Jorge Lorenzo membuktikan diri layak dijagokan sebagai kandidat utama juara Moto GP 2010 selain rekan setimnya, Valentino Rossi. Kemarin dia menggusur Rossi dari puncak klasemen sementara pembalap setelah memenangi Moto GP Spanyol Di Sirkuit Jerez. Tidak hanya mendapatkan 25 poin, namun Lorenzo merebut juara dengan aksi yang memukau di hadapan 122 ribu fansnya.

Seri kedua di antara 18 seri Moto GP 2010 tersebut berlangsung menarik sejak awal. Start dari posisi kedua, Lorenzo sempat melorot ke urutan lima pada lap pertama. Posisi terdepan baru didapat di lap ke-27 alias terakhir. Untuk merebut posisi itu, dia dua kali bersenggolan dengan peraih pole position Dani Pedrosa (Repsol Honda) yang sebelumnya memimpin lomba.

Meski kehilangan tiga posisi, Lorenzo tidak putus asa. Pada pertengahan lomba, dia menyalip duo Ducati, Stoner dan Hayden. Setelah itu, Lorenzo tampaknya akan finis di peringkat ketiga karena Pedrosa dan Rossi yang ada di top two cukup jauh.

Namun, Lorenzo tidak menyerah. Dia terus memperpendek jaraknya dengan Rossi. Pada lap ke-21, dia menyalip Rossi yang sedang mengalami masalah pada bahunya. Setelah melewati Rossi, tanda-tanda bahwa Lorenzo bakal menang semakin jelas. Sebab, catatan waktu per-lap Lorenzo itu lebih baik dari Pedrosa. Pada tiga lap menjelang finis, Lorenzo sudah tepat di belakang Pedrosa. Beberapa kali kedua pembalap Spanyol itu membuat para penggemar Moto GP menahan napas dengan bertarung side to side.

Lorenzo and Pedrosa riding head to head during the race in Jerez

Setelah gagal di beberapa kesempatan, Lorenzo akhirnya berhasil mengalahkan andalan Honda itu pada lap terakhir. Lorenzo menyalip Pedrosa di tikungan ke enam dari sisi dalam.

Bagi Lorenzo, kemenangan di Jerez adalah kemenangan perdananya. Tahun lalu Lorenzo gagal finis, sedangkan setahun sebelumnya dia finis ketiga.

Lorenzo's Land

Hasil tersebut bagi Pedrosa setidaknya lebih buruk daripada rekor sebelumnya di Jerez. Di antara empat balapan sebelumnya, prestasinya tidak lebih buruk dari posisi kedua. Pedrosa meraih kemenangan pada 2008 serta runner-up pada edisi 2006, 2007 dan 2009.

Hasil Selengkapnya Moto GP Spanyol:

1. Jorge Lorenzo

2. Dani Pedrosa

3. Valentino Rossi

4. Nicky Hayden

5. Casey Stoner

6. Andrea Dovizioso

7. Mika Kallio

8. Marco Melandri

9. Randy de Puniet

10. Alvaro Bautista

11. Marco Simoncelli

12. Colin Edwards

13. Hector Barbera

14. H. Aoyama

15. Aleix Espargaro

Klasemen Sementara Pembalap:

1. Jorge lorenzo, 45 poin

2. Valentino Rossi, 41 poin

3. Dani Pedrosa, 29 poin

4. Andrea Dovizioso, 26 poin

5. Nicky Hayden, 26 poin

6. Randy de Puniet, 17 poin

7. Colin Edwards, 12 poin

8. Casey Stoner, 11 poin

9. Ben Spies, 11 poin

10. Marco Melandri, 11 poin

11. Marco Simoncelli, 10 poin

12. Mika Kallio, 9 poin

13. Hiroshi Aoyama, 8 poin

14. Loris Capirossi, 7 poin

15. Hector Barbera, 7 poin