Inggris dan Prancis sama-sama menempatkan dua klubnya di perempat final Liga Champions. Namun sepertinya sulit untuk berharap bakal munculnya dominasai dari dua negara tersebut. Prancis bahkan harus kehilangan satu wakilnya di semifinal karena Bordeaux dan Lyon harus bentrok di perempat final.

Inggris yang selalu menempatkan tiga klubnya dalam 3 tahun terakhir, kini harus berjuang keras untuk sekedar meloloskan satu wakilnya di empat besar. Itu terjadi setelah hasil drawing Arsenal bakal bersua dengan Barcelona yang difavoritkan akan mempertahankan gelar Liga Champions. Dan Manchester Untited yang secara mengejutkan berhasil menaklukkan AC Milan, kini harus bertemu dengan Bayern Muenchen.

El Barca (julukan Barcelona) merupakan tim yang paling dihindari oleh semua lawan di perempat final. Sebagai juara bertahan, permainan klub raksasa Spanyol itu masih sesolid dan seimpresif musim lalu, karena itu Arsenal dianggap sangat tidak beruntung ketika harus menghadapi Lionel Messi dkk.

Arsenal sudah merasakannya karena tidak mampu mengalahkan Barca dalam tiga kali bentrok di Liga Champions. Yang paling menyakitkan tentu saja kekalahan 1 – 2 dalam final 2006 di Stade Parc des Princes, Paris.

Duel Barca versus Manchester di final pun bisa terulang lagi di musim ini, karena dua tim tidak akan bertemu di semifinal bila mampu mengalahkan lawan-lawannya di perempat final. Barca akan menetang Inter versus CSKA Moskow. Sedangkan United bakal menanti pemenang antara Lyon versus Bordeaux.

Berikut hasil drawing perempat final Liga Champions 2010:

ARSENAL


BARCELONA

LYON


BORDEAUX

B. MUENCHEN


MAN. UNITED

INTER MILAN



CSKA MOSKOW


Preview:


ARSENAL Vs BARCELONA

Arsenal dan Barcelona sudah tiga kali bertemu di Liga Champions. Hasilnya Barca dua kali menang dan sekali seri. Torehan paling menonjol tentu saja kemenangan 2 – 1 pada final 2006.

Laga tersebut akan menjadi momen sarat emosi bagi Cesc Fabregas dan Thierry Henry. Fabregas adalah jebolan Akademi Sepak Bola Barcelona, sedangkan Henry pernah jadi kapten Arsenal.

LYON Vs BORDEAUX

Satu tiket semifinal Liga Champions sudah pasti dipegang tim dari Prancis. Pemiliknya adalah salah satu di antara Olympique Lyon atau Girondins Bordeaux. Setelah 2004, itu adalah kali pertama dua klub Prancis menembus perempat final. Enam tahun lalu, Lyon menembus perempat final bersama AS Monaco. Namun, Lyon kandas, sedangkan Monaco lolos ke final.

Jika berbicara pengalaman, Lyon memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan Bordeaux. Lyon konsisten lolos ke babak 16 besar Liga Champions dalam empat musim terakhir. Lyon juga dua kali merasakan fase perempat final (2004 dan 2005)

Musim ini Bordeaux tampil meyakinkan. Bordeaux juga sukses menggebuk Lyon pada pertemuan pertama di kompetisi domestik.

BAYERN MUENCHEN Vs MANCHESTER UNITED

Duel Muenchen dan United akan mengulang final pada edisi 1999. Kala itu United menang dramatis 2 – 1 berkat gol Teddy Sheringham dan Ole Gunnar Solskjaer pada injury time. Bedanya, momen pertemuan kedua tim kali ini tidak terjadi di laga pamungkas. Kali ini mereka bakal bentrok dua kali (home dan away). Itu berarti terbuka kesempatan untuk saling mengalahkan.

United harus bertandang terlebih dahulu ke Allianz Arena pada 30 Maret nanti. Sepekan kemudian, giliran FC Hollywood yang melawat ke Old Trafford.

INTER MILAN Vs CSKA MOSCOW

CSKA Moscow menjadi underdog saat bersua Inter Milan. Namun, itu bukan alasan bagi Inter untuk meremehkan sang lawan.

Inter menjadi tuan rumah terlebih dahulu pada 31 Maret dan akan melawat ke Rusia pada 6 April. Sebelumnya Inter punya pengalaman bertarung dengan tim asal Rusia di fase grup, yakni Rubin Kazan, hasilnya Inter Milan hanya bisa meraih seri 1 – 1 di kandang Rubin Kazan dan menang 2 – 0 di Giuseppe Meazza.

Kubu Inter boleh tersenyum, karena hasil drawing ini menguntungkan bagi mereka karena Inter tidak bersua dengan Barcelona ataupun Manchester United. Tapi ingat sepakbola bukanlah matematika, dengan status underdog bisa saja CSKA melumat Inter dan melangkah ke fase semifinal. Namun, kalau Inter sukses mengalahkan CSKA, Inter bakal bertemu dengan lawan yang benar-benar superior, yaitu antara Arsenal ataupun Barcelona. Siapa yang bakal melaju ke fase semifinal Liga Champions?

Iklan