Penantian Sebastian Vettel untuk meraih kemenangan perdana di Formula 1 2010 akhirnya terjawab. Pembalap Red Bull – Renault itu menjadi yang terdepan dalam lomba GP Malaysia di Sirkuit Sepang.

Vettel sampai lomba ketiga ini seharusnya memimpin klasemen pembalap. Namun, potensi 50 poin di dua lomba sebelumnya tidak maksimal karena dia mengalami masalah teknis. Di Bahrain dia hanya finis keempat karena masalah busi. Kemudian, di Australia dia malah gagal finis karena masalah pada rem.

Sukses Red Bull semakin lengkap karena pembalap kedua mereka, Mark Webber, finis di urutan kedua. Hasil itu melambungkan Red Bull ke peringkat ketiga klasemen konstruktor di belakang Mclaren dan Ferrari.

Dominasi Red Bull sebenarnya bukan hanya pada kecepatan RB6 tapi juga tidak lepas dari faktor cuaca yang cerah di Sepang. Tidak seperti prediksi sebelumnya bahwa lomba terancam di guyur hujan badai. Kalau sampai cuaca buruk terjadi, bisa saja banyak insiden dan accident yang akan mewarnai lomba dan mengacak urutan lomba sampai finish.

Memulai dari posisi ketiga, Vettel melakukan start dengan sempurna. Setelah menyalip Nico Rosberg (Mercedes GP) di urutan kedua, dia lantas menyalip Webber. Sejak saat itu Vettel tak pernah terganggu di posisi terdepan.

Strategi pit stop Red Bull juga berjalan sempurna, khususnya bagi Vettel. Dia masuk pit di lap ke-23. Dia keluar di depan Lewis Hamilton untuk menempati posisi kedua. Tempat terdepan sementara dikuasai oleh Webber. Nico Rosberg berada di posisi ketiga dengan satu pit stop, diikuti Kubica yang juga sudah masuk pit. Dua pembalap Ferrari, Massa dan Alonso, menguntit di belakang.

Naas bagi Webber saat masuk pit stop di lap ke-24, alat pengganti baut di ban mobilnya macet, dia kehilangan 1,4 detik meski masih bisa kembali ke lintasan di posisi ketiga. Sejak saat itu dia tidak bisa mengimbangi Vettel.

Kalau Sepang menyembulkan kisah bahagia bagi duo Red Bull, tidak demikian dengan duo mantan juara dunia, Michael Schumacher dan Fernando Alonso. Alonso harus kandas akibat masalah pada mobilnya dua lap menjelang finis. Sementara Schumacher out di lap sepuluh.

Hasil GP Malaysia

1. Sebastian Vettel (Red Bull – Renault)

2. Mark Webber (Red Bull – Renault)

3. Nico Rosberg (Mercedes GP)

4. Robert Kubica (Renault)

5. Adrian Suttil (Force India – Mercedes)

6. Lewis Hamilton (Mclaren – Mercedes)

7. Felipe Massa (Ferrari)

8. Jenson Button (Mclaren – Mercedes)

9. Jaime Alguersuari (Roro Rosso – Ferrari)

10. Nico Hulkenberg (Williams Cosworth)

Klasemen Pembalap

1. Felipe Massa 39

2. Sebastian Vettel 37

3. Fernando Alonso 37

4. Jenson Button 35

5. Nico Rosberg 35

6. Lewis Hamilton 31

7. Robert Kubica 30

8. Mark Webber 24

9. Adrian Suttil 10

10. M. Schumacher 9

Klasemen Konstruktor

1. Ferarri 76

2. Mclaren – Mercedes 66

3. Red Bull – Renault 61

4. Mercedes GP 44

5. Renault 30

6. Force India – Mercedes 18

7. Williams Cosworth 6

8. Toro Rosso Ferarri 2

Iklan