Kiamat telah tiba? Apa Anda yakin akan terjadi kiamat? Tidak dipungkiri, seluruh umat manusia di dunia ini pasti meyakini akan ada hari akhir. Tapi apa percaya jika hari akhir datang pada tahun 2012, Seperti yang diperkirakan dan diramalkan oleh Suku Maya? Untuk pertanyaan yang satu ini, tidak semua umat manusia yang meyakini dan mempercayainya, satu sama lain pasti akan mempunyai persepsi dan keyakinan yang berbeda-beda.

Kiamat 2012, tepatnya tanggal 21 bulan Desember yang telah diramalkan oleh Suku Maya di Guatemala, telah dibuat filmnya yang disutradarai oleh Emmerick, dan film ini akan ditayangkan di seluruh dunia pada tanggal 13 November 2009. Film ini langsung mendapat perhatian yang luar biasa di seluruh dunia, seperti apa sih film 2012 itu? Mungkin saja film ini tidak sedahsyat apa yang telah dipikirkan manusia, tapi untuk mengusir rasa penasaran seperti apa sih gambaran kecil dari kiamat di film 2012, bisa dicoba untuk menontonnya. Siapa tau dengan adanya film ini yang menggambarkan peristiwa hari akhir, dunia menjadi damai tanpa ada lagi kekerasan, peperangan, penindasan serta kejahatan-kejahatan lainnya yang sering kita lihat atau malah kita alami.

Emmerick, sang sutradara, membuat film ini karena terinspirasi atau terilhami oleh ramalan Suku Maya yang oleh sebagian orang atau malah para ahli sejarah diyakininya bahwa ramalan Suku Maya selalu tepat dan jitu, seperti halnya ramalan akan kehancuran sukunya sendiri.

Kembali lagi, Anda boleh percaya dan boleh tidak, tergantung pada keyakinan dari masing-masing individu. Bisa jadi ramalan Suku Maya tepat atau tidak sama sekali alias bohong belaka, tergantung bagaimana kita, sebagai umat yang lemah menyikapinya dan mau berpikir.

Di dalam Islam, salah satu rukun iman dari 6 perkara itu adalah meyakini adanya hari akhir. Jelas disini, bahwa Allah swt menjanjikan bahwa hari akhir itu pasti akan datang suatu hari nanti dan kiamat itu sudah dekat pada titik nadirnya yang sebelumnya akan dijumpai oleh beberapa tanda-tanda yang akan jelas terlihat oleh umat yang mau berpikir.

Firman Allah dalam Surah Al Hajj : 7

“Tidak diragukan lagi bahwa hari akhir itu sudah dekat. Dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya………”

Seperti kita ketahui, bahwa pesan dari  Al Quran tentang hari akhir yang difirmankan telah lebih dari 1.400 tahun lalu. Dan kita pasti akan beranggapan, sebagai manusia, 1.400 tahun itu adalah waktu yang lama sekali jika dibandingkan dengan umur-umur seorang manusia. Lalu pertanyaannya, kenapa tidak terjadi kiamat sejak dari dulu jika firman Allah tentang hari akhir itu sudah dekat yang tercantum di Al Quran sejak dari 1.400 tahun lalu? Kembali lagi, ini adalah rahasi Ilahi, pemikiran serta umur manusia yang pendek, tidak akan dapat merumuskan sesuatu hal yang Allah sendiri tidak menghendakinya.

Mungkin di sini kita dapat merumuskan sedikit dari rumusan di atas. Alam semesta ini tercipta sejak dulu, yakni bermilyar-milyar tahun yang lalu, jika dibandingkan dengan 14 abad (1.400 tahun) hal itu adalah suatu jangka yang pendek sekali, artinya dengan keterbatan umur manusia yang sebagian besar berkisaran di antara 60 – 80 tahun saja atau juga ada yang sampai 100-an lebih, 1.400 tahun adalah jangka waktu yang sangat lama. Jadi, perhitungan Allah dengan manusia mengenai waktu dekat atau jauh sangatlah berbeda, perbedaan ini jauh…dan jauh sekali.

Kiamat sudah dekat yang telah difirmankan oleh Allah di dalam Al Quran, di pandangan umat manusia adalah waktu yang lama. Jadi, kapan sebenarnya hari akhir itu akan datang? Kembali lagi, itu adalah rahasia Sang Khalik. Bisa jadi 50 atau 100 tahun lagi atau malah ramalan Suku Maya tepat, di tahun 2012 akan terjadi kiamat, siapa yang tahu? Hanya Allah lah yang Maha Tahu.

Kedatangan hari akhir ini akan ditandai oleh beberapa fenomena baik itu dari alam maupun dari manusia itu sendiri. Tanda-tanda itu akan datang berantai yang akan terjadi ditengah-tengah kita, seperti hadist yang diriwayatkan oleh Tirmidzi

“ Tanda-tanda yang telah terjadi setelah tanda yang lain seperti butiran manik-manik sebuah kalung yang jatuh satu persatu ketika talinya putus.”

Iklan