Giancarlo Fisichella, pembalap Italia resmi bergabung dengan Ferrari, meninggalkan Force India untuk sisa musim 2009 menggeser Luca Badoer sebagai pengganti Felippe Massa, mendampingi Kimi Raikonnen.

Fisichella saat runner up di GP Belgia

Performa Luca Badoer yang bobrok di dua balapan terakhir memaksa kubu Ferrari segera mencari penggantinya. Sebenarnya, kabar Fisichella ke Ferrari sudah beredar sejak sebelum GP Belgia, 30 Agustus lalu.

Setelah lomba di Belgia, Ferrari belum mengumumkan jika mengincar Fisichella, karena mereka masih menunggu dulu hasil tes kesehatan Felippe Massa. Ternyata, pembalap Brazil itu masih harus menjalani operasi lanjutan akibat cedera kepala yang dialaminya di GP Hungaria.

Akhirnya negosiasi antara Ferrari dan Force India berjalan dengan lancar. Force India tanpa keberatan melepas Fisichella. Kamis (3/9) Fisichella secara resmi meninggalkan Force India dan bergabung dengan Ferarri.

Fisichella berada di mobil F60 pertama kali dg meninggalkan Force India

Fisichella berada di mobil F60 pertama kali dg meninggalkan Force India

Lomba berikutnya akan berlangsung di Italia, Sirkuit Monza, 13 September nanti. Bagi Fisichella, lomba itu bakal membanggakan sekaligus menantang.

Di satu sisi, dia datang sebagai pahlawan, setelah sukses di Belgia dan menjadi senjata baru Ferrari. Di sisi lain, dia harus beradaptasi dengan mobil F60 praktis tanpa uji coba.

Sementara itu, di kubu Force India, pembalap Italia, Viantonio Liuzzi di sebut-sebut sebagai pengganti Fisichella.