Hockenheim – Fernando Alonso akhirnya memenangi balapan di Sirkuit Hockenheimring, Minggu (25/7/2010) malam WIB. Namun, benarkah dirinya menang akibatteam order dari Ferrari.

Dalam balapan tersebut, duo Ferrari langsung dominan sejak awal lomba. Alonso dan Felipe Massa sukses mengambil alih jalannya lomba dari Sebastian Vettel yang tampil menempati pole position. Massa berada di depan, diikuti Alonso di belakangnya.

Namun, ada dugaan Massa memberikan posisi terdepan kepada Alonso pada lap ke-49. Indikasinya adalah perintah dari mekanik Massa, Rob Smudley, di lap ke-47. Kala itu Smudley mengatakan kepada Massa, “Alonso lebih cepat darimu. Apakah kamu mengerti maksud dari pesan ini?”

Massa pun seperti tak melawan kala Alonso menyalipnya.

Alonso kemudian melenggang dan akhirnya memenangi balapan ini. Massa, yang belum pernah menang lagi sejak GP Brasil 2008, akhirnya harus puas finis di urutan dua.

Jalannya Balapan

Start bagus dilakukan duo Ferrari. Sebastian Vettel yang memulai balapan dari pole mencoba memepet Fernando Alonso yang start dari posisi kedua.

Namun upaya pembalap Jerman itu justru sia-sia. Ia malah harus turun ke urutan ketiga. Tempat kedua dipertahankan Alonso. Sementara itu pembalap Ferrari yang lain, Felipe Massa berhasil memanfaatkan situasi untuk merebut posisi terdepan.

Bendera kuning dikibarkan beberapa saat setelah start karena tabrakan antara duo Toro Rosso. Sayap belakang Sebastien Buemi lepas, begitu pula dengan sayap depan Jamie Alguersuari sehingga mereka pun harus masuk pit.

Sementara itu di depan, Lewis Hamilton berhasil melewati Mark Webber untuk menempati posisi empat. Dia kini berada di belakang Vettel.

Massa yang berada di posisi terdepan terus mengggeber mobilnya. Untuk sementara, dia berhasil unggul hingga 1,5 detik atas Alonso.

Memasuki lap ke-15, Button ganti mengambil alih balapan. Ini terjadi usai pembalap-pembalap yang semula melaju di posisi depan masuk pit stop untuk mengganti ban. Pembalap McLaren itu dibuntuti oleh duo Ferrari.

Button pun sempat unggul 4,3 detik atas Massa di lap 21. Sementara itu, Alonso yang berada di belakang Massa, masih mencari-cari kesempatan untuk menyalip dan naik ke urutan dua.

Button akhirnya masuk pit satu lap kemudian, membuat dua posisi terdepan dikuasai oleh duo Ferrari. Sekeluarnya dari pit, Button berada di posisi lima; di depan Webber, namun di belakang Hamilton.

Massa masih mengungguli Alonso pada lap ke-23. Di belakang keduanya ada Vettel, Hamilton, Button dan Webber berurutan. Pada lap ini, Massa berhasil unggul hingga 1,8 detik atas Alonso.

Massa masih terus memimpin sampai lap ke-28. Dari radio tim, terdengar instruksi. “Teruslah seperti ini, kau bisa menang,” demikian ucap Ferrari kepada Massa.

Tiga puluh lap balapan berlangsung, tiga urutan terdepan masih ditempati oleh Massa, Alonso dan Vettel. Iring-iringan keduanya dijaraki waktu 15 detik atas Hamilton, Button dan Webber.

Hamilton masih ngotot untuk mengejar posisi tiga; yang berarti tempat di podium. Ia terus memangkas waktunya hingga akhirnya “hanya” berjarak 10 detik di belakang Vettel. Masih terlalu jauh untuk Hamilton.

Sementara itu, Massa masih belum bisa dilalui oleh Alonso. Malahan pembalap asal Brasil itu makin cepat. Massa kini unggul 3,2 detik atas Alonso.

Namun, dominasi Massa hanya sampai pertengahan balapan saja. Tepat pada lap ke-49, Alonso akhirnya menyalip dan mengambil alih pimpinan balapan. Ada indikasi bahwa Ferrari melakukan team order mengingat Massa tak terlihat melakukan perlawanan ketika disalip.

Indikasi Ferrari melakukan team order terkait pada percakapan di radio tim dua lap sebelumnya. Mekanik Massa, Rob Smudley mengatakan, “Alonso lebih cepat darimu. Apakah kamu mengerti maksud dari pesan ini?” Smudley seperti memberikan “kode” bahwa Massa diminta minggir.

Alonso sendiri beberapa kali mencetak fastest lap, menandakan bahwa dirinya memang lebih cepat dari Massa.

Pada akhirnya, Alonso terus mempertahankan posisinya atas Massa dalam rata-rata keunggulan hingga tiga detik. Pembalap asal Spanyol ini akhirnya memenangi balapan dengan Massa berada di belakangnya. Sedangkan Vettel finis di posisi tiga untuk melengkapi podium. (detiksport)

Hasil  GP Jerman:
1.  F. Alonso        Ferrari                    1:28:38.866
2.  F. Massa         Ferrari                    +4,196
3.  S. Vettel        Red Bull-Renault           +5,121
4.  L. Hamilton      McLaren-Mercedes           +26,896
5.  J. Button        McLaren-Mercedes           +29,482
6.  M. Webber        Red Bull-Renault           +43,606
7.  R. Kubica        Renault                    +1 lap
8.  N. Rosberg       Mercedes                   +1 lap
9.  M. Schumacher    Mercedes                   +1 lap
10.  V. Petrov        Renault                    +1 lap
11.  K. Kobayashi     Sauber-Ferrari             +1 lap
12.  R. Barrichello   Williams-Cosworth          +1 lap
13.  N. Hulkenberg    Williams-Cosworth          +1 lap
14.  P. De la Rosa    Sauber-Ferrari             +1 lap
15.  J. Alguersuari   Toro Rosso-Ferrari         +1 lap
16.  V. Liuzzi        Force India-Mercedes       +2 laps
17.  A. Sutil         Force India-Mercedes       +2 laps
18.  T. Glock         Virgin-Cosworth            +3 laps
19.  B. Senna         HRT-Cosworth               +4 laps

Tidak Finis:
H. Kovalainen lap 58
L. Di Grassi lap 51
Yamamoto lap 20
J. Trulli lap 4
S. Buemi lap 2

Klasemen Pembalap:

1. Lewis Hamilton 157 poin

2. Jenson Button 143 poin

3. Mark Webber 136 poin

4. Sebastian Vettel 136 poin

5. Fernando Alonso 123 poin

6. Nico Rosberg 94 poin

7. Robert Kubica 89 poin

8. Felipe Massa 85 poin

9. Michael Schumacher 38 poin

10. Adrian Suttil 35 poin

Klasemen Konstruktor:

1. Mclaren Mercedes 300 poin

2. Red Bull 272 poin

3. Ferrari 208 poin

4. Mercedes GP 132 poin

5. Renault 96 poin

6. Force India 47 poin

7. Willimas 31 poin

8. BMW Sauber 15 poin

9. Toro Rosso 10 poin

10. Lotus 0 poin

11. HRT 0 poin

12. Virginn 0 poin

Iklan