Silverstone – Jorge Lorenzo mempertahankan posisinya di puncak klasemen pembalap MotoGP. Hasil tersebut diraihnya setelah pembalap Yamaha itu memenangi MotoGP Inggris.

Dengan kemenangan yang diraih di Sirkuit Silverstone, Minggu (20/6/2010) malam WIB, Lorenzo sukses mempertahankan posisinya di puncak klasemen dengan nilai 115. Sementara di bawahnya muncul nama Andrea Dovizioso yang mengoleksi poin 78.

Lorenzo sendiri tampil dominan. Ia tak terkejar dari awal hingga akhir balapan dan sukses memenangi seri ini dengan keunggulan hingga enam detik atas lawan di belakangnya.

Dovizioso, yang juga tampil sebagai runner-up di MotoGP Inggris ini, menggeser posisi Dani Pedrosa yang harus puas turun ke urutan tiga di klasemen. Pedrosa sendiri hanya mampu finis di urutan delapan.

Sedangkan posisi tiga dalam balapan ini diklaim oleh Ben Spies. Bagi pembalap Yamaha Tech 3 tersebut, keberhasilan menduduki urutan tiga berarti podium pertama di MotoGP untuknya.

Jalannya Balapan

Lorenzo yang tampil sebagai pembalap terdepan, memulai balapan dengan baik. Ia sempat berduel dengan Pedrosa, namun berhasil meninggalkan pesaingnya itu. Sementara itu, Randy de Puniet, Dovizioso dan Nicky Hayden berturut-turut ada di belakang mereka.

Sial dialami oleh Marco Melandri yang harus crash di lap pertama. Melandri pun tak bisa melanjutkan balapan. Namun, rekan setimnya, Marco Simoncelli, berhasil merangsek naik akibat keluarnya Melandri.

Lorenzo yang berada di depan tampaknya menikmati keunggulannya atas Pedrosa. Pada lap ketujuh, pembalap asal Spanyol ini sukses mengungguli pembalap di belakangnya dengan waktu yang relatif siginifikan: 5 detik.

Siapa di belakang Lorenzo? Ada dua pembalap yang kebut-kebutan bertarung untuk posisi dua: Dovizioso dan De Puniet. Namun, Dovizioso masih bisa mengungguli De Puniet.

Pada lap ini, Hayden juga tak mau ketinggalan meramaikan persaingan. Ia terus memacu motornya untuk mengejar Dovizioso dan De Puniet. Sedangkan Ben Spies terus memacu tunggangannya dan kini sudah memasuki urutan lima. Spies tampak ngotot mengincar podium.

Bagaimana dengan Pedrosa? Pada pertengahan balapan ini dia masih berada di urutan tujuh, di mana di belakangnya ada Stoner yang terus mengincar. Untuk sementara Pedrosa membuat Stoner kesulitan untuk menyusulnya.

Namun, Stoner akhirnya berhasil melewati Pedrosa di lap 13. Ia pun terus memacu motornya untuk memperbaiki posisi. Sementara Pedrosa sendiri tampak tak begitu cepat dalam balapan ini.

Loris Capirossi menjadi pembalap kedua yang crash dalam balapan ini. Ia out setelah mencoba untuk melewati Hector Barbera di sebuah tikungan. Sementara itu di depan, Dovizioso-De Puniet-Hayden masih bertarung ketat untuk posisi dua, Spies terus memburu mereka. Sedangkan Lorenzo, masih konsisten menjaga kecepatannya dan tak terganggu-gugat di posisi pertama.

Ketika balapan tinggal menyisakan tiga lap lagi, Hayden dan Spies sukses menyalip De Puniet. Sedangkan Stoner, yang dengan konstan meningkatkan kecepatannya, dan akhirnya masuk ke posisi lima.

Pada akhirnya Lorenzo tak terhadang untuk memenangi balapan ini. Ia sukses mengungguli Dovizioso dengan keunggulan enam detik. Sementara Spies finis di posisi tiga.

Hasil MotoGP Inggris

1. Jorge Lorenzo-Fiat Yamaha Team (41’34.083)
2. Andrea Dovizioso-Repsol Honda Team (+6.743)
3. Ben Spies-Monster Yamaha Tech 3 (+7.097)
4. Nicky Hayden-Ducati Team (+7.314)
5. Casey Stoner-Ducati Team (+7.494)
6. Randy De Puniet-LCR Honda (+9.055)
7. Marco Simoncelli-San Carlo Honda Gresini (+14.425)
8. Dani Pedrosa-Repsol Honda Team (+15.313)
9. Colin Edwards-Monster Yamaha Tech 3 (+27.954)
10. Alex Espargaro-Pramac Racing Team (+42.394)
11. Hector Barbera-Paginas Amarillas Aspar (+43.365)
12. Alvaro Bautista-Rizla Suzuki MotoGP (+43.408)
13. Mika Kallio-Pramac Racing Team (+43.580)

Klasemen Pembalap

1. Jorge Lorenzo 115
2. Andrea Dovizioso 78
3. Dani Pedrosa 73
4. Valentino Rossi 61
5. Randy De Puniet 46
7. Ben Spies 36
8. Casey Stoner 35
9. Marco Melandri 32
10. Marco Simoncelli 32