Barcelona

1

Inter

0

Barcelona sempat di atas angin dan menggapai asa untuk mempertahankan juara Champions ketika Inter Milan bermain hanya dengan 10 pemain sebab Thiago Motta menerima kartu kuning kedua di menit ke-28 saat tangannya melayang ke arah muka Sergio Busquets yang sebelumnya di menit ke 10, Motta sudah menerima kartu kuning. Namun, karena bermain dalam tekanan, Barca akhirnya tersingkir juga–meski menang 1 – 0 atas Inter.

Barca yang takluk 1-3 pada leg pertama di Giuseppe Meazza butuh setidaknya kemenangan 2-0 atas Inter. Gol satu-satunya Barca dicetak oleh Gerard Pique di menit ke 83.

Sukses Inter Melenggang ke partai final adalah sebuah penantian selama 38 tahun. Waktu yang cukup lama. Kali terakhir Inter melaju ke final adalah di tahun 1972, itu final pertamanya. Kal itu Inter berhasil mengalahkan Celtic di semifinal lewat adu penalti 5 – 4. Berarti dengan melajunya Inter ke partai pamungkas di Liga Champions edisi 2010 ini, Inter baru 2 kali berhasil melaju ke partai final.

Di tahun 1972, Inter kalah oleh Ajax Amsterdam dengan skor 2 – 0. Pertandingan itu di helat di Stadion Feijenoord, Kota Rotterdam. Gol-gol Ajax kala itu Diborong oleh Johan Cruijff.

Di babak pertama Inter terus dikurung oleh para pemain Barca. Tak jarang pula bek tengan Barca, Pique dan Millito ikut membantu serangan hingga melewati lapangan tengah

Serbuan pertama dari para pemain barca dalam laga ini dilancarkan oleh Pedro Rordiguez di menit kedua. Melalui tusukan dari sayap kiri melwati Maicon, Pedro selanjutnya melepas tembakan. Namun bola masih jauh dari sasaran. Selanjutnya serangan menjadi milik Barca walaupun Inter hanya sesekali saja melakukan penyerangan.

Serangan Barca yang bertubi-tubi tidak juga membuahkan hasil. Inter yang menerapkan strategi pertahanan grendel khas Italia tidak dapat ditembus oleh para pemain Barca. Bola silang, bola daerah, bola terobosan lewat tengah dapat di gagalkan oleh para pemain Inter hingga shooting dari luar kotak penalti pun tidak menghadirkan ancaman berarti bagi kiper Inter.

Upaya Barca akhirnya membuahkan hasil di tujuh menit menjelang bubaran melalui kaki Gerard Pique.  Gol ini hadir setelah umpan terobosan Xavi berhasil dimanfaatkan bek bertubuh jangkung itu. Pique sempat dikejar oleh Ivan Cordoba dan ruang geraknya ditutup oleh Julio Cesar. Selanjutnya bek Spanyol itu memutar badan dan melesakkan bola ke gawang yang sudah kosong.

Setelah gol itu, semangat Barca terlecut. Serangan ke arah gawang Inter semakin gencar. Sepakan Xavi Hernandez dari luar kotak penalti di menit ke-87 berhasil ditangkal oleh Julio Cesar. Selanjutnya giliran Messi yang melepas tendangan datar sukses ditangkap oleh Cesar.

Di masa injury time, Barca sempat mencetak gol melalui Bojan Krkic. Tapi wasit menganulir gol tersebut karena sebelumnya telah terjadi handsball.

Susunan Pemain:

Barcelona: Victor Valdes; Daniel Alves, Pique, G. Milito (Maxwell 46′), Keita, Xavi Hernandez, Yaya Toure, Busquets, Pedro (Jeffern 62′), Ibrahimovic (Krkic 62′), Messi

Inter: Julio Cesar; Maicon, Lucio, Samuel, Zanetti, Cambiasso, Thiago Motta, Chivu, Eto’o (Mariga 87′), Sneijder (Muntari 66′),  D.Milito (Cordoba 80′)