Vito Ippolito Presiden FIM dan CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta mengkonfirmasi perubahan kapasitas mesin, yang akan mulai berlaku untuk musim 2012.

Jumat, 11 Desember, Anggota Komisi Grand Prix berkumpul di Jenewa, markas FIM untuk membahas perkembangan masa depan untuk Kejuaraan Dunia MotoGP.

Pembicaraan antara Badan yang mengatur FIM dengan Dorna yaitu pemegang hak seri Olahraga dan MSMA, sepakat menyetujui untuk mengubah mesin maksimum berkapasitas 1000cc untuk kelas MotoGP untuk musim 2012. Batasan dari 4 silinder juga akan diperkenalkan, dengan maksimum pengukuran lubang silinder dari 81 mm.

Mr Ippolito berkata: “perubahan utama kami telah memutuskan pada aturan-aturan baru untuk kelas MotoGP. Kita akan memiliki empat silinder, 4-stroke tentu saja, dengan maksimum 1000cc, dan selinder akan menjadi 81mm. Dasar ini akan memberikan semua produsen kesempatan untuk mulai bekerja membuat mesin yang akan diterapkan di kelas Moto GP. Pada awal tahun depan kami akan memproduksi aturan-aturan baru dalam format yang lebih lengkap, tapi itu adalah dasar; 2012 akan menjadi tahun dari era baru MotoGP. “

Mr Ezpeleta menyatakan: “Ini adalah pertemuan yang sangat penting untuk menentukan masa depan kelas MotoGP. Di tahun 2.012 motor akan memiliki kapasitas mesin hingga 1000cc, memiliki hingga empat silinder dan maksimum 81mm. Itu pengukuran yang sangat penting karena dengan ini kita dapat memiliki semua karakteristik dari mesin. Hal ini telah disetujui dan sekarang serta awal musim 2010, kita akan memiliki dua pertemuan untuk menentukan spesifikasi sisa kelas baru ini. “

Perubahan mesin dalam beberapa tahun terakhir:

2002 – Pengenalan 990cc 4-stroke MotoGP (bukan 2-stroke 500cc).
2007 – Maksimum penurunan kapasitas mesin dari 990cc ke 800cc.
2009-2010 – penggunaan mesin Maksimum (6 mesin tiap pengendara pada tahun 2010).
2012 – Maksimum kapasitas mesin meningkat menjadi 1000cc, dengan batas dari 4 silinder dan 81mm maksimum lubang silinder.

Iklan