logo PSSIUji coba Indonesia melawan Singapura berakhir dengan kekalahan Indonesia dengan skor 1 – 3. Dengan kekalahan tersebut, perlu dipertanyakan bagaimana kesiapan Indonesia dalam menghadapi lanjutan grup B Piala Asia 2011? Padahal di grup itu, terdapat Australia notabane nya adalah tim yang pemain-pemainnya banyak beredar di Eropa. Terlihat kelemahan dalam barisan pertahanan Indonesia yang perlu banyak dibenahi dalam mengintersep gerakan pemain serta mengcounter gerakan bola.

Pertandingan yang dihelat tadi malam di Stadium Kallang, Singapura. Tim yang ditangani Benny Dollo itu tertinggal lebih dulu di awal babak pertama oleh gol tandukan Alexandar Duric pada menit ke-10’. Sebenarnya Indonesia mampu menyamakan kedudukan dengan cepat, oleh Eka Ramdhani di menit ke-12’. Tapi sayang skor tersebut tidak bertahan dengan lama, bukannya Indonesia mampu menambah gol, malah justru Singapura yang berhasil menyarangkan bola ke gawang Indonesia yang dikawal Markus Haris Maulana, yakni pada menit 21’ oleh striker Arema Malang, Noh Alam Shah dan Shaiful Esah pada menit ke-59’.

Menurut Rahim Soekasah, ketua Badan Tim Nasional (BTN), “ini pelajaran berharga bagi kami. Masih ada sisa sepuluh hari sebelum benar-benar menghadapi pra Piala Asia.

Salah satu persoalan krusial yang menjadi perkerjaan rumah Bendol – sapaan Benny Dolo – adalah perbaikan menghadapi set piece lawan. Tiga gol Singapura berasal dari proses tersebut.

Saya pun berharap, begitu juga bagi semua bangsa Indonesia agar Tim Nasional Indonesia mampu menunjukkan prestasi yang gemilang, bukan hanya di level Asia tapi juga Dunia. Bravo Sepak Bola Indonesia.

Susunan Pemain:

Indonesia: Markus Haris M./Ferry Rotinsulu <71’>; Charis Yulianto, Maman Abdurrahman, Ismed Sofyan, Isnan Ali/M. Nasuha <78’>; Ponaryo Astaman, Hariono/Nova Ariyanto <46’>, M. Ilham/M. Ridwan <69’>, Arif Suyono/TA Musafri <40’>, Eka Ramdhani; Bambang Pamungkas/Saktiawan Sinaga <74’>

Singapura: Hassan Sunny/Lionel Lewis <46’>; Baihakki Khaizan, Noh Rahman, Daniel Bennet/Precious Emuejer-aye <72’>, Shaiful Esah; Mustafic Fahrudin/Harris Harun <57’>, Moh. Ridhuan/Khairul Amri <70’>, Shahir Ishak/Fazrul Nawaz <62’>, John Wilkonson; Noh Alam Shah/Indra Daud Sahdan <62’>; Alexandar Duric.