Siapa yang tidak mengenal permen karet? Bohong kalo mengatakan tidak…perlu diketahui, permen karet banyak manfaatnya loh bagi kesehatan tubuh. Tapi ingat, jangan sembarangan mengunyah permen karet. Agar manfaat mengunyah permen karet benar-benar dirasakan, pilihlan permen karet “sugar free” (tidak mengandung gula). Selain itu, telitilah apakah kandungan di dalamnya aman tanpa zat-zat tambahan, karena penggunaan dalam jangka panjang dengan zat-zat yang berbahaya dapat menyebabkan banyak masalah, seperti gigi kropos ataupun memicu kanker.

Manfaat permen karet terletak di saat mengunyahnya. Aktivitas mengunyah ternyata dapat meningkatkan sirkulasi darah sehingga oksigen yang dikirim ke otak semakin banyak, pikiran jadi segar dan konsentrasi semakin kuat.

Selain itu pergerakan rahang pada saat mengunyah permen karet dapat menstimulasi otot wajah menjadi lebih kencang serta dapat memberikan rasa relaks, mengurangi stress dan mengatasi kejenuhan.

Berikut ini sederet manfaat lainnya dari mengunyah permen karet:

Memulihkan saluran cerna pasca operasi

Rumah Sakit St. Mary London melakukan penelitian kepada beberapa pasien pasca operasi usus untuk mengunyah permen karet dan hasilnya fungsi saluran cerna lebih cepat kembali normal. Uji klinis ini dilakukan pasien-pasien untuk mengunyah permen karet selama 5 – 45 menit, 3 x sehari pasca operasi, hasilnya pasien-pasien akan mengeluarkan gas/buang angin rata-rata 0,66 x 945 gas dibandingkan pasien-pasien yang tidak mengunyah sekitar 1,10 x gas. Normalnya, fungsi saluran cerna saat pasca operasi haruslah di tandai dengan buang gas / angin, karena semakin cepat buang angin, semakin cepat pula kesembuhan yang akan dirasakannya.

Membersihkan kotoran gigi

Mengunyah permen karet secara teratur dapat membantu mengangkat dan membersihkan kotoran yang tersisa pada gigi. Serta kegiatan mengunyah permen karet juga dapat menggantikan kegiatan menggosok gigi setelah makan, karena pada saat mengunyah permen karet, mulut akan menghasilkan air liur yang dapat menetralkan asam dan mencegah pengeroposan gigi di atas 40%.

Mengurangi kantuk

Aktivitas mengunyah akan melancarkan sirkulasi darah ke otak, sehingga bermanfaat untuk meningkatkan kinerja yang berkaitan dengan konsentrasi, kewaspadaan, dan perhatian.

Meningkatkan daya ingat

Penelitian yang dilakukan di University of Northumbria dan Cognitive Research Unit (Reading) di Inggris, aktivitas mengunyah permen karet dapat membantu meningkatkan daya ingat bahkan kemampuan untuk mengingat kata-kata dapat ditingkatkan sampai dengan 35%. Ilmiahnya, aktivitas mengunyah akan meningkatkan detak jantung yang mengakibatkan lebih banyak oksigen dan nutrisi yang dipompa ke otak. Pada akhirnya, proses ini akan meningkatkan produksi insulin dan merangsan bagian otak yang berhubungan dengan daya ingat.

Mengurangi ketegangan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, salah satu alasan mengunyah permen karet adalah untuk mengurangi ketegangan.

Melangsingkan

Penelitian yang dilakukan di Glasgow Caledonian University di Inggris menunjukkan, mereka yang mengunyah permen karet setelah makan akan mengkonsumsi lebih sedikit kalori saat  jam makan berikutnya. Selain itu 1 buah/batang permen karet hanya mengandung 5 – 10 kalori dan mengunyahnya selama 1 jam dapat membakar 10 kalori. Namun tak berarti hanya dengan mengunyah permen karet otomatis tubuh menjadi langsing. Pengaturan makanan dan olahraga tetap merupakan sebuah kunci sukses dalam berdiet.