Sachsenring – Dani Pedrosa memenangi balapan keduanya musim ini di MotoGP Jerman, dengan Jorge Lorenzo ada di posisi dua. Casey Stoner juga sukses memenangi duel kontra Valentino Rossi untuk finis di posisi tiga.

Lorenzo tak bisa memperpanjang rentetan kemenangan setelah tiga kali beruntun jadi juara. Kali ini rider Yamaha itu hanya berada di posisi dua usai kalah beradu cepat dengan Pedrosa.

Untuk Pedrosa, ini adalah kali kedua dia naik podium pertama musim ini. Sebelumnya, pembalap Honda tersebut juga menjadi yang tercepat di MotoGP Italia.

Duel sengit tak hanya terjadi antara Lorenzo dan Pedrosa tapi juga antara Stoner dengan Rossi untuk memperebutkan posisi tiga.

Stoner akhirnya berhasil finis ketiga usai manuvernya di tikungan menjelang garis finis. Namun, usaha Rossi yang sudah absen enam pekan setelah cedera parah di MotoGP Italia awal Juni lalu juga tak bisa dipandang remeh.

Balapan di Sachsenring, Minggu (18/7/2010) malam WIB, ini sendiri sempat distop pada lap sembilan karena adanya kibaran bendera merah usai tabrakan antara Randy de Puniet, Aleix Espargaro dan Alvaro Bautista.

Setelah beberapa menit, balapan dimulai lagi dengan posisi start dipimpin oleh Lorenzo yang saat itu sedang memimpin balapan diikuti Pedrosa.

Jalannya Balapan

Dani Pedrosa melakukan start dengan baik dan langsung memimpin balapan. Hector Barbera juga langsung tancap gas dan melesat ke posisi tiga. Valentino Rossi sementara itu tercecer ke posisi tujuh.

Menjelang lap pertama tuntas dijalani, Lorenzo yang di awal balapan terdorong ke posisi dua berhasil mengambil alih posisi terdepan dengan melewati Pedrosa.

Pada lap kedua, Lorenzo masih memimpin diikuti Pedrosa. Setelah itu ada Casey Stoner, Andrea Dovizioso dan Marco Simoncelli. Rossi sementara ada di tempat enam.

Rossi berhasil melewati Simoncelli dan kini menduduki posisi lima pada lap keempat. Posisi lima besar memang merupakan bidikan si pembalap Yamaha di Jerman.

Enam lap dilewati, Lorenzo, Pedrosa, Stoner dan Dovizioso kini mulai merentangkan jarak dari para rivalnya. Rossi terus melaju di posisi lima dan terus berusaha memangkas waktu.

Colin Edwards sempat terlontar dari atas pungggung motornya saat membelok, kendati dia langsung bangkit dan bergegas menghampiri motornya untuk berusaha melanjutkan balapan.

Bendera merah dikibarkan pada lap sembilan! Telah terjadi insiden di lintasan. Randy de Puniet terlibat ditandu meninggalkan lintasan setelah mengalami tabrakan dengan Aleix Espargaro dan Alvaro Bautista.

Marshals langsung sibuk membersihkan lintasan. De Puniet tampaknya mengalami cedera paling parah. Sungguh nahas nasibnya setelah mengalami insiden lain pada sesi kualifikasi.

Balapan dilanjutkan kembali beberapa menit kemudian dengan Espargaro, Bautista dan De Puniet tak dapat melanjutkan karena tidak bisa kembali ke pit lima menit setelah bendera merah dikibarkan.

Pada restart ini Lorenzo ada di posisi pertama, diikuti Pedrosa dan Stoner. Dovizioso, Rossi dan Nicky Hayden ada di baris kedua. Masih ada 21 lap tersisa.

Mika Kallio sudah terlempar dari motornya selepas start. Pedrosa start dengan bagus dan langsung mengambil alih posisi terdepan. Lorenzo kini ada di posisi dua diikuti Dovizioso, Stoner, Hayden dan Rossi.

Lorenzo tak butuh waktu lama untuk kembali menguasai posisi terdepan dalam balapan. Empat lap pasca restart, Pedrosa menguntit di posisi dua diikuti Dovizioso, Stoner dan Rossi. Kelimanya mulai menambah jarak dari para rivalnya.

Masih ada 15 lap lagi untuk dilalui dengan Lorenzo dan Pedrosa masih ada di dua posisi depan, kini diikuti oleh Stoner dan Rossi. Pedrosa terus memberikan ancaman untuk Lorenzo sementara Stoner berada tak jauh di belakang keduanya. Sangat ketat!

Pedrosa sempat melewati Lorenzo kendati beberapa detik kemudian disalip lagi! Luar biasa duel antara keduanya. Pedrosa baru bisa sukses melewati Lorenzo dengan 12 lap sisa, setelah kedua motor sempat berpacu beriringan pada lintasan lurus yang diikuti tikungan ke kanan.

Rossi terus mengancam Stoner yang ada di depannya dan sempat menyalip. Namun, Stoner bisa mengambil alih posisi tiga dengan cepat. Sembilan lap masih tersisa. Dengan enam lap tersisa, baru akhirnya Rossi bisa melewati Stoner dan menatap podium.

Stoner dan Rossi lantas saling susul untuk berebut posisi tiga. Di tikungan menjelang garis finis, Stoner berhasil melewati Rossi dan finis di posisi tiga! Rossi harus puas finis di posisi empat. (detiksport)

Hasil MotoGP Jerman:
1. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team 28m 50.476s
2. Jorge Lorenzo ESP Fiat Yamaha Team 28m 53.831s
3. Casey Stoner AUS Ducati Marlboro Team 28m 55.733s
4. Valentino Rossi ITA Fiat Yamaha Team 28m 56.099s
5. Andrea Dovizioso ITA Repsol Honda Team 29m 7.634s
6. Marco Simoncelli ITA San Carlo Honda Gresini 29m 8.233s
7. Nicky Hayden USA Ducati Marlboro Team 29m 8.411s
8. Ben Spies USA Monster Yamaha Tech 3 29m 11.433s
9. Hector Barbera ESP Paginas Amarillas Aspar 29m 12.476s
10. Marco Melandri ITA San Carlo Honda Gresini 29m 25.693s
11. Loris Capirossi ITA Rizla Suzuki MotoGP 29m 35.518s
12. Alex de Angelis RSM Interwetten Honda MotoGP 29m 35.68s

Tidak Finish:
Mika Kallio FIN Pramac Racing
Alvaro Bautista ESP Rizla Suzuki MotoGP
Aleix Espargaro ESP Pramac Racing
Randy de Puniet FRA LCR Honda MotoGP
Colin Edwards USA Monster Yamaha Tech 3

Klasemen Pembalap:

1. Jorge Lorenzo 185 poin

2. Dani Pedrosa 138 poin

3. Andrea Dovizioso 102 poin

4. Casey Stoner 83 poin

5. Nicky Hayden 78 poin

6. Valentino Rossi 74 poin

7. Randy de Puniet 69 poin

8. Ben Spies 67 poin

9. Marco Simoncelli 49 poin

10. Marco Melandri 45 poin

Iklan