Sebastian Vettel kembali meramaikan persaingan menuju gelar juara GP Formula 1 musim ini. Pembalap Red Bull-Renault itu memanfaatkan dengan baik pole position dan menjadi juara GP Eropa kemarin malam. Kemenangan tersebut adalah kemenangan kedua Vettel sepanjang musim ini setelah GP Malaysia bulan April lalu.

Kemenangan Vettel berhasil memperpendek jarak poinnya dengan duo Mclaren yang dikalahkan olehnya pada balapan tadi malam. Dengan koleksi 115 poin, Vettel tertinggal 6 angka dari Button dan 12 angka dari Hamilton yang memimpin klasemen pembalap.

Di klasemen konstruktor, Red Bull tidak bisa memaksimalkan poin untuk merperpendek jarak dengan Mclaren, karena salah satu pembalapnya yaitu Mark Webber mengalami kecelakaan. Kecelakaan yang dialami Webber terjadi saat balapan baru memasuki lap kesepuluh.

Pada balapan kali ini, keberuntungan Webber sepertinya menjauhi dirinya sudah terlihat sejak awal balapan.  Start dari posisi kedua, dia sudah disalip Hamilton saat lomba dimulai, selanjutnyaa Webber terus merosot hingga posisi kesembilan. Kemudian, Webber juga mengalami masalah pada ban, karena kondisi yang sulit untuk berlomba, Webber melakukan pit stop lebih awal dari pembalap lainnya. Masalah terjadi di pit, Webber harus kehilangan beberapa detik karena ban kiri depannya susah dilepas.

Setelah keluar dari pit, dia berada dibelakang pembalap Lotus-Cosworth, Heikki Kovalainen. Sebelum tikungan ke-17 Webber seperti tidak sabar untuk segera mendahului Kovalainen yang dalam waktu bersamaan melambat. Webber menabrak bagian belakang  mobil Kovalainen dan melayang diudara lalu mendarat dengan keras dengan bagian atas terlebih dahulu dan mobil Red bull nya berhenti setelah menabark dinding pengaman. Namun, Webber tidak mengalami gangguan yang serius pada fisiknya.

Setelah kecelakaan yang dialami oleh Webber, mobil safety car keluar. Hal ini membuat jarak para pembalap kembali saling berdekatan. Vettel yang sudah unggul di atas 4 detik dari Hamilton kembali terancam. Namun, setelah safety car kembali keluar, Vettel dengan Red Bull nya kembali tancap gas meninggalkan Hamilton dengan Mclaren nya.

Karena tidak ingin kehilangan jarak dengan Vettel, Hamilton berusaha keras untuk memperpendek selisih waktu. Steward lomba memutuskan Hamilton mendapatkan drive thru penalty. Steward memutuskan  Hamilton bersalah saat mendahului safety car yang baru keluar dari pit.

Kematangan Hamilton teruji sebelum memutuskan masuk pit untuk menjalani hukuman. Setelah itu, dia tetap berada di posisi kedua. Mesti tetap menduduki  peringkat kedua saat lomba berakhir, Hamilton masih kukuh di puncak klasemen karena 18 poin yang diperoleh.

Hasil GP Eropa

1. Sebastian Vettel – Red Bull Renault

2. Lewis Hamilton – Mclaren Mercedes

3. Jenson Button – Mclaren Mercedes

4. Rubens Barrichello – Williams Cosworth

5. Robert Kubica – Renault

6. Adrian Suttil – Force India Mercedes

7. Kamui Kobayashi – Sauber Ferrari

8. Sebastian Buemi – Toro Rosso Ferrari

9. Fernando Alonso – Ferrari

10. Pedro De la Rosa – Sauber – Ferrari

Klasemen Pembalap

1. Lewis Hamilton – 127 poin

2. Jenson Button – 121

3. Sebastian Vettel – 115

4. Mark Webber – 103

5. Fernando Alonso – 96

6. Robert Kubica – 83

7. Nico Rosberg – 74

8. Felipe Massa – 67

9. Michael Schumacher 34

10. Adrian Suttil – 31

Klasemen Konstruktor

1. Mclaren Mercedes – 248 poin

2. Red Bull Renault – 218

3. Ferrari – 163

4. Mercedes GP – 108

5. Renault – 89

6. Force India Mercedes – 43

7. Williams Cosworth – 20

8. Toro Rosso – Ferrari 12

9. Sauber Ferrari – 8

Iklan