piala duniaRusia, Perancis dan Portugal berhasil memenangi leg pertama babak play off Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Di depan publik sendiri, Stadion Luzhniki Moskow, Rusia mengalahkan Slovenia 2-1, Perancis menekuk tuan rumah Irlandia 1-0, dan Portugal mengalahkan tamunya Bosnia Herzegovina 1-0.

Ketiganya hanya butuh hasil imbang pada duel leg kedua, Kamis (19/11) dinihari WIB untuk memastikan diri ke Afrika Selatan. Sedangkan Yunani hanya menuai hasil imbang 0-0 di kandang sendiri melawan Ukraina.

Pemain tengah Rusia, Sergey Semak mengakui meski timnya menang tapi belum aman, bahkan rekan-rekannya sedikit kecewa. Karena keunggulan 2-0 dari skuad asuhan pelatih Guus Hiddink mampu diperkecil menjadi 2-1 di akhir laga.

“Pertandingan ini membuat perasaan saya campur aduk. Di satu sisi, kami senang bisa menang. Tapi di sisi lain, cara pertandingan ini berakhir tidak membuat kami nyaman menjelang pertandingan berikutnya,” urai Sergey Semak.

Pada play off lainnya, Perancis harus bersusah payah menundukkan tuan rumah Irlandia dengan skor tipis 1-0 lewat gol yang diukir Nicholas Anelka pada menit ke-72.

Les Bleus kini berada di atas angin untuk lolos mengingat di pertemuan kedua gantian akan menjadi tuan rumah di Stade de France, Kamis (19/11) dinihari WIB.

Kemenangan itu sendiri tidak diraih Thierry Henry cs dengan mudah karena perlawanan tuan rumah terbilang sengit. Karenanya mereka tetap akan mati-matian di kandang sendiri nanti.

“Kami sudah melihat bahwa tim Irlandia sulit sekali dikalahkan. Mereka sekali pun tidak mengalami kekalahan di kualifikasi, jadi apa yang sudah kami capai malam ini jelas menyenangkan. Tapi masih ada 90 menit lagi menanti dan akan jadi laga sengit buat kami di Paris,” lanjut kapten Perancis Thierry Henry.

Pelatih Raymond Domenech pun mengamini pernyataan Henry. “Saya rasa kami baru setengah jalan. Ada total 180 menit dan masih ada 90 menit lagi. Para pemain Irlandia main bagus dan kami harus tegar. Tentu saya lebih suka kami menang lebih dari 1-0.”

Di Stadion Dr. Magalhaes, Portugal mampu mengalahkan Bosnia. Sebenarnya pelatih Portugal, Carlos Queiroz mengindikasikan ketidakpuasannya setelah skuadnya cuma menang 1-0 atas Bosnia & Herzegovina. Meski peluang lolos masih jauh dari aman, dia bersyukur gawang anak didiknya tak sampai jebol.

Bertanding di depan pendukungnya sendiri, Portugal memetik kemenangan tipis 1-0 lewat gol Bruno Alves. Hasil tersebut membuat mereka cuma butuh hasil imbang saat gantian melawat ke Bosnia pada tengah pekan depan.

Meski menang, skuad Portugal belum layak bersantai dengan kemenangan yang sudah didapat. “Kami memiliki beberapa peluang matang untuk bikin gol dan membuat kami dalam posisi yang lebih menguntungkan. Tapi yang terpenting adalah kami bermain dengan cerdas. Kami menang tanpa gawang menderita kebobolan,” sahut Queiroz. (aby/bu/j)

Hasil pertandingan Play-Off:

Selandia Baru vs Bahrain 1-0 (Selandia Baru Lolos)*

Rusia vs Slovenia 2-1

Yunani vs Ukraina 0-0

Irlandia vs Perancis 0-1

Portugal vs Bosnia-Herzegovina 1-0

Kosta Rika vs Uruguay 0-1