Pada saat kita menyalakan komputer, normalnya proses booting akan berbunyi “tut” sebanyak 1x dan proses booting ke windows akan berhasil. Tetapi jika bunyi tersebut berulang-ulang atau malah tidak ada proses booting atau juga monitor komputer menampilkan “blank”, maka ada kemungkinan permasalahan dalam VGA atau memory komputer Anda.

Kartu VGA

Jika VGA Anda jadi satu dengan motherboard (onboard), disable setting VGA pada menu BIOS yang anti dengan kartu VGA baru (beberapa interface card), apabila Anda menggunakan VGA (interface card), langkah pertama sebelum penggantian, lepas kartu VGA Anda, bersihkan konektor pin-nya dengan menggunakan kontak cleaner sampai tidak ada kotoran (debu) maupun kerak. Setelah dirasa sudah bersih, kemudian pasang kembali dan nyalakan komputer Anda. Jika tidak berhasil, gantilah kartu VGA Anda.

Memory (RAM)

Sama seperti penjelasan point 1, sebelum melakukan penggantian, lakukan dahulu pembersihan konektor pin pada memory dan juga slot RAM pada motherboard dengan menggunakan contact cleaner atau juga bisa menggunakan kuas yang lembut, hal ini bertujuan untuk membersihkan kotoran-kotoran (debu) yang menempel pada RAM dan slot RAM di motherboard. Setelah dirasa cukup bersih, pasang kembali RAM dengan posisi yang tepat hingga terkunci dengan benar. Kemudian nyalakan komputer Anda. Jika tidak berhasil berarti RAM Anda rusak, gantilah dengan yang baru. Usahakan saat mengganti dengan yang baru, harus memiliki spesifikasi yang sama dengan yang lama. Dan yang perlu diingat, ada beberapa memory yang tidak kompatibel dengan motherboard Anda.