GP Italia - Awal lomba

Daftar calon juara dunia F1 2009 kini semakin mengerucut. Setelah GP Italia kemarin, seri ke-13 dari total 17 lomba, kandidat world champion praktis tinggal 2 orang. Dua-duanya pembalap dari Brawn Mercedes, yaitu Jenson Button dan Ruben Barichello.

GP Italia - Brawn GP 1 dan 2

Dengan kemenangan 1 – 2 yang direbut Brawn-Mercedes, kini pesaing untuk juara dunia konstruktorpun hampir sepenuhnya dalam genggaman tim yang baru saja ikut F1 tahun ini. Karena dua pesaing mereka baik dari klasemen pembalap ataupun konstruktor, tampil sangat mengecewakan, Mark Webber dan Sebastian Vettel dari Red Bull-Renault. Webber out dari balapan sedangkan Vettel finish di posisi delapan.

Mengawali lomba dari posisi kelima dan keenam, duo Brawn tersebut membawa bahan bakar paling banyak (otomatis mobil jadi bertambah berat). Dengan strategi pit stop, mereka ternyata bisa cepat dan konsisten sehingga dapat menempatkan diri berada di depan semua pembalap begitu masuk ronde pit-stop berakhir. Brawn Mercedes hanya masuk pit stop sekali, berbeda dibanding dengan tim-tim yang laen yang menggunakan 2 – 3 pit stop. Hasilnya, dengan cara seperti itu mereka pun berhasil menyalip Hamilton yang start dari posisi terdepan, yang menerapkan strategi 2 pit stop.

GP Italia - Saat Hamilton melintir

Sebenarnya, di penghujung lomba, Hamilton sempat mengancam posisi Button, tapi memang Hamilton sedang napsu-napsunya menyalip atau bagaimana, Hamilton malah melintir dan keluar dari lomba pada putaran terakhir. Dengan kecerobohan Hamilton, Kimi Raikonnen mendapatkan berkah untuk naik podium di posisi ketiga dibawah duet pembalap Brawn.

GP Italia - Barichello winner

Peringkat 4 ditempati Adrian Sutil dari Force India yang sejak pertengahan lomba terus menguntit Raikonnen. Rekan setim Hamilton, Heikki Kovalainen, berhasil menyumbangkan point bagi Mclaren dengan finish di posisi keenam. Sedangkan, pembalap yang baru saja direkrut Ferrari, Giancarlo Fisichella hanya berhasil finish di posisi sembilan. Sementara, Vitantonio Liuzzi, yang menggantikan Fisichella di Force India, harus meninggalkan lomba pada lap ke-31 karena kerusakan mesin.

Berikut hasil lomba GP Italia:

1. Rubens Barichello, Brawn Mercedes

2. Jenson Button, Brawn Mercedes

3. Kimi Raikonnen, Ferrari

4. Adrian Sutil, Force India

5. Fernando Alonso, Renault

6. Heikki Kovalainen, Mclaren Mercedes

7. Nick Heidfeld, BMW Sauber

8. Sebastian Vettel, Red Bull Renault

Klasemen Pembalap:

No.

Pembalap

Point

1.

Jenson Butto

80

2.

Rubens Barichello

66

3.

Sebastian Vettel

54

4.

Mark Webber

51,5

5.

Kimi Raikkonen

40

6.

Nico Rosberg

30,5

7.

Lewis Hamilton

27

8.

Jarno Trulli

22,5

9.

Felippe Massa

22

10.

Fernando Alonso

20

11.

Heiki Kovalainen

20

Klasemen Konstruktor:

No.

Team

Point

1.

Brawn – Mercedes

146

2.

Red Bull – Renault

105,5

3.

Ferrari

62

4.

Mclaren – Mercedes

47

5.

Toyota

38,5

6.

Williams – Toyota

30,5

7.

BMW – Sauber

20

8.

Renault

20

9.

Force India – Mercedes

13

10.

Toro Rosso – Ferrari

5