Gara-gara letusan gunung api di Islandia, MotoGP Jepang yang sedianya digelar akhir pekan ini ditunda. Sirkuit Motegi baru akan menggelar balap MotoGP pada 3 Oktober mendatang.

Akibat letusan Gunung Eyjafjallajokull di Islandia, Eropa, banyak penerbangan dari dan ke ‘Benua Biru’ tersebut terpaksa dibatalkan. Kejadian tersebut berimbas pada seri kedua MotoGP musim 2010 yang sebelumnya direncanakan digelar sepanjang akhir pekan ini di Jepang.

Seperti telah diprediksi, Motegi harus menunggu lama untuk akhirnya bisa menggelar kompetisi antara Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Casey Stoner dan belasan pembalap lainnya. Jepang yang tadinya menjadi seri kedua musim ini harus menerima kenyataan dipindah menjadi seri ke-14, dengan race yang akan dilangsungkan pada 3 Oktober 2010, setelah GP Aaragon (19 September) dan sebelumnya Sepang (10 Oktober).

“Carmelo Ezpeleta, dengan mendapat persetujuan dari Grand Prix Promoter, Mobilityland Corporation, memutuskan menunda GP Jepang yang direncanakan digelar 25 April 2010. The Grand Prix Permanent Bureau mengajukan usulan pada FIM untuk menjadwalkan ulang GP Jepang pada 3 Oktober 2010,” demikian pernyataan resmi yang dirilis Dorna dan MotoGP.

Kondisi ini membuat GP Spanyol di Sirkuit Jerez pada 2 Mei mendatang menjadi seri kedua di musim ini. Namun kekhawatiran kalau balapan tersebut juga bakal tertunda masih ada lantaran larangan penerbangan di Eropa masih berlaku hingga kini.