Udinese – AC Milan harus menelan kekalahan keduanya di Seri A musim ini. Bertanding ke kandang Udinese, Milan takluk dengan skor tipis 0-1. Satu-satunya gol itu diciptakan oleh Antonio Di Natale.

Pada pertandingan yang dihelat di Stadion Friuli, Kamis (24/9/2009) dinihari WIB, pelatih Milan, Leonardo, kembali membangku cadangkan Ronaldinho dan memasang Clarence Seedorf sejak menit pertama. Dinho baru dimasukkan di babak kedua untuk menggantikan Alexandre Pato.
Udinese - Milan 09
Milan sudah kecolongan sejak menit 22 akibat gol Di Natale. Seterusnya mereka sempat membuat beberapa peluang, tetapi tak satu pun yang membuahkan gol. Alhasil mereka pun pulang dengan kekalahan 0-1.

Rossoneri pun harus bermain dengan 10 orang setelah Mathieu Flamini dikartu merah di menit 84. Gelandang asal Prancis itu dikeluarkan setelah menerima kartu kuning kedua dari wasit. Yang kedua ia dapatkan setelah melakukan tekel berbahaya kepada pemain Udinese.

Ini adalah kekalahan kedua Milan di Seri A, setelah sebelumnya mereka takluk 0-4 di pekan kedua oleh rival sekota, Inter Milan.

Jalannya Pertandingan

Delapan menit pertandingan berjalan, Gennaro Gattuso mengirimkan umpan kepada Clarence Seedorf. Nama terakhir langsung melepaskan dari luar kotak penalti. Namun, sepakannya masih melambung di sisi atas kanan gawang Udinese.

Pada menit 21, tim tuan rumah memberikan balasan. Umpan dari Gaetano D’Agostino menemui kaki Antonio Floro Flores. Dari sudut sempit, ia melepaskan tendangan namun berhasil dihalau oleh kiper Milan, Marco Storari.

Tetapi, semenit kemudian Udinese tak menyia-nyiakan peluang yang mereka miliki untuk meraih keunggulan. Terobosan yang dilepaskan Floro Flores diterima Mauricio Isla di sisi kanan. Setelah melakukan tusukan, Isla melepaskan sebuah sepakan, tetapi bola masih membentur tiang gawang.

Bola muntah itulah yang kemudian berhasil dimanfaatkan oleh Antonio Di Natale. Dengan satu sambaran, ia berhasil membuat jala Storari bobol sekaligus mengubah kedudukan menjadi 1-0.

Di penghujung babak pertama, Seedorf kembali mendapatkan peluang untuk mencetak gol. Dari operan yang diberikan oleh Andrea Pirlo, ia melepaskan sebuah tembakan ke arah gawang, namun bola masih melambung melewati mistar gawang.

Hingga babak pertama berakhir, tak ada lagi gol yang tercipta. Udinese untuk sementara memimpin dengan selisih satu gol.

Di babak kedua Milan masih mencoba untuk menyamakan kedudukan, tetapi peluang emas jarang mereka ciptakan. Masuknya Klaas Jan Huntelaar menggantikan Filippo Inzaghi di menit 73 juga tak banyak mengubah keadaan.

Dalam keadaan tertinggal, Milan malah harus kehilangan Mathieu Flamini enam menit menjelang laga bubar. Mantan gelandang Arsenal itu dikartu merah setelah menerima kartu kuning kedua dalam laga ini.

Alhasil hingga peluit panjang dibunyikan, Milan gagal mengejar ketertinggalan dan kemenangan pun menjadi miliki Udinese.

Susunan Pemain
Udinese: Handanovic, Domizzi, Coda, Lukovic, Isla (Basta 27), D’Agostino, Inler, Lodi (Sammarco 83), Pepe (Sanchez 77), Di Natale, Floro Flores.

AC Milan: Storari, Kaladze, Nesta, Pirlo, Zambrotta, Oddo, Seedorf, Flamini, Gattuso (Abate 60), Inzaghi (Huntelaar 73), Pato (Ronaldinho 59).
(dtc/roz)

Video Udinese – Milan