finish:
Aleix Espargaro   Pramac Ducati      28 laps
Marco Simoncelli  Gresini Honda      18 laps
Dani Pedrosa      Honda              11 laps
Hector Barbera    Aspar Ducati       3 laps
Alvaro Bautista   Suzuki             3 laps

Klasemen Pembalap:

1. Jorge Lorenzo 210 poin

2. Dani Pedrosa 138 poin

3. Andrea Dovizioso 115 poin

4. Casey Stoner 103 poin

5. Valentino Rossi 90 poin

6. Nicky Hayden 89 poin

7. Ben Spies 77 poin

8. Randy de Puniet 69 poin

9. Marco Melandri 53 poin

10. Marco Simoncelli 49 poin

11. Colins Edward 48 poin

12. Hector Barbera 41 poin

13. Loris Capirossi 37 poin

14. Aleix Espargaro 31 poin

15. Mika Kalio 30 poin

16. Alvaro Bautista 25 poin

17. Hiroshi Aoyama 18 poin