Perubahan besar akan terjadi di Moto GP 2010. Valentino Rossi, pembalap terhebat kelas utama kejuaraan dunia balap motor, bakal meninggalkan Yamaha untuk bergabung dengan Ducati.

Kabar tersebut disampaikan beberapa media di Italia mengacu pada sumber-sumber yang dekat dengan Rossi. Mereka menyebut pembalap berjuluk The Doctor itu akan bersama Ducati selama dua tahun.

Corriere dello Sport menyebut bahwa Rossi akan dibayar 15 juta euro per musim oleh Ducati. Jika benar jumlah itu jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan tawaran Yamaha yang hanya 9 juta euro untuk satu tahun.

Sudah kita ketahui alasan Rossi pindah ke Ducati bukan lantaran karena uang . Dia juga tidak senang dengan sikap Yamaha yang musim depan sepertinya akan menomorsatukan rekan setimnya di Fiat Yamaha, Jorge Lorenzo. Kini Lorenzo memang menuju tangga juara dengan memimpin puncak klasemen sementara dengan koleksi 165 poin, Lorenzo unggul 52 poin dari Dani Pedrosa yang menjadi pesaing terdekatnya.

Apalagi, penurunan gaji Rossi di Yamaha kabarnya dilakukan untuk menambah gaji Lorenzo. Sebagai catatan, jika musim depan Rossi ditawari 9 juta euro oleh Yamaha, musim ini dia masih mendapatkan 14 juta euro.

Selain gaji dan predikat nomor satu, Rossi masih akan mendapatkan bonus di Ducati yaitu, dia akan difasilitasi seandainya beberapa tahun ke depan ingin pindah haluan ke reli atau Formula 1 karena Ducati memang punya kedekatan dengan tim F1 Ferrari yang juga dari Italia.

Bergabungnya Rossi ke Ducati akan menjadi kisah unuk tersendiri. Sebab, itu akan mewujudkan tim super Italia. Sejak lama, hal itu sebenarnya dinantikan fans Moto GP.

Secara Instan hal itu akan meningkatkan popularitas Moto GP. Dalam beberapa pekan terakhir angka penonton tayangan race Moto GP menurun sejak Rossi absen.

Bergabungnya Rossi ke Ducati membuktikan bahwa Casey Stoner adalah Bottle Neck dalam bursa transfer pembalap Moto GP 2011. Pekan lalu pembalap Australia itu dinyatakan resmi meninggalkan Ducati untuk bergabung dengan Honda. Setelah dia pergi, kepindahan pembalap besar lain segera akan menyusul. Setelah Rossi pindah ke Ducati, berikutnya akan ada pembalap hebat yang akan mengisi posisinya di Fiat Yamaha. Siapakah?

Iklan