Warsawa. Kemarin malam (7/2) diadakan undian grup kualifikasi untuk Piala Eropa 2012 yang akan diselenggarakan di dua negara yakni Polandia dan Ukraina. Dalam Drawing yang dihelat di Warsawa, Ibu Kota Polandia, tidak ada tercipta grup neraka, setiap tim unggulan tidak ada yang bertemu di babak kualifikasi. Perancis dan Irlandia yang berseteru setelah play off kualifikasi Piala Dunia 2010 Zona Eropa pun juga tidak bergabung dalam grup yang sama.

Babak kualifikasi yang digeber pada 3 dan 4 September mendatang relatif aman. Tim-tim unggulan diperkirakan tidak bakal menemui kendala berarti untuk lolos ke putaran final. Juara bertahan Spanyol bahkan diprediksi menjaga rekor tak terkalahkan karena tergabung dalam grup yang ringan.

Jerman, Inggris, Italia, Portugal, Prancis juga bakal diprediksi mulus untuk melaju ke putaran final. Tim-tim tersebut mendapatkan lawan-lawan mudah yang kapasitasnya di bawah mereka semua.

Minimnya kejutan pada drawing kualifikasi itu disebabkan langkah antisipatif UEFA. Sejak awal, organisasi yang dipimpin Michel Platini tersebut berusaha menghindari terjadinya bentrok antara dua negara yang secara politik atau sosial terlibat konflik. Misalnya, Armenia dan Azerbaijan atau Rusia dengan Georgia yang tengah terlibat sengketa wilayah.

Berikut Hasil Drawing Kualifikasi Euro 2012

Grup A

Jerman

Turki

Austria

Belgia

Kazakhstan

Azerbaijan

Grup B

Rusia

Slovakia

Rep. Irlandia

Macedonia

Armenia

Andorra

Grup C

Italia

Serbia

Irlandia Utara

Slovenia

Estonia

Kep. Faroe

Grup D

Prancis

Rumania

Bosnia

Belarusia

Albania

Luxemburg

Grup E

Belanda

Swedia

Finlandia

Hungaria

Moldova

San Marino

Grup F

Kroasia

Yunani

Israel

Latvia

Georgia

Malta

Grup G

Inggris

Swiss

Bulgaria

Wales

Montenegro

Grup H

Portugal

Denmark

Norwegia

Siprus

Islandia

Grup I

Spanyol

Rep. Ceko

Skotlandia

Lithuania

Liechtenstein