Olympique Lyon

0

B. Muenchen

3

Berkat hattrick Ivica Olic, Bayern Munich meraih kemenangan 3-0 atas Olympique Lyon. Bayern pun sukses melaju ke final Liga Champions.

Bayern yang di laga perdana “hanya” menang tipis 1-0, kali ini terlalu tangguh untuk ditaklukkan Lyon. Berkali-kali Muenchen mengancam gawang Lyon dengan mengandalkan daya tusuk dari Olic, Thomas Muller dan Arjen Robben.

Pada akhirnya tiga gol dari Olic menuntaskan pertandingan ini. Bayern pun melaju ke final dan tinggal menunggu pemenang dari laga antara Barcelona vs Inter Milan yang akan dihelat Kamis (29/4/2010) dinihari WIB.

Jalannya Pertandingan

Bertanding di hadapan pendukung lawan yang memadati Stade Gerland, Rabu (28/4/2010) dinihari WIB, tak membuat Bayern gugup. Terbukti pasukan arahan Louis Van Gaal ini sempat menciptakan beberapa peluang emas.

Salah satunya adalah yang didapat Thomas Muller pada menit ketiga. Muller yang menerima operan dari Ivica Olic, yang berada di sisi kanan, tak terkawal ketika tinggal berhadapan dengan Huggo Lloris. Sial baginya, sepakan kaki kanannya masih belum membuahkan hasil lantaran melebar di sisi gawang.

Tujuh menit berselang, kombinasi Olic dan Muller kembali mengancam pertahanan Lyon. Kali ini operan Olic langsung disambut Muller dengan tendangan. Hasilnya? Lloris masih bisa menjinakkan sepakan tersebut.

Namun gol baru terjadi di menit 26 menyusul kerjasama apik antara Arjen Robben, Muller, dan Olic. Terobosan Robben ke kotak penalti Lyon langsung diteruskan oleh Muller kepada Olic, dan di sinilah gol itu terjadi.

Usai mengelabui pengawalnya, Olic langsung melepaskan tembakan ke arah gawang. Kiper Hugo Lloris salah menebak arah bola dan gawang Lyon pun bobol. Dengan demikian, untuk sementara Bayern unggul agregat 2-0.

Empat menit setelah gol Bayern, barulah Lyon mendapatkan kans emas melalui Michel Fernandes Bastos. Operan dari Lisandro Lopez diterima oleh Bastos yang berdiri tak jauh dari gawang. Namun, sepakan Bastos belum menemui sasaran, melainkan melebar.

Bayern masih melanjutkan tekanan mereka di babak kedua. Robben yang berdiri tak terkawal di sisi kiri pertahanan Lyon melepaskan sebuah sepakan di menit 56. Bola mengarah ke tiang jauh, namun Lloris dengan sigap melompat untuk menepisnya.

Tertinggal 0-1, Lyon akhirnya harus bermain dengan 10 orang pada menit 60. Wasit Massimo Busacca mengeluarkan kartu kuning kedua kepada Cris setelah bek berkepala plontos ini melakukan pelanggaran terhadap Olic.

Semenit setelah Cris diusir dari lapangan, Lyon mendapatkan kesempatan emas melalui Sudney Govou. Bola sepakannya mengarah tepat ke gawang, namun Hans Jorg Butt sukses membloknya.

FC Hollywood akhirnya menggandakan keunggulan mereka ketika pertandingan memasuki menit 66. Olic kembali menjadi pencetak golnya. Penyerang asal Kroasia ini menciptakan gol usai menerima bola hasil terobosan Hamit Altintop. Lewat satu sepakan kaki kanan, Olic pun berhasil memperdaya Lloris.

Lima menit berselang, Robben nyaris mencetak gol ketiga Bayern. Gelandang asal Belanda ini melepaskan sepakan kerasa kaki kiri dari jarak dekat. Tetapi Lloris masih bisa memblok tendangan tersebut sehingga gawang Lyon pun aman.

Pada menit 78, Olic akhirnya membukukan hat-trick dalam pertandingan ini. Sundulannya menyambut sebuah umpan silang dari sisi kanan tak mampu dibendung Lloris. Bayern unggul 3-0 dan tampaknya bakal melenggang mulus ke final

Dan peluit panjang pun berbunyi. Bayern menang 3-0 dan berhak melangkah ke final dengan agregat 4-0.

Susunan Pemain

Olympique Lyon: Hugo Lloris, Jean-Alain Boumsong, Cris, Aly Cissokho (Bafetimbi Gomis 45), Anthony Reveillere, Jean Makoun, Maxime Gonalons, Lisandro Lopez (Ederson 79), Cesar Delgado (Miralem Pjanic 67), Michel Fernandes Bastos, Sidney Govou.

Bayern Munich: Hans Jorg Butt, Holger Badstuber, Daniel Van Buyten (Martin Demichelis 45), Diego Contento, Philipp Lahm, Mark Van Bommel, Bastian Schweinsteiger (David Alaba 79), Hamit Altintop, Arjen Robben (Miroslav Klose 76), Ivica Olic, Thomas Muller. (Detiksport)

Iklan