logo serie A

Bermain di Sansiro, kandang Milan Giornata 8 melawan AS Roma, dini hari tadi (19/10/09), Milan mencatatkan kemenangan 2 – 1 atas tamunya tersebut. Menilik dari 3 musim terakhir, sejatinya AS Roma merupakan tim yang selalu menjadi batu sandungan bagi I Rossoneri, namun dengan merubah formasi menjadi 4-3-1-2 di babak kedua, Milan cukup efektif bermain menyerang maupun bertahan.

Dengan kemenangan tersebut kini Milan beranjak naik ke peringkat delapan. Dan kekalahan Roma menjadikan tim tersebut lengser hingga peringkat ke sebelas.

Jalannya pertandingan

Di menit-menit awal, tepatnya menit ke-3 AS Roma mampu mencuri start dengan berhasil menyarangkan bola memanfaatkan kecerobohan Thiago Silva yang mem-back pass bola ke arah Dida, sepakannya meleset dan berhasil dicuri oleh Menez, dan kemudian bola berhasil diceploskan ke gawang yang dijaga oleh Dida.


Tertinggal 0 – 1 membuat Milan bernapsu untuk menyamakan kedudukan. Namun kerjasama yang dibangun oleh Seedorf, Ronaldinho, Abate, Pirlo, Ambrosini selalu mentah di benteng pertahanan Roma yang dikawal oleh Mexes dan Burdisso. Ada peluag emas yang tercipta oleh Seedorf, tapi sepakan Seedorf mampu ditepis penjaga gawang Roma dan membentur tiang gawang. Sebenarnya babak pertama cukup berimbang, tetapi kelemahan lini belakang AC Milan yang dikomandoi Nesta di babak pertama cukup rapuh, tercatat berkali-kali gawang Milan terancam oleh akselarasi Vucinic, Pizarro, De Rossi dan Menez, namun dewi fortuna belum memihak AS Roma untuk memperbesar skor. Hingga babak pertama berakhir kedudukan masih 0 – 1 untuk AS Roma.

Di babak 2, AC Milan merubah formasi dari 4-2-2 menjadi 4-3-1-2, dengan menarik Abate yang digantikan oleh Inzaghi. Pemain veteran ini, mempunyai peluang bagus untuk mencetak gol pada menit ke -48, namun sayang, tandukannya hasil umpan Pirlo dari sepak pojok tertahan oleh pemain Roma yang berdiri di pojok kiri gawang, bola kembali meninggalkan kotak penalti Roma.

Pada menit ke 56, Milan berhasil menyamakan kedudukan lewat penalti Ronaldinho. Penalti diberikan tatkala pemain AS Roma mengganjal Nesta di sisi kanan kotak penalti pertahanan Roma, kemudian wasit memberikan penalti kepada Milan yang sebelumnya diprotes oleh para pemain Roma.

Setelah berhasil menyamakan kedudukan, Milan semakin percaya diri, berkali-kali Milan menyerang dengan banyaknya peluang yang tercipta, dan peluang tersebut terwujud pada menit ke 67. Berawal dari long pass Ronaldinho yang diarahkan ke Pato, satu lawan satu, Pato berhasil menahan laju bola dengan dadanya yang diarahkan ke dalam kotak penalti, kiper Roma maju untuk menahan laju Pato, namun Pto berhasil mengelabui dengan mendorong bola ke arah kiri, tanpa pengawalan kiper, gawang Roma pun robek oleh sepakan kaki kiri Pato. Skor 2 – 1 untuk Milan di sambut euforia oleh Milanisti, pemain dan offisial.

Pato dan ronaldiinoh saat melawan Roma 191009

Dengan kedudukan 2 -1, Milan semakin di atas angin dalam memainkan pola permainan. Namun, saat Milan bermain dengan 10 orang dari menit ke 80, AS Roma mulai menggebrak kembali, peluang demi peluang tercipta bagi AS Roma, namun penyelesaian yang buruk dan apiknya penampilan Dida, gawang milan selamat dari gempuran De Rossi dkk. Dengan keluarnya Ambrosini yang mendapat 2 buah kartu kuning, sebenarnya permainan Milan tidak ada yang berubah, tetap konsisten menjaga possesion ball dan sesekali menciptakan peluang. Hingga peluit dari wasit berbunyi, Milan tetap menjaga kemenangan 2 – 1 atas Roma. Kemenangan ini disambut suka cita oleh I Rossoneri, karena pertandingan ini adalah sebuah modal untuk menghadapi Real Madrid di Liga Champion kamis besok.

Susunan Pemain:

Dida; Oddo, Nesta, Silva, Zambrotta; Abate (Inzaghi 45’), Pirlo, Ambrosini, Seedorf, Ronaldinho (Flamini 85’); Pato

Hasil Pertandingan lainnya Serie A:

Juventus – Fiorentina (1 – 1) Amauri 19’; Vargas 5’

Genoa – Inter Milan (0 – 5) Cambiasso 6’, Balotelli 31’, Stankovic45’, Vieira 66’, Maicon 71’

Lazio – Sampdoria (1 – 1) Matuzalem 42’; Pazzini 40’

Catania – Cagliari (2 – 1) Ricchiuti 37’, Martinez 88’; Dessena 45’

Livorno – Palermo (1 – 2) Danilevicius 54’; Micolli 56’, Balzaretti 81’

Napoli – Bologna (2 – 1) Quagliarella 72’, Maggio 90’; Adailton 14’

Chievo – Bari (1 – 2) Bogdani 82’; Almiron 3’, Ranocchia 65’)

Udinese – Atalanta (1 – 3) Lodi 8’; Tiribochi 4’, Valdes 70’, De Ascentis 73’)

Parma – Siena (1 – 0) Bojinov 6’

Iklan