Trophy World Cup Club

Lionel Messi membalikkan fakta diwaktu ekstra time untuk memenangi pertandingan dalam final Piala Dunia Antar Klub 2009  melawan estudiantes dan melengkapi tahun ini dengan 6 piala yang sangat luar biasa. Barca telah meraih 6 juara diantaranya, Divisi Primera, Copa del Ray, Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa, Liga Champions dan World Cup Club.

Di babak pertama Barca sempat tertinggal lebih dulu oleh gol Boselli di menit 37. Gol Boselli lahir lewat tandukan yang menghujam keras di sisi kanan gawang Valdes. Crossing Diaz di sektor kanan pertahanan Barca berhasil disambut Boselli yang diapit 2 pemain Barca yaitu Puyol dan Abidal.

Barca sebenarnya sejak awal memang menguasai permainan. Di babak pertama mereka miliki 60 persen ball possession, tapi tidak terlalu banyak membuat penetrasi. Mereka sempat mengklaim mendapat penalti ketika Xavi dijatuhkan kiper Damian Albil, tapi wasit tidak menggubrisnya. Beberapa peluang yang didapat antara lain tendangan datar Xavi dari umpan tumit Zlatan Ibrahimovic, juga tembakan Messi yang dapat dipatahkan pemain lawan. Messi dikartu kuning di karena menurut wasit dai telah melakukan diving di menit 23.

Di babak kedua pelatih Pep Guardiola menarik keluar Seydou Keita dan menggantinya dengan Pedro.  Dengan masuknya Pedro serangan Barca lebih bervariatif dalam menusuk pertahanan Estudiantes. Memasuki satu jam pertandingan, umpan silang Thierry Henry gagal dioptimalkan Pedro. Sembilan menit kemudian Pedro kembali gagal mengubah peluang yang didapatnya menjadi gol, setelah tembakannya dihalau Albil.

Beberapa kegagalan itu akhirnya dibayar tuntas Pedro di menit 89. Sebuah bola silang tinggi datang dari kiri, bek tengah Gerard Pique menyentuhnya sedikit, dan Pedro menyundulnya sampai tak terjangkau Albil. Skor berubah menjadi 1-1 di saat Estudiantes seperti akan mengamankan keunggulannya.

Di masa tambahan Barcelona terlanjur di atas angin. Dan Messi menyelinap mendahului Christian Cellay untuk menyambut umpan silang Dani Alves dari sayap kanan. Dengan melontarkan tubuhnya di depan kiper Albil, Messi berhasil mendorong bola dengan dadanya, dan gol kemenangan pun tercipta.
Ini adalah gelar keenam yang diraih Los Cules di tahun ini setelah Liga Champions, Liga Spanyol, Copa del Rey, Piala Super Spanyol, dan Piala Super Eropa. Khusus untuk kejuaraan dunia antarklub, baru kali ini tim Catalan tersebut memenanginya, sekaligus mematahkan ambisi Estudiantes mengulang sukses mereka di tahun 1968.

Susunan pemain:

Estudiantes: Damian Albil, German Re (Marcos Alberto Rojo 90), Leandro Desabato, Christian Cellay, Leandro Benitez (Matias Sanchez  76), Rodrigo Brana, Juan Veron, Enzo Perez (Maximiliano Núnez  78), Juan Diaz, Clemente Juan Rodriguez, Mauro Boselli

Barcelona: Victor Valdes, Eric Abidal, Carles Puyol, Daniel Alves, Gerard Pique, SeydouKeita (Pedro 46), Xavi, Sergi Busquets (Yaya Toure  78), Thierry Henry (Jeffren Suarez 82), Zlatan Ibrahimovic, Lionel Messi.

Hasil Pertandingan

Pohang Steelers

1 – 1

Atlante
42′ Denilson Nascimiento

1 – 0

46′

1 – 1

Rafael Marquez
Shoot-out

4 – 3

120′

0 – 1

Santiago Solari (pen)
120′ Byung Joon Noh (pen)

1 – 1

120′

1 – 1

Rafael Marquez (miss)
120′ Denilson (pen)

2 – 1

120′

2 – 1

Horacio Peralta (miss)
120′ Hyung-Min Shin (pen)

3 – 1

120′

3 – 2

Lucas Silva (pen)
120′ Hee-Chul Park (miss)

3 – 2

120′

3 – 3

Federico Vilar (pen)
120′ Hyun Kim (pen)

4 – 3

Estudiantes LP

1 – 2

Barcelona
37′ Mauro Boselli

1 – 0

88′

1 – 1

Pedro
110’

1 – 2

Lionel Messi
Iklan