Cape Town. Peluang terciptanya grup neraka pada Piala Dunia 2010 Afrika Selatan bakal terbuka lebar. Itu terjadi karena dua klub elite Eropa, yakni Prancis dan Portugal tidak masuk dalam pot 1 atau pot unggulan yang dihuni Italia, Brazil, Spanyol, Belanda, Argentina untuk drawing pembagian grup Piala Dunia 2010.

Sekalipun berada dalam sepuluh besar ranking FIFA, Prancis dan Portugal harus rela berada pada pot 4, tergabung dengan Yunani, Serbia, Slovakia, Slovenia, Denmark dan Swiss. Alasannya, karena 2 negara tersebut untuk menuju Afsel harus melalui babak play off terlebih dahulu.

Dengan begitu, pada drawing penyisihan grup Piala Dunia 2010 di Cap Town, Prancis dan Portugal berpeluang berada satu grup dengan tim yang berada di pot 1.

FIFA menolak anggapan bahwa penempatan Prancis di pot 4 merupakan hukuman lantaran kontroversi assist Thierry Henry saat menghadapi Republik Irlandia pada pertandingan play off. Rep. Irlandia sendiri masih memprotes ke FIFA untuk diproses lebih lanjut.

Dulu penempatan pot ditentukan lewat rangking dan hasil dari Piala Dunia sebelumnya. Tapi kini dirubah, penentuan pot menggunakan kombinasi dari rangking bulan Oktober serta mengacu pada hasil yang dicapai sebuah tim pada kualifikasi Piala Dunia 2010 lalu. Itulah alasan Prancis dan Portugal masuk pot 4.

Sementara itu untuk tidak terjadi banyak pertemuan antara tim satu zona konfederasi, pada pot 2 ditempatkan tim dari negara-negara di Zona Asia, Concacaf dan Oceania dan pot 3 diisi tim dari Zona Afrika dan Conmebol.

Hasil pot untuk drawing PD 2010

Pot Allocations

POT 1 POT 2 POT 3 POT 4
Afrika Selatan Australia Algeria Denmark
Brazil Jepang Kamerun Prancis
Spanyol Korea Utara Cote d’Ivoire Yunani
Belanda Korea Selatan Ghana Portugal
Italia Honduras Nigeria Serbia
Jerman Meksiko Chile Slovakia
Argentina USA Paraguay Slovenia
Inggris New Zealand Uruguay Swiss