Gosip terbaru seputar Moto GP sudah berhembus. Baru dua lomba berlalu di musim 20101 ini, gosip perputaran pembalap yang beredar (silly season) sudah mengalir kencang, seolah-olah sekarang ini sudah mendekati akhir musim. Dan pembalap yang digunjinkan pun tidak tanggung-tanggung, yaitu empat pembalap yang sekarang dianggap sebagai yang terbaik di ajang paling bergengsi tersebut yaitu, Valentino Rossi, Casey Stoner, Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa.

Kabar terakhir, Stoner akan hengkang ke Honda untuk musim 2011 nanti. Kemudian tempatnya di Ducati akan diambil alih oleh Rossi. Lorenzo dipastikan akan tetap setian di Yamaha,walaupun ada penawaran khusus dengan kontrak tinggi dari Honda. Lalu Pedrosa akan menunggu tempat setelah tiga pembalap yang disebutkan tadi sudah mendapatkan tempat.

Sebenarnya wajar silly season tahun ini bergulir lebih cepat. Keempat pembalap itu sama-sama punya kontrak yang akan berakhir di penghujung tahun 2010 ini. Jadi, sejak sekarang, tim-tim utama Moto GP pun sudah mulai berebut tanda tangan kontrak dari mereka.

Kubu Honda termasuk yang paling agresif dan aktif untuk memburu Stoner. Saat GP Spanyol di Jerez baru-baru ini, Suppo (Livio Suppo: Bos Honda) sudah melakukan pembicaraan dengan Colin Stoner, ayah sekaligus manajer dari Casey Stoner. Namun jawabannya masih ditunggu bulan depan.

Di lain pihak, kubu Ducati sendiri tidak akan begitu saja melepas Stoner pergi. Masa-masa indah dan keemasan Stoner di Ducati dan apa yang telah diberikan Ducati terhadap Stoner, masih ada kemungkinan Stoner akan setia untuk Ducati. Bos Ducati, Alesandro Cicognani menegaskan, tidak ada kesepakatan dengan siapa pun hingga awal juli nanti.

Jika memang Stoner akan hijrah ke Honda, pihak Ducati pun tidak akan kecewa karena Ducati sendiri sudah mempunyai “cadangan” kuat yaitu Valentino Rossi yang kabarnya sudah diberi tawaran sangat menggiurkan oleh pihak Ducati.

Sebelum ini, pihak Rossi sudah memberi tanda-tanda ya dan tidak ingin melanjutkan karirnya di Yamaha. Ya, karena sudah ikut membangun sukses pabrikan itu dalam beberapa musim terakhir. Tidak, karena Rossi makin lama makin tidak nyaman dengan Lorenzo yang menjadi pesaing kuatnya di Yamaha.

Pihak Yamaha sendiri sudah siap jika situasi seperti itu terjadi. Jika nanti Rossi pindah ke Ducati, maka Yamaha akan menduetkan Lorenzo dengan Ben Spies. Namun, pihak Yamaha akan berusaha agar untuk musim mendatang, motor mereka tetap ditunggangi Rossi dan Lorenzo.

Lorenzo juga sebenarnya ditawari oleh Repsol Honda. Namun, jika Lorenzo tetap teguh bertahan di Yamaha, maka itu akan menambah pressure kepada Rossi untuk menentukan sikap. Apakah mau “berbagi” perhatian dengan Lorenzo, atau pindah dan tetap menjadi “raja” di tim lain.