Slovenia merusak catatan bagus Guus Hiddink di Kualifikasi Piala Dunia. Tapi itu seharusnya tak jadi alasan buat Meneer Belanda itu untuk tidak mengucap selamat pada lawan.

Hiddink tak diragukan lagi merupakan salah satu pelatih paling sukses yang pernah dimiliki Belanda. Selain trek rekornya yang sangat panjang bersama banyak tim papan atas Eropa, Hiddink juga dikenal sebagai spesialis Piala Dunia.

Sejak tahun 1998, pria 63 tahun itu selalu berhasil membawa tim yang dibesutnya lolos ke putaran final Piala Dunia. Berawal dengan Belanda di 1998, dia kemudian mencetak sejarah bersama Korea Selatan di tahun 2002. Tiga tahun lalu Hiddink juga sukses lolos ke Jerman bersama timnas Australia.

Malang buatnya catatan impresif tersebut berhenti di Piala Dunia 2010. Setelah cuma bisa mengantar Rusia duduk di posisi dua babak kualifikasi Grup 4, Hiddink gagal melewati hadangan Slovenia di babak playoff.

Kemenangan 2-1 di leg I gagal dipertahankan pada pertemuan kedua, di mana Rusia takluk 0 – 1. Andrei Arshavin dkk pun dipaksa melupakan Piala Dunia 2010 karena kalah agresivitas gol tandang.

Sayangnya, kegagalan tersebut tak bisa ditanggapi Hiddink dengan jiwa besar. Seperti diklaim pelatih Slovenia, Matjaz Kek, Hiddink sama sekali tak berjabat tangan dengannya usai laga dinihari tadi.

“Mr Hiddink adalah salah satu pelatih terbaik, seorang gentleman dan saya yakin ini menjadi hari yang tak mudah buatnya. Tapi saya juga layak mendapat jabat tangan,” ungkap Matjaz usai pertandingan seperti diberitakan Reuters.

Sikap dingin yang ditunjukkan Hiddink tak cuma terjadi di pinggir lapangan. Hingga konferensi pers digelar, kedua pelatih itu sama sekali tak saling bertegur sapa.

Hasil Play off lainnya:

· Uruguay – Kosta Rika 1 – 1 (Sebastian Abre 70’; Walter Centeno 73’) » Uruguay lolos dengan agregat 2 – 1.

· Perancis – Rep. Irlandia 1 – 1 (Gallas 103’; Robbie Keane) » Perancis lolos dengan agregat 2 – 1.


· Slovenia – Rusia 1 – 0 (Alexander Kerzhakov 67’) » Slovenia lolos dengan agregat 2 -2 dengan gol agresivitas di laga tandang

· Bosnia – Portugal 0 – 1 (Raul Meireles) » Portugal lolos dengan agregat 2 – 0

· Ukraina – Yunani 0 – 1 (Gergios Samaras 32’) » Yunani lolos dengan agregat 1 – 0.

· Aljazair – Mesir 1 – 0 » Aljazair lolos

Tiket untuk para kontestan Piala Dunia 2010 sudah terpesan semuanya. Enam tim memesan paling belakangan setelah memenangi kesempatan terakhir lewat jalur playoff tadi malam sampai Kamis (19/11/2009) pagi WIB.

Keenam negara tersebut adalah Portugal, Prancis, Slovenia, Yunani, Uruguay dan Aljazair. Mereka pun bergabung dengan 26 tim lain yang telah lebih dulu dipastikan berlaga di event terbesar di dunia itu, termasuk tuan rumah Afsel.

Berikut daftar finalis Piala Dunia 2010:

EROPA

1.

Denmark

2.

Jerman

3.

Spanyol

4.

Inggris

5.

Serbia

6.

Italia

7.

Belanda

8.

Swiss

9.

Slovakia

10.

Portugal

11.

Yunani

12.

Perancis

13.

Slovenia

AFRIKA

1.

Afrika Selatan (tuan rumah)

2.

Ghana

3.

Pantai Gading

4.

Kamerun

5.

Nigeria

6.

Aljazair

ASIA/OCEANIA

1.

Australia

2.

Jepang

3.

Korea Selatan

4.

Korea Utara

5.

Selandia Baru

CONCACAF

1.

Amerika Serikat

2.

Meksiko

3.

Honduras

CONMEBOL

1.

Brasil

2.

Paraguay

3.

Cile

4.

Argentina

5.

Uruguay

Iklan