Lengkap sudah pencapaian Lionel Messi tahun ini. Setelah mengantarkan Barcelona merebut tiga gelar plus Piala Super Eropa, striker muda Argentina ini meraih penghargaan individu dari majalah France Football, yakni trofi Ballon d’ Or alias penghargaan sebagai Pemain Terbaik Eropa 2009.

Pencapaian tersebut merupakan sejarah bagi Argentina sebab, meski termasuk negara yang paling banyak mengekspor pemain ke Eropa, belum pernah ada pemain dari negeri Amerika Latin itu yang suksen menggondol Bola Emas.

Dalam hasil voting yang diumumkan kemarin dini hari, Messi mengumpulkan 473 point. Dia unggul 249 point atas Cristiano Ronaldo yang mengoleksi 233 point. Inilah marjin keunggulan terbesar dalam sejarah Ballon d’ Or. Tempat ketiga diraih oleh rekan setim Messi, Xavi Hernandez, dengan 170 point.

Sejak awal, sudah banyak yang memprediksikan bahwa penghargaan yang prakarsai Majalah Prancis, France Football tersebut bakal jatuh ke tangan Messi. Hal itu tidak lepas dari sukses Barcelona yang memenangkan Liga Primera, Copa del Rey dan Liga Champions 2008/2009.

Karena itu banyak anggota Barcelona yang masuk nominasi, selain Xavi, ada gelandang Andres Iniesta, dan striker Thierry Henry serta Zlatan Ibrahimovic. Samuel Eto’o yang musim ini dijual ke Inter Milan juga masuk daftar. Namun para juri yang libatkan dalam voting sepakat bahwa kontribusi Messi paling berpengaruh buat kemenangan Barcelona. Dia menjadi top skor Liga Champions dengan 9 gol. Messi membukukan 38 gol di semua kompetisi.

Apakah Messi dapat mengulangi trofi ini untuk tahun depan? kita lihat saja dan tunggu penghargaan Ballon d’ Or untuk tahun depan diberikan kepada siapa.

Sejak diadakan pada 1956, hanya ada delapan yang pernah memenangkan Ballo d’ Or lebih dari sekali. Di antara delapan nama tersebut, yang pencapaiannya paling istimewa adalah legenda Prancis Michel Platini. Pria yang kini menjabat Presiden UEFA itu merajai tiga edisi beruntun (1983, 1984 dan 1985).

Sebelumnya Ballon d’ Or hanya ditujukan untuk pemain Eropa yang bermain di Liga Eropa. Namun, aturan itu kemudian diubah. Sejak 1995, pemain luar Eropa yang bermain di Eropa, juga bisa masuk nominasi. Pemain AC Milan George Weah adalah pemain non -Eropa pertama yang memenangkan penghargaan prestisius tersebut.

Hasil Voting Ballon d’Or 2009

No. Pemain Negara Klub Poin
1 Lionel Messi Argentina Barcelona 473
2 Cristiano Ronaldo Portugal Real Madrid 233
3 Xavi Hernandez Spanyol Barcelona 170
4 Andres Iniesta Spanyol Barcelona 149
5 Samuel Eto’o Kamerun Inter Milan 75
6 Kaka Brazil Real Madrid 58
7 Zlatan Ibrahimovic Swedia Barcelona 50
8 Wayne Rooney Inggris Man. United 35
9 Didier Drogba Pantai Gading Chelsea 33
10 Steven Gerrard Inggris Liverpool 32
11 Fernando Torres Spanyol Liverpool 22
12 Cech Fabregas Spanyol Arsenal 13
13 Edin Dzeko Bosnia Wolfsburg 12
14 Ryan Giggs Wales Man. United 11
15 Thierry Henry Prancis Barcelona 9
16 Luis Fabiano Brazil Sevilla 8
Nemanja Vidic Serbia Man. United 8
Iker Casillas Spanyol Real Madrid 8
19 Diego Forlan Uruguay Atletico Madrid 7
20 Yoann Gourcuff Prancis Bordeaux 6
21 Andrei Arshavin Rusia Arsenal 5
Julio Cesar Brazil Inter Milan 5
Frank Lampard Inggris Chelsea 5
24 Maicon Brazil Inter Milan 4
Diego Brazil Juventus 3
26 David Villa Spanyol Valencia 2
John Terry Inggris Chelsea 2
28 Frank Ribery Prancis Bayern Muenchen 1
Yaya Toure Pantai Gading Barcelona 1
30 Karim Benzema Prancis Real Madrid 0
Iklan